Jarang orang Indonesia yang mengenal kue wafel, mungkin orang yang tidak tahu menganggapnya sama seperti biskuit wafer. Sebetulnya wafer dan wafel berasal dari akar kata yang sama.

Wafel adalah bahasa Indonesia dari waffle (Jerman). Lalu kata waffle diadaptasi ke bahasa Inggris menjadi wafre atau wafer dalam bahasa Indonesia. Pada perkembangannya istilah wafer lebih dikenal sebagai biskuit daripada kue.

Memang ada kesamaan bentuk antara kue wafel dengan biskuit wafer, yakni bentuknya sama-sama bermotif kotak-kotak. Tapi rasa, bahan, dan cara membuat tentu berbeda antara keduanya.

Kue wafel dibuat dari adonan yang dimasak dengan besi wafel dan membentuk kantong grid berbentuk kotak-kotak. Ini termasuk makanan yang sudah tua usianya, diperkirakan sudah ada semenjak berabad-abad yang lalu.

Kue wafel adalah makanan favorit orang bule terutama di Amerika Serikat dan Belgia, biasanya disajikan sebagai menu sarapan yang lezat.

Wafel yang sering kita lihat hari ini disebut wafel modern, di mana ide pemanggangan menggunakan dua pelat logam yang dipanaskan secara elektrik.

Dari ragamnya, ada banyak macam kue wafel yang berbasis negara asal. Semisal wafel Hongkong, wafel Irlandia, wafel Norwegia dan yang paling populer dari semua wafel adalah wafel Amerika dan Wafel Belgia.

Wafel Amerika memiliki banyak variasi namun paling sering dibuat memakai adonan beragi dengan baking powder. Sebagian besar wafel tersebut berasa manis, namun ada juga yang berasa gurih.

Sedangkan wafel Belgia memiliki ciri khas yang padat, sangat manis dan renyah. Wafel ini diciptakan oleh seorang koki dari Pangeran Liège d abad ke-18 dan merupakan adaptasi dari adonan roti brîoche.

Beberapa waktu yang lalu dilangsungkan kompetisi untuk membuat kue wafel yang unik. Tema yang diangkat dalam kompetisi itu adalah semua bahan makanan dapat dijadikan makanan wafel yang enak.

Dari seluruh peserta dipilihlah 12 kue wafel yang paling enak dan menarik bentuknya. Inilah urutan 12 kue wafel terbaik itu.

1Wafel Donat dan Es Krim Sandwich

buzzfeed.com

Kalau biasanya donat berbentuk bulat mengembang dan bolong di tengahnya, kreasi wafel ini membuat donat menjadi unik dengan pola grid yang menarik. Tambah enak lagi karena wafel donat ini di-topping dengan es krim yang segar.

Cetakan wafel juga membuat adonan donat menjadi lebih kering dan renyah ketimbang donat biasa. Jadilah makanan ini menjadi wafel terbaik di peringkat pertama.

2Kacang dan Keju Quesadilla

buzzfeed.com

Quesadilla, makanan asal Meksiko yang identik keju ini ternyata bisa dimasak dengan menggunakan pemanggang wafel. Dengan ditambah kacang dan saus, pasti akan terasa sangat gurih dan lezat.

3Cookies Coklat Ala Wafel

buzzfeed.com

Membuat cookies dengan alat wafel sepertinya ide menarik, panggangannya akan lebih terasa renyah dan manis. Ini wafel terbaik peringkat ketiga.

4Wafel Ayam

buzzfeed.com

Bukan hanya identik dengan rasa manis, wafel juga bisa segurih wafel ayam ini.

5Sandwich Wafel dari Telur, Bacon, dan Keju

buzzfeed.com

Cukup telur, bacon, dan keju akan menjadi sandwich wafel yang lezat. Peringkat kelima untuk wafel ini.

6Wafel Turki dengan Isian Spesial

buzzfeed.com

Wafel dengan beragam isian ala Turki ini menjadi wafel terbaik keenam.

7Cupcake Wafel

buzzfeed.com

Cupcake yang unik dengan cara dipanggang kebalik, akhirnya bentuk grid yang lebar dari cupcake ini.

8Churro’waffles

buzzfