Dengan mempelajari alam semesta ini, diharapkan kita jadi lebih banyak bersyukur dan belajar dari setiap fenomena yang ada. Misalnya saja, belajar bahwa hidup ini memiliki pola, seperti planet-planet yang punya garis orbit sendiri.

Pola-pola yang ada ini membuat kehidupan di dunia berjalan beriringan dan teratur. Dengan fenomena seperti itu, harusnya kita menyadari bahkan hidup kita pun harus mengikuti aturan-aturan tertentu dan memiliki pola-pola tertentu.

Salah satu pola di alam semesta yang perlu kita tahu atau perlu kita ingat kembali adalah mengenai pola urutan planet di tata surya kita. Agar lebih mendalam, langsung kita lihat saja yuk urutan planet dari yang paling dekat dengan matahari!

1Merkurius

apod-id.com

Urutan planet yang pertama dan memiliki jarak paling dekat dengan Matahari adalah Merkurius. Wah, karena jaraknya paling dekat dengan Matahari, pastinya suhu udara di Merkurius sangat panas dong ya!

Selain itu, fakta yang perlu kita tahu tentang merkurius adalah mengenai ukurannya. Kamu perlu tahu bahwa Merkurius merupakan planet yang memiliki ukuran paling kecil di sistem tata surya ini. Kala revolusinya hanya 88 hari lho!

2Venus

en.wikipedia.org

Urutan kedua ditempati oleh Venus. Untuk mengitari Matahari, Venus membutuhkan waktu sekitar 224,7 hari di Bumi. Satu hal yang perlu kita tahu, bahwa Venus tidak memiliki satelit alami, seperti bumi dan planet lainnya.

Selain itu, menurut mitologi Romawi Planet Venus ini dijuluki sebagai dewi cinta dan kecantikan. Kenapa dijuluki seperti itu ya? Kenapa nggak bumi aja yang dapat julukan itu ya? Kan tempat tinggal kita Bumi bukan Venus.

Mungkin diberi julukan seperti itu, karena Planet Venus memiliki penampakan yang paling cerah selain Bulan. Sehingga ia pun disebut sebagai Bintang Fajar atau Bintang Senja.

3Bumi

ngapainaja.com

Urutan yang ketiga adalah Bumi. Kamu pasti sangat kenal dengan planet ini kan? Kalau nggak kenal kamu sungguh keterlaluan. Bisa-bisa nanti kamu diusir dari Bumi tempat kamu berpijak, bernafas dan melakukan segala hal.

Bumi adalah satu-satunya tempat di tata surya ini yang paling layak untuk kehidupan. Jadi kita sebagai penduduk Bumi harus banyak-banyak bersyukur atas nikmat ini. Atas udara yang segar dan tanah yang gembur.

4Mars

astrobites.org

Mars merupakan planet terdekat keempat dari Matahari. Planet ini cukup unik dan terkenal karena penampakannya yang berwarna merah kecoklatan jika kita saksikan melalui satelit dari Bumi.

Karena warna penampakannya tersebut, maka planet mars sering dijuluki sebagai planet merah. Oiya, planet Mars memiliki dua satelit alami yang mengelilinginya, namanya Phobos dan Deimos.

5Jupiter

youtube.com

Planet yang berada pada urutan kelima adalah Jupiter. Planet ini merupakan planet terbesar di antara semua planet-planet lain di sistem tata surya kita. Wah, berarti daya tampungnya juga besar dong ya!

Walaupun planet ini berukuran paling besar, namun di planet ini tidak mungkin ada kehidupan, karena planet sebagian besarnya terdiri dari gas. Dengan kondisi seperti ini, tentunya planet ini tidak cocok untuk kehidupan manusia.

6Saturnus

plimbi.com

Urutan berikutnya ditempati oleh Saturnus. Planet ini merupakan planet terbesar kedua setelah Jupiter. Saturnus pun dikenal sebagai planet bercincin, karena ada cincin yang mengelilingi planet ini.

7Uranus

testtube.com

Uranus merupakan planet yang masuk urutan ketujuh. Planet ini merupakan planet terbesar ketiga di sistem tata surya dan merupakan planet terberat keempat. Atmosfer di Uranus sama dengan di Saturnus dan Jupiter, yaitu sama-sama mengandung hidrogen dan helium.

8Neptunus

anakcemerlang.com

Planet yang paling jauh dari Matahari adalah Planet Neptunus. Jaraknya yang jauh dari Matahari ini membuat kala rovolusi planet ini pun sangat lama sekali, yaitu 164,8 tahun kala revolusi Bumi.