budapestcookingclass.com

Menjadi Vegetarian Itu, Menyehatkan!

Posted on

Vegetarian telah menjadi gaya hidup sejak lama. Ada yang bilang menjadi vegetarian (dengan sama sekali tak makan daging) adalah menyiksa diri.

Seolah berlimpahnya makanan tak disyukuri. Atau pilih-pilih makanan agar terkesan modern. Namun kalau hal itu ditanyakan kepada orang yang menjalankan vegetarian, tentu jawabannya akan lain.

Bagi mereka, menjadi vegetarian tak sekedar soal gaya. Namun kebutuhan. Terutama dari segi kesehatan. Sudah jamak diketahui jika menjadi vegetarian akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Berikut manfaat bagi kesehatan orang yang menjalani gaya hidup vegetarian. Apakah kamu mau mencobanya?

Membuat Tubuh Langsing

jatik.com
jatik.com

Gaya hidup vegetarian dapat mengurangi kelebihan berat badan dan membuat tubuh menjadi ideal. Memakan sayur dan buah dapat membuat kenyang lebih lama sehingga kita akan makan lenih sedikit.

Dengan memiliki berat badan yang ideal, kita akan terhindar dari resiko timbulnya beberapa penyakit lain seperti, serangan jantung atau darah tinggi.

Sebuah penelitian besar selama lima tahun yang dipublikasikan di Journal of the Academy of Nutrition an Dietetics pada 2013 menyatakan bahwa orang vegetarian memiliki risiko obesitas yang jauh lebih rendah.

Menghindari Diabetes

blog.eriknerum.com
blog.eriknerum.com

Studi yang dilakukan American Diabetes Association menemukan bahwa orang yang mengikuti diet vegetarian dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Jadi bagi yang mungkin memiliki keturunan diabetes maka salah satu cara untuk mengurangi risiko diabetes yaitu dengan melakukan diet vegetarian atau mengurangi konsumsi daging.

Panjang Umur

source: panduanhidupsehat.com
source: panduanhidupsehat.com

Menurut penelitian di Amerika, vegetarian akan lebih sehat, panjang umur dan awet muda. Menjadi vegetarian membuat kita sehat lahir dan batin serta memperpanjang usia hidup kita.

Pasalnya makanan hewani seperti daging umumnya dapat mempersempit pembuluh darah sehingga nutrisi dan oksigen terganggu yang akibatnya akan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi risiko kanker

www.wisegeek.com
www.wisegeek.com

Pada tahun 2002, peneliti di Loma Linda University menemukan adanya asosiasi antara diet vegan dan berkurangnya risiko untuk terserang beberapa tipe kanker.

Peneliti juga menemukan bahwa vegetarian jarang yang memiliki kanker gastroinestinal, seperti kanker colorectal, dan wanita yang vegan juga dapat berkurang risikonya untuk kanker yang sering menyerang wanita seperti kanker payudara.

Bersih dari Racun

scienceinto.com
scienceinto.com

Gaya hidup vegetarian dapat membuat seseorang terhindar dari racun yang berasal dari lemak hewani. Sama seperti manusia, daging hewan yang dikonsumsi terkadang memicu adrenalin untuk memproduksi steroid dan hormon stress.

Hormon inilah yang akan dilepas di aliran darah. Saat dikonsumsi oleh manusia, ini akan berformasi menjadi racun yang kemungkinan dapat membahayakan tubuh.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *