anKamu belum bekerja dan tak mau jadi karyawan atau pegawai dengan jam kerja yang sudah dipatok? Sekarang saatnya kamu mencoba bisnis rumahan yang tidak memiliki ikatan jam kerja melelahkan.

Ada banyak sekali bisnis rumahan yang sudah dilakoni oleh masyarakat. Tapi di sisi lain, sebagian masyarakat masih ada yang tidak tahu bisnis apa saja yang bisa dilakukan di rumah.

Bagi seorang pemula, yang baru pertama kali mencoba berbisnis, tentu tidaklah mudah menjalani usaha baru. Apalagi dengan modal pas-pasan, pasti akan merasa kebingungan dalam memilah-milah usaha. Bagaimana caranya ya?

Berikut ada beberapa contoh bisnis rumahan dengan modal kecil yang mungkin bisa menjadi acuanmu sebagai bahan pertimbangan.

1Blogger

convoagency.com

Blog adalah sebuah media informasi berbasis internet yang sangat mumpuni untuk dikembangkan saat ini.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, sangat dimungkinkan bila bisnis ini akan sangat berpotensi besar di masa mendatang.

Dengan bermodal modem internet, sebuah laptop atau komputer, kamu sudah bisa mengakses blog dan menghasilkan uang melalui dunia maya.

2Modifikasi Barang Bekas

blogsuyono.com

Jika kita sedikit jeli, sebenarnya banyak sekali hal baru yang bisa dikreasikan dari barang bekas, seperti kain perca, kardus atau kertas bekas, serbuk gergaji, dan masih banyak lagi.

Benda-benda sederhana yang sekilas tampak tak berguna ternyata bisa dijadikan sesuatu yang bernilai. Di sinilah tugasmu untuk menggali seberapa besar peluang usaha dari pemanfaatan barang atau benda-benda tadi.

Kreativitas dan inovasimu tentu akan diuji agar barang yang kamu jual tidak membosankan dan menarik perhatian pembeli.

3Membuat Kue/Camilan

sosialink.blogspot.com

Makanan adalah salah satu jenis usaha yang tak pernah mati. kamu bisa memperhitungkan jenis usaha ini, terlebih modalnya tidak terlalu besar.

Pemasarannya pun jelas, bisa dengan buka toko sendiri (bila dana memadai), dititipkan ke warung, dijual melalui internet, dan cara lain yang tak perlu biaya untuk melakukannya.

Atau jikalau harus ada modal untuk memasarkan usahamu, maka bisa dibuat strategi agar tidak mengeluarkan banyak biaya.

Jika usaha makanan ini berjalan lancar dan semakin laris dari hari ke hari, kamu bisa melebarkan sayap dengan membuka cathering.

4Konter Pulsa

teknosains.com

Saat ini, hampir semua orang memiliki ponsel dan menggunakan internet. Dan pulsa adalah paket pelengkap dalam menjalankan ponsel. Ponsel memiliki fungsi ketika ada pulsa.

Nah, membuka usaha konter pulsa adalah ide yang tepat. Kamu tak perlu menyewa ruko untuk membuka usaha jenis ini. Bahkan ketika kamu tidak di rumah pun, kamu tetap bisa menjalankan usaha ini. Artinya, usaha ini tidak terikat waktu dan tempat.

Yang kamu butuhkan hanya instalasi atau rak kaca kecil untuk meletakkan voucher pulsa non elektrik dan menampilkan kartu perdana yang baru, menyiapkan buku untuk mencatat nomor-nomor telepon yang ingin diisikan pulsanya, dan ponsel untuk mengirim pulsa.

5Laundry

blogobisnis.com

Usaha laundry ini jika digarap dengan serius, bisa menjadi satu jenis usaha yang menjanjikan. Kamu harus bisa memperhitungkan kebutuhan pelanggan. Memberikan harga murah, pelayanan cepat dan bersih adalah kiat untuk mencari pelanggan.

Kalau perlu, lakukan survei ke beberapa tempat usaha cuci rumahan atau meminta brosur agar tahu harga pasarannya. Jika kamu berniat untuk memperluas usaha, kamu juga bisa mulai menerapkan sistem sewa, termasuk mencuci, mengeringkan, dan setrika.

Tujuannya agar pelanggan merasa berada di rumah sendiri dan bisa mengontrol hasil cuciannya masing-masing.

Kamu bisa mematok harga sewa sebesar Rp.5000 per jam. Detergen dan pengharum pakaian bisa mereka bawa sendiri, arau pun membeli di tempatmu.

