Menjadi tua adalah kepastian akan tetapi menjadi dewasa adalah pilihan. Dewasa bukan lagi perkara umur, melainkan tentang kematangan kepribadian.

Memang suatu kedewasaan terkadang tidak bisa diukur ataupun dilihat dari ‘angka’. Di saat umur kita sudah tidak muda lagi, kadang kita masih berlaku seperti anak-anak.

Bisa jadi sifat kekanak-kanakan tersebut merugikan diri kita sendiri ataupun orang lain. Maka dari itu saat kita beranjak menuju pribadi yang lebih matang atau dewasa.

Hal itu dilakukan untuk kebaikan bersama. Untuk kamu yang ingin belajar menjadi pribadi yang lebih matang, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1Melihat Bagaimana Orang Dewasa Bersikap

corner.wavooapp.com

Kita tahu bahwa orang dewasa memiliki banyak tanggung jawab dalam hidupnya. Mereka bisa melewati semua itu.

Banyak hal yang mereka lakukan, mereka mampu melakukan itu semua sendirian. Mereka bekerja, mengurus banyak hal, dan tahu bagaimana menghadapi berbagai situasi sulit.

Untuk melatih diri kita menjadi dewasa bisa kita mulai dari bertanggungjawan terhadap diri sendiri, menjalankan apa yang menjadi tanggung jawab kita atau bahkan membuat daftar tanggungjawab yang harus kita lakukan.

2Memulai Hidup Mandiri

ikhwangrafis.blogspot.com

Langkah berikutnya kita bisa memulai dengan hidup mandiri. Mandiri di sini adalah ketika kita bisa berusaha untuk tidak bergantung kepada orang lain.

Kita tidak merepotkan orang lain dan bisa membuat pilihan serta menentukan pilihan. Kitapun siap menghadapi resiko yang akan terjadi.

3Lepaskan Kebiasaan Kekanak-kanakan

pratendespiegel.com

Apakah kamu masih sering mengeluh? Atau terkadang manja? Dan bahkan bersikap semau diri sendiri tanpa memikirkan orang lain?

Itu adalah beberapa kebiasaan yang masih mencerminkan sikap kekanak-kanakan. Meskipun kita sudah berumur tidak muda lagi, kadang kita masih kurang mengerti keadaan atau kondisi orang-orang di sekitar kita.

Ketika kamu punya tekad untuk memiliki kepbribadian yang matang, sebaiknya mulai untuk memahami bahwa hidup ini tidak hanya tentang hal yang kita suka.

Kita mulai belajar bagaimana menghadapi dan menyikapi segala hal yang ada di hadapan kita baik yang kita suka ataupun hal yang tidak kita suka.

4Berlatih Mengatur Emosi

bagusadjiwo.files.wordpress.com

Pernahkah kamu melakukan hal ‘konyol’ seperti saat ada masalah mengumbar-umbarnya di media sosial dengan kata-kata yang tidak baik?

Dalam kehidupan ini, tidak melulu dihadapkan pada hal yang kita sukai. Mungkin ada hal yang memancing  emosi kita.

Nah, saat kamu memutuskan untuk belajar menjadi pribadi yang dewasa, mulailah untuk mengontrol emosi dalam diri.

Dewasa adalah ia yang mampu menempatkan emosinya secara tepat dan tahu bagaimana harus bersikap.

Semoga cara di atas dapat membantumu untuk belajar menjadi pribadi yang lebih dewasa. Dewasa itu pilihan, dewasa dapat membuat kita menjadi sosok yang lebih matang dan baik.