Kalau kamu menanyakan pada para turis luar negeri apa yang terlintas di pikiran mereka saat kamu ucap kata ‘Vietnam’, kebanyakan jawaban yang akan kamu dapat pastilah Vietnam war atau perang.

Ironis. Padahal perang terakhir di Vietnam terjadi pada 1975 atau 40 tahun yang lalu. Dan ‘label’ negara perang tetap saja melekat pada Vietnam. Negara yang kini telah banyak berubah, telah banyak berbenah.

boredpanda.com
boredpanda.com

Masa perang setelah kemerdekaan dari Perancis tahun 1945 justru berlanjut hingga 30 tahun lamanya, hingga tahun 1975. Namun, tahun 1975 juga telah tenggelam 40 tahun yang lalu.

rehahnphotographer.com
rehahnphotographer.com

Dunia harus mulai berpikir ulang tentang Vietnam. Bila tidak kamu temukan alasan mengapa harus mengubah pandangan kamu tentang Vietnam, mungkin beberapa foto karya Réhahn akan membuka mata kamu dengan jelas.

1Ba Bể Lake

boredpanda.com

Memulai pagi yang berkabut di sebuah danau di Vietnam adalah pilihan yang sama sekali tidak akan salah. Pegunungan yang gagah menjulang seolah semakin mengabur oleh kabut yang misterius. Namun danau tetap saja tenang dan menentramkan.

2On The Road Of Mèo Vạc

boredpanda.com

Réhahn selalu hidup dari passion-nya dalam berbagai perjalanan dan fotografi. Ia lahir pada tahun 1979 di kota Normandy, Perancis. Barangkali foto yang satu ini cukup untuk menggambarkan bagaimana Réhahn memuaskan passion-nya.

3Tra Su Forest

boredpanda.com

Maka para penduduk Vietnam juga harus hidup. menyusuri rawa yang seolah penuh ancaman adalah satu dari sedikit pilihan yang ada. Asalkan tidak ada perang, maka itu saja sudah cukup untuk orang-orang ini.

4Đồng Văn

boredpanda.com

Dan ketika mendung mulai menggulung awan-awan. Vietnam akan tetap hidup dan menyala hijau pertanda kehidupan. Asalkan awan gelap yang bergumpal di langit itu bukan asap ledakan perang misil pesawat, itu saja sudah cukup.

5Desert Of Phan Rang

boredpanda.com

Maka jangan kamu pikir bahwa di sini tidak ada gurun pasir. Menyusuri gurun pasir yang seolah tanpa akhir tetap akan dilakukan. Asalkan gurun pasir itu bukanlah pasir leburan hancur bebangunan karena bom perang, itu saja sudah cukup bagi orang Vietnam.

6Sawah dan Kerbau di Hội An

boredpanda.com

Menyongsong petang dan pulang bersama kerbau-kerbau adalah ketentraman yang selalu dirindukan. Karena merah di langit nun jauh disana adalah benar-benar merah senja, bukan lagi merah api ledakan perang.

7Đồng Văn Valley

boredpanda.com

Tentu saja kamu bisa menikmati senja tanpa melakukan apa-apa. Diam dan bertengger di ujung dataran pegunungan sudah cukup menentramkan dan membuatmu diam seribu bahasa. Sembari bersyukur tiada henti pada Tuhan Pencipta Alam.

8Hội An dan Sampan

boredpanda.com

Menutup senja dan pulang bersama sampan dengan sedikit ikan hasil pancingan pun tidaklah menjadi masalah bagi orang-orang di sini. Sungai-sungai yang mengalirkan coklat keruh tanah saja sudah cukup.

Itu jau lebih baik dan sangat sempurna daripada aliran berwarna merah darah jutaan manusia korban perang di masa lalu.

9Cửa Đại Beach

boredpanda.com

Hingga akhirnya benarlah ia tenggelam, matahari yang ramah itu akhirnya tenggelam. Pemandangan pantai yang sempurna di Hội An. Simply beautiful. Kamu sudah mulai berubah pikiran sekarang?

10Vietnam dan Lampion Masa Depan

boredpanda.com

Jika kamu telah merubah pandanganmu tentang Vietnam, apa yang dapat kamu simpulkan dari ratusan lampion ini? Pemandangan lampion ini seolah memantapkan harapan orang-orang Vietnam.

Inilah lampion yang memebawa asa, cita dan doa orang-orang Vietnam pada masa depan yang sedang mereka rajut sedikit demi sedikit sejak 40 tahun lalu, sejak akhir perang pada tahun 1975.

Maka disinilah kamu bisa mengakhiri malam di Vietnam. Kini, dalam pikiranmu akan terlintas banyak hal. Dan dari seluruh hal yang terlintas dalam pikiranmu, tidak ada kata ‘perang’ di sana. Karena di Vietnam, tidak ada lagi perang.

SHARE