6Menjahit

embassycleaners.com

Khusus untuk usaha jahit-menjahit ini sangat membutuhkan kreativitas tinggi. Karena pakaian meskipun bukan barang basi jika tidak terjual, tetap saja memiliki masa tren fashion.

Artinya, kamu harus terus menerus mengebah mode pakaian aga tidak ketinggalan tren yang sedang berkembang.

7Bimbingan Belajar

transilvaniareporter.ro

Tentu modal utamanya adalah pendidikan yang sudah kamu peroleh. Asal ada ilmu dan waktu, maka kamu bisa mulai mengajarkan mata pelajaran SD sampai SMA. Kamu bisa memulainya dengan mengajarkan belajar anak-anak di sekitar rumah.

Usaha semacam ini mulai populer pada tahun 2004 dimana standar kelulusan siswa dinaikkan hal ini menjadikan para siswa harus mendapatkan porsi pendidikan yang memadai sehingga bisa menutupi berbagai kekurangan di bangku sekolah formal.

8Cuci Motor/Mobil

youtube.com

Jenis usaha yang satu ini juga mudah sekali dilakukan. Modal yang kamu butuhkan yaitu untuk membeli alat-alat dan bahan pembersih yang berkualitas. Kamu juga butuh satu atau dua orang karyawan yang membantu usaha ini.

Pertama membmembuka usaha ini mungkin akan terasa banyaknya pengeluaran (terutama untuk membayar karyawan dan harus mempersiapkan berbagai hal. Namun jika usaha ini sudah berjalan baik, maka lambat laun kamu akan merasakan keuntungannya yang cukup besar.

Ketika pertama membuka usaha ini, kamu tak perlu sulit menyewa tempat. Cukup pakai saja halaman depan rumah.

Jika halamanmu tak begitu luas, maka mulai saja dengan jasa pencucian motor atau sepeda terlebih dahulu sampai nanti kamu bisa memiliki tempat yang agak luas untuk jasa pencucian mobil.

9Keuntungan Menjalankan Bisnis Rumahan

bintang.com

Mempunyai bisnis rumahan merupakan impian banyak orang, apalagi bisnis yang dijalankan berjalan lancar.

Saat ini, di zaman teknologi serba canggih dimana setiap orang bisa terhubung satu sama lain, membuat peluang dan tren bisnis di rumah banyak diminati.

Siapa saja bisa menjalankan bisnis di rumah asalkan mau belajar dan bersungguh-sungguh melakukannya. Bermodalkan seperangkat komputer dan jaringan internet, kamu sudah bisa membangun kerajaan bisnismu sendiri di rumah.

Jadi, tidak alasan sebenarnya bagi kita untuk menunda memulai bisnis dari rumah karena semua kendala ada solusinya.

Kebebasan Manajemen Waktu Kerja. Dengan menjalankan bisnis di rumah, kita mempunyai kontrol penuh dalam mengelola waktu. Pepatah bijak mengatakan bahwa waktu adalah mata uang yang paling berharga.

Jika kamu pandai dalam hal mengelola waktu, maka banyak hal berharga yang akan kamu dapatkan.

Bebas mengatur waktu kerja, karena bisnis rumahan sangat fleksibel. Memulai bisnis dari rumah, tidak mengharuskanmu untuk rutin tiap hari bekerja di luar rumah, layaknya seorang karyawan yang harus ada di kantor dari jam 08.00-16.00.

Jadi, kamu bisa menyesuaikan waktu operasional usaha dengan kepentingan pribadimu. Yang terpenting, usahakan untuk selalu disiplin dalam membuka dan menutup kegiatan usaha setiap harinya.

Kendali Bisnis di Tanganmu. Saat kamu bekerja di sebuah perusahaan, kemungkinan ada resiko yang terjadi pada kerjamu seperti saling jegal antar teman, penempatan kerja yang tidak sesuai dengan minatmu, bahkan yang terburuk adalah kemungkinan PHK.

Itu semua adalah risiko yang harus kamu hadapi ketika bekerja di tempat orang. Berbeda saat kamu menjalankan bisnismu sendiri di rumah, segala keputusan bisnis, keberlangsungan bisnis, semuanya dapat dikontrol oleh dirimu sendiri.

Bagi orang yang menyukai tantangan dan tidak suka bergantung dengan orang lain, maka menjalankan bisnis di rumah menjadi pilihan yang sangat menyenangkan.

