Kehamilan merupakan sebuah peristiwa membahagiakan yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua pasangan. Namun ternyata bukan hanya perasaan bahagia yang dirasa, tapi juga kecemasan bercampur harap.

Harapan agar si anak kelak dapat lahir dengan sehat dan normal. Ibu yang melahirkan pun dapat melalui proses persalinan dengan selamat. Apapun proses melahirkannya nanti, baik itu normal ataupun sesar.

Walaupun pada akhirnya kita hanya bisa berpasrah pada ketetapan Allah, namun sebagai manusia bukan kah kita dianjurkan untuk beriktiar dan berdoa? Setelah doa selalu kita tasbihkan maka ikhtiar pun harus mengiringi.

Salah satu bentuk ikhtiar seorang ibu dalam proses kehamilannya adalah memberi asupan vitamin yang cukup, baik itu untuk dirinya maupun janin yang ada di dalam kandungan.

Lalu, vitamin apa saja yang dibutuhkan ibu hamil untuk menunjang perkembangan janin sekaligus untuk menjaga kesehatannya? Untuk informasi lebih lengkapnya kita lihat di sini yuk!

1Vitamin A

anissdairy.blogspot.com

Bagi ibu yang memasuki trimester pertama kehamilannya, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Hal ini perlu dilakukan agar daya tahan tubuh meningkat.

Kalau daya tahan tubuh ibu hamil melemah, akan berpengaruh terhadap janin di dalam kandungan. Vitamin A ini bisa kita dapatkan dari sayuran berwarna hijau dan oranye, susu, serta hati ayam.

2Vitamin B

onestopwonder.com

Berbeda dengan vitamin A, vitamin B memiliki banyak jenis variasi, mulai dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Kesemua vitamin B ini memiliki manfaat untuk ibu hamil dan janinnya.

Manfaat vitamin B1 untuk membantu mengatasi morning sickness dan melancarkan pencernaan. Kita bisa mendapatkan vitamin B1 dengan mengonsumsi  kacang-kacangan, hati, dan gandum.

superindo.co.id
superindo.co.id

Untuk perkembangan janin di minggu pertama, kita pun memerlukan vitamin B2, yaitu untuk membantu menguraikan sari-sari makanan untuk janin. Vitamin B2 ini bisa kita dapat dari keju, susu, brokoli, jamur, telur, dan sayuran hijau.

sitinabilayasmin.blog.upi.edu
sitinabilayasmin.blog.upi.edu

Vitamin B3 berfungsi untuk mengurangi mual dan membantu pembentukan sel otak pada janin. Vitamin ini bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi gandum, hati, sayuran hijau, kacang tanah, dan susu.

Itulah tiga contoh manfaat vitamin B yang cukup penting untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Selain kita pun mendapatkan manfaat dari vitamin B5, B6, dan B12.

3Vitamin C

melompatjauh.com

Mengingat banyak ibu hamil yang terkena anemia, maka ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin ini bisa didapatkan dari buah-buahan.

Kenapa perlu mengonsumsi vitamin C? Karena vitamin C dapat membantu proses penyerapan zat besi di usus, sehingga lebih optimal. Kalau ibu hamil anemia kan repot, bawaannya bisa lemas terus setiap waktu.

4Vitamin D

wikipedia.org

Beberapa manfaat vitamin D antara lain mampu mengurangi resiko hipertensi dan diabetes pada ibu hamil. Selain itu, vitamin D pun mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta kesulitan bernapas pada bayi.

Dari mana kita bisa mendapatkan vitamin D? Vitamin ini bisa diaktifkan dengan bantuan sinar matahari, karena di dalam tubuh kita sudah memiliki pro-vitamin D.

5Vitamin E

forum.lowyat.net

Saat ibu sedang hamil, secara otomatis banyak bagian-bagian kulitnya meregang, terutama di bagian perut. Oleh karena itu ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti gandum.

6Vitamin K

radaronline.co.id

Ibu hamil wajib mengonsumsi sayuran hijau yang mengandung vitamin K. Kenapa begitu? Karena vitamin K dapat membantu peroses penyembuhan luka pasca melahirkan nanti.