Usaha kuliner apapun, entah itu restoran, katering, maupun kafe, pemilihan menu sangat perlu dipertimbangkan. Kenapa? Yup, karena hal ini akan menentukan baik buruknya perkembangan usahamu itu Guys.

Dengan pemilihan menu yang tepat, dalam mengorganisir waktu memasak, suplai makanan, penyediaan bahan baku makanan, dan anggaran tentunya akan lebih mudah.

Mau tahu apa saja yang perlu kita pertimbangkan untuk memilih menu yang tepat untuk usaha kulinermu? Ini dia tipsnya! Disimak yuk!

1Tentukan Faktor Ketersediaan Bahan Baku

dinimon.com

Ini penting ya Guys. Misalkan saja kita ingin membuka usaha kuliner dengan menu makanan khas barat, seperti pizza, spahetti, atau humberger. Kita harus tahu di mana saja kita bisa mendapatkan suplai bahan baku roti, daging, dan sebagainya.

Dan jangan lupa Guys, kita juga harus memperhatikan harga dan kualitas bahan baku tersebut. Memperhatikan harga bahan baku di sini sebagai perhitungan modal yang kita keluarkan sehingga kerugian karena pengeluaran untuk bahan baku bisa dihindari.

Nah sedangkan memperhatikan kualitas tidak lain dan tidak bukan agar produksi makanan yang akan kita sajikan nanti terjaga kualitasnya.

Satu lagi Guys yang perlu kalian tahu, untuk permulaan usaha kuliner ini, jangan coba-coba mengimpor bahan makanan yang eksklusif atau langka seperti yang dilakukan restoran mahal pada umumnya ya.

Karena selain membutuhkan modal yang cukup mahal, laku tidaknya usaha kita siapa yang akan menjamin?

2Tentukan Konsep Restoran dan Pelanggan Potensialmu

travel.kompas.com

Jenis-jenis menu yang kita hidangkan dapat ditentukan juga dari konsep restoran dan pelanggan potensial yang digadang-gadang akan sering datang ke obyek usaha kuliner kita Guys.

Kita tahu, restoran dengan konsep yang berbeda pasti menu yang ditawarkan pasti beda juga bukan?

Contoh misal, restoran mewah dengan konsep yang mewah nan eksklusif pasti menu yang disajikan berbeda dengan kedai kopi yang dikonsep untuk tempat kumpul kalangan muda.

Nah, itu dia contoh konkretnya, jadi pastikan menu yang akan kita tawarkan dalam usaha kuliner kita ini sesuai dengan konsep usaha dan sasaran pelanggan kita.

3Tentukan Jumlah Menu yang Masuk Akal

desainmenu.com

Banyaknya pilihan menu di restoran barumu tidak akan menjamin cepat suksesnya usahamu itu Guys.  Kebanyakan warung-warung makan khas daerah yang ramai pengunjung bukankah justru pilihan menunya tidak lebih dari 5 sampai 6 menu?

Nah, daripada terlalu banyak menu yang akan membuat kita kewalahan, sebaiknya tawarkan beberapa menu saja Guys, namun dengan beberapa menu itu, justru harus kita maksimalkan.

Atau bisa juga kita terapkan sistem rotasi menu yang mana menu yang kita tawarkan berbeda tiap hari atau minggunya.

4Pilih Menu yang Akan Menjadi Power dari Usahamu Itu

kiresep.com

Ketika memulai usaha kuliner, sebaiknya kita pilih menu yang sebagian besarnya merupakan kekuatan kita Guys.

Jika kita pandai mengolah menu makanan tertentu, maka fokuslah dengan menu tersebut. Jangan paksakan menawarkan menu yang sekiranya sulit bagi kita dan justru akan melemahkan usaha kita.

Baik, itu dia tadi sedikit tips mempertimbangkan menu dari usaha kuliner yang akan kita mulai. Semoga bermanfaat!