Modal Lebih Kecil. Jika kamu memulai usaha dengan membuat pabrik, atau membuka sebuha toko, paling tidak modal yang kamu keluarkan adalah biaya sewa ruko dan bangunan yang mahal.

Belum lagi biaya lain-lain yang pastinya akan menguras kantongmu. Dengan berbisnis di rumah, kamu bisa menghemat biaya tempat. Apalagi jika kamu menjalnkan bisnis online, kamu bisa lebih menekan biaya yang keluar.

Bukan berarti dengan modal kecil, hasilnya juga kecil lho ya. Jika kamu telaten dan sungguh-sungguh, modal yang kecil ini justru bisa menghasilkan profit atau keuntungan berkali lipat.

Peluang Penghasilan Tidak Terbatas. Bisnis rumahan memiliki potensi penghasilan yang tidak terbatas. Berapapun penghasilan yang kamu targetkan, bisa didapat karena bisnis ini sepenuhnya ada dalam kendalimu.

Besar kecilnya penghasilanmu tergantung dari kesungguhanmu membesarkan bisnis. Saat ini banyak contoh orang-orang yang berhasil mendapatkan penghasilan puluhan atau ratusan juta perbulan dengan berbisnis online yang bisa dikerjakan di rumah.

Memiliki Waktu Lebih Banyak Bersama Keluarga. Hal yang paling menguntungkan dari bisnis rumahan yaitu pelaku usaha bisa tetap mengawasi keluarga mereka disela-sela menjalankan bisnis.

Karena bisnismu dikerjakan di rumah, sudah pasti kamu bisa menikmati waktu bersama keluarga lebih banyak.

Kamu bisa melihat perkembangan anak-anakmu setiap hari, mengawasi mereka, menanamkan nilai-nilai pendidikan dan pengajaran terbaik untuk buah hati.

Sangat menyedihkan jika kamu lebih banyak disibukkan dengan pekerjaan di luar rumah sampai menelantarkan kondisi keluarga.

Keuntungan bisnis rumahan bisa bersama keluarga dalam jangka waktu sesuka hatimu, tanpa perlu takut mendapat tekanan dan larangan apapun.

Bisnis rumahan lancar, keluarga juga tidak terabaikan. Hal itulah yang membuat bisnis rumahan banyak dipilih para ibu rumah tangga, guna mendapatkan tambahan penghasilan.

Bebas Dari Kemacetan. Terjebak macet adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan. Bagi yang bekerja di kota seperti Jakarta, Surabaya, pasti sudah mengalami hal ini.

Menghabiskan waktu berjam-jam di jalan adalah suatu pemborosan waktu dan produktivitas. Banyak hal bermanfaat yang seharusnya bisa kamu kerjakan jika tidak terjebak kemacetan.

Jika kamu menjalankan bisnis di rumah, kamu akan terbebas dari kemacetan. Sehingga waktumu bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih produktif  untuk kemajuan bisnis.

Tidak perlu modal besar. Menjalankan bisnis dari rumah, menjadi salah satu cara untuk menekan modal usaha dan biaya produksi.

Karena kamu dapat memanfaatkan potensi rumahmu sebagai sarana dan prasarana usaha, misalnya saja menjadikan teras rumah atau garasi sebagai lokasi usaha, menggunakan perabot rumah tangga sebagai peralatan usaha, serta memanfaatkan tenaga kerja dari keluarga.

Bisa dibilang, bisnis rumahan adalah bisnis modal kecil yang bisa dijalankan siapa saja.

Memudahkan proses pengontrolan usaha. Menjalankan usaha di rumah, secara tidak langsung memudahkanmu untuk turun langsung mengontrol jalannya usaha.

Dari mulai proses produksi, kualitas produk, sampai penjualan produk. Dengan demikian, kamu bisa mengawasi perkembangan bisnis yang dijalankan secara langsung.

Memberikan kepuasan batin. Selain mendapatkan keuntungan berupa omset besar setiap bulannya, menjalankan bisnis rumahan juga memberikan kepuasan batin bagi pemiliknya. Sebab para pemilik usaha berhak menjadi pemimpin bagi bisnisnya sendiri.

Kamu menjadi Bos! Dengan memiliki bisnis sampingan, kamu langsung menjadi Direktur, CEO, atau langsung menjadi BOS.

Kamu punya hak 100% untuk berinovasi dan berkreasi terhadap bisnismu tanpa mendapat tekanan dari siapapun.

Mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja. Usaha dari rumah dengan memanfaatkan layanan internet mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Kamu bisa tetap menjalankan usaha bisnismu melalui ponsel kapan saja dan dimana saja. Model bisnis yang sangat simpel dan mudah ini membuat banyak orang merasa lebih nyaman,

bukan hanya mereka yang punya pengalaman bisnis yang bisa melakukannya, bahkan mereka yang amatiran dan para pemula pun bisa melakukan pekerjaan mudah tersebut.

Double Income. Kamu tetap bisa memiliki pekerjaan tetapmu, karena usaha dari rumah melalui internet bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan sampingan

Usaha dari rumah bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan freelance, artinya kamu memiliki dua peluang penghasilan yang lebih banyak. Pekerjaan usaha di rumah bisa dijadikan sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilanmu.

10Tips agar Tidak Rugi Jalankan Bisnis Rumahan

pinterest.com

Tapi dibalik itu usaha rumahan sampingan juga mengandung banyak resiko, yaitu memerlukan waktu, tenaga, energi dan uang agar bisnis bisa bertahan.

Nah inilah point pentingnya, selain itu adalah masalah tujuan apa yang ingin kamu capai. Apakah keuntungan yang cepat? Kalau iya, kamu sudah menuju kegagalan. Mau tidak mau, kamu harus bekerja keras untuk mencapai apapun.

Selain itu, dalam peluang bisnis rumahan, karena kamu menjadi bos untuk dirimu sendiri, maka masalah disiplin adalah hal yang menentukan. Karena yang mengatur kapan usaha berjalan adalah dirimu sendiri.

Jika kamu malas-malasan dan tidak mau mengatur waktu, jangan kaget jika bisnis yang baru seumur jagung sudah merugi.

Lakukan hal yang kamu sukai. Sebaiknya dalam bisnis kecil milikmu nanti mempertimbangkan pada hobi atau kesenangan.

Karena dengan melakukan apa yang disukai otomatis kamu akan menyenangi apa yang kamu kerjakan. Banyak kok jenis rumahan berdasarkan hobi.

Fokuskan Pikiran untuk SUKSES. Selalu Fokus pada peluang usaha rumahan yang sedang kamu jalani. Kamu harus bertekad bahwa apapun yang terjadi dan siapapaun tidak akan menghentikan bisnis ini.

Jangan biarkan masalah kecil atau besar membuat menyerah. Anggaplah itu adalah jalan yang harus dituju untuk mencapai kesuksesan. Mengapa? Karena Allah tidak memberikan ujian yang melebihi kemampuan manusia.

Lakukan Rencana awal dan Riset. Kamu harus mempunyai rencana awal dalam bisnis rumahan. Pengusaha sampingan dan rumahan sukses selalu memilikinya dan walaupun gagal mereka tidak pernah menyerah.

Jadi yang penting adalah apa sasaran pertama, misal pendapatan bulan harus sekian, jumlah pengunjung harus sekian, dsb. Dan ingat, saat membuat rencana, jangan lupa untuk riset pasar agar usahamu berjalan lancar.

Pelajari dimana tempatmu berada, dan jangan lupa pelajari penawaran pesaingmu. Intinya dalam riset adalah riset pasar (konsumen potensial) dan mempelajari kompetitor.

Lihat juga bagaimana melakukan riset pasar menggunakan tool yang tersedia gratis di internet. Bisa diterapkan dalam usaha kecil yang akan dikerjakan nantinya.

Gunakan Strategi Marketing. Jangan malu menggunakan strategi marketing yang unik-unik. Misalnya, kamu membuat bakso bakar dengan aneka bentuk dan berisi buah, bukan daging.

Atau contoh lainnya, usaha sampingan yang akan ditekuni adalah peluang bisnis makanan, kamu bisa membuat nama yang aneh-aneh untuk setiap makanan. Pelajari bagaimana para pengusaha rumahan sukses dengan strategi marketing mereka.

Banyak kok buku-buku tentang bisnis rumahan yang menggambarkan kesuksesan para pebisnis dengan strategi marketing. Bahkan kalau perlu buat strategi sendiri yang dikembangkan dari strategi sebelumnya.

STOP Dreaming and Start Action. Nah yang selanjutnya adalah berhenti bermimpi dan segera lakukan tindakan nyata untuk memulai bisnis rumahan.

Sebaik apapun rencana tetap lebih baik tindakan nyata tanpa rencana. Jadi segeralah bertindak, jangan menunda-nunda.

Banyak hal dalam hidup yang mengandung risiko. Triknya adalah dengan membuat perencananaan dan mempersiapkan sasaran. Hal ini akan memberikanmu rasa kepercayaan diri dan sikap positif yang mengarahkanmu pada kesuksesan.

Selalu update informasi dan tekhnologi terbaru. Selain perkembangan teknologi setiap waktu, suasana MEA pun mempengaruhi persaingan ketat yang terjadi di kalangan pebisnis dan insdustri kreatif.

Kalau kamu tidak pintar pintar mengelola teknologi dan informasi, bisa-bisa kamu akan ketinggalan jauh dari yang lain.

https://www.youtube.com/watch?v=j8eLNjWHpQw

11Rasulullah adalah Pedagang

mimpipejuang.wordpress.com

Nabi mulai berdagang secara mandiri sejak usia 17 tahun sampai 37 tahun. Dan etos kerja keras beliau tidak berhenti saat Nabi menikah dengan Khadijah pada usia 25.

Walaupun istri Nabi dikenal sebagai pengusaha sukses yang kaya raya. Setelah menikah dengan Khadijah, Nabi tetap melanjutkan jiwa kewirausahaannya dengan menjadi manajer sekaligus mitra dalam usaha istrinya.

Walaupun tidak ada catatan konkret tentang jenis usaha apa saja yang digeluti oleh Nabi selama periode tersebut, namun menurut Afzalur Rahman, banyak indikasi tentang adanya hubungan dagang beliau dengan sejumlah pihak.

Hal ini menunjukkan bahwa beliau memang serius dalam menekuni bisnis dan menganjurkan umatnya untuk mengikuti langkah beliau untuk menjadi individu yang rajin bekerja dan berusaha seperti dapat dengan jelas tersurat dalam sejumlah hadits yang sudah dikutip di atas.

Dari sini dapatlah diambil kesimpulan bahwa Islam tidak melarang pemeluknya untuk kaya. Sebalinya, malah menganjurkan semua muslim untuk kaya baik sebagai pengusaha atau petani atau usaha yang lain.

Yang terpenting, usaha yang dilakukan dan jenis usaha yang dipilih tetap berpijak pada nilai-nilai luhur syariah Islam.

Dan yang tidak kalah penting adalah tetap menjaga pola hidup sederhana saat seorang muslim menjadi seorang pengusaha sukses yang kaya raya

Ketika berusia 25 tahun, beliau pergi berdagang ke negeri Syam dengan membawa modal dari Khadijah ra yang ketika itu belum menjadi istri beliau. Ibnu Ishaq berkata:

“Khadijah binti Khuwailid ketika itu adalah pengusaha wanita yang memiliki banyak harta dan juga kedudukan terhormat.

Ia mempekerjakan orang-orang untuk menjalankan usahanya dengan sistem mudharabah (bagi hasil) sehingga para pekerjanya pun mendapat keuntungan.

Ketika itu pula, kaum Quraisy dikenal sebagai kaum pedagang. Tatkala Khadijah mendengar tentang Rasulullah Saw (yang ketika itu belum diutus menjadi Rasul, pent.)

mengenai kejujuran lisannya, sifat amanahnya dan kemuliaan akhlaknya, maka ia pun mengutus orang untuk menemui Rasulullah.

Khadijah menawarkan beliau untuk menjual barang-barangnya ke negeri Syam, didampingi seorang pemuda budaknya Khadijah yang bernama Maisarah. Khadijah pun memberi imbalan istimewa kepada beliau yang tidak diberikan kepada para pedagangnya yang lain.

Rasulullah Saw pun menerima tawaran itu dan lalu berangkat dengan barang dagangan Khadijah bersama budaknya yaitu Maisarah sampai ke negeri Syam” (Sirah Ibnu Hisyam, 187 – 188, dinukil dari Ar Rahiqul Makhtum, 1/51)

12Para Sahabat Nabi adalah Pedagang

ilmfeed.com

Mungkin kita semua ingat kisah ‘Abdurrahman bin ‘Auf ra, bagaimana kehebatan beliau dalam berdagang,

“Abdurraman bin Auf ketika datang di Madinah, Nabi Saw mempersaudarakannya dengan Sa’ad bin Ar Rabi’ Al Anshari. Lalu Sa’ad menawarkan kepada Abdurrahmah wanita untuk dinikahi dan juga harta. Namun Abdurrahman berkata:

‘semoga Allah memberkahi keluargamu dan hartamu, tapi cukup tunjukkan kepadaku dimana letak pasar’. Lalu di sana ia mendapatkan untung berupa aqith dan minyak samin” (HR Al Bukhari)

Dan juga para sahabat Nabi yang lain, banyak yang merupakan pedagang. Abu Bakar radhiallahu’anhu adalah pedagang pakaian.

Umar ra pernah berdagang gandum dan bahan makanan pokok. ‘Abbas bin Abdil Muthallib ra adalah pedagang. Abu Sufyan ra berjualan udm (camilan yang dimakan bersama roti). (Dikutip dari Al Bayan Fi Madzhab Asy Syafi’i, 5/10)

13Hadits-hadits Motivator Pedagang

islamhariini.wordpress.com

Rasulullah Saw seringkali memuji dan memotivasi para pedagang. Diantaranya beliau bersabda:

“Pedagang yang jujur dan terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan para syuhada” (HR. Tirmidzi)

Dari Rafi’ bin Khadij ia berkata, ada yang bertanya kepada Nabi: ‘Wahai Rasulullah, pekerjaan apa yang paling baik?’.

Rasulullah menjawab: “Pekerjaan yang dilakukan seseorang dengan tangannya dan juga setiap perdagangan yang mabrur (baik)” (HR. Al Baihaqi)

Demikian juga para ulama salaf, banyak diantara mereka yang merupakan para pengusaha dan pedagang. Dengan demikian mereka hidup mulia dan tidak bergantung pada belas kasihan orang.

Pernah suatu ketika Sufyan Ats Tsauri sedang sibuk mengurus hartanya. Lalu datanglah seorang penuntut ilmu menanyakan sebuah permasalahan kepadanya, padahal beliau sedang sibuk berjual-beli.

Orang tadi pun lalu memaparkan pertanyaannya. Sufyan Ats Tsauri lalu berkata: ‘Wahai anda, tolong diam, karena konsentrasiku sedang tertuju pada dirhamku, dan ia bisa saja hilang (rugi)’.

Beliau pun biasa mengatakan, “Jika dirham-dirham ini hilang, sungguh para raja akan memanjakan diriku”

Ayyub As Sikhtiani rahimahullah juga berkata: “Konsistenlah pada usaha dagangmu, karena engkau akan tetap mulia selama tidak bergantung pada orang lain”

14Jangan Jadi Pedagang Durjana

gobekasi.pojoksatu.id

Walau banyak sekali keutamaan menjadi pedagang, namun Rasulullah Saw juga mewanti-wanti dengan keras para pedagang. Beliau bersabda: “Para pedagang adalah tukang maksiat”

mendengar ini, para sahabat kaget dan bertanya: “Wahai Rasulullah, bukankah Allah telah menghalalkan jual-beli?”. Rasulullah menjawab,

“Ya, namun mereka sering berdusta dalam berkata, juga sering bersumpah namun sumpahnya palsu”. (HR. Ahmad)

Yang beliau maksud adalah para pedagang yang durjana, yang bermaksiat dalam usaha dagangnya.

Dalam Al Mu’tashar, Imam Jamaludin Al Malathi Al Hanafi berkata: “Rasulullah Saw menyebut pedagang sebagai tukang maksiat secara mutlak karena demikianlah yang paling banyak terjadi, bukan berarti secara umum mereka demikian.

Orang arab biasa memutlakan penyebutan pujian atau celaan kepada sekelompok orang, namun yang dimaksud adalah sebagian saja”

15Etika Berbisnis Menurut Syariah

peradabandansejarah.blogspot.com

Sejumlah dalil baik dari Al-Quran dan hadits dapat dijadikan petunjuk tentang etika berbisnis yang sesuai dengan spirit syariah Islam. Beberapa diantaranya:

Wajib jujur. QS Al Isra’ 17:35 Allah: “Dan sempurnakanlah takaran apabila kamu menakar, dan timbanglah dengan neraca yang benar. Itulah yang lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.”

Haram memakan hak orang lain. QS Al-Tauba: 34: “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah.

Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.”

Haramnya penipuan. QS An-Nahl :92 “Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali,

kamu menjadikan sumpah (perjanjian)mu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain.

Sesungguhnya Allah hanya menguji kamu dengan hal itu. Dan sesungguhnya di hari kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu.”

Anjuran untuk mencatat segala transaksi bisnis dan perlunya saksi. Qs Al-Baqarah 2:282 “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu’amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan,

hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar.”

Semoga bermanfaat dan selamat berdagang di rumah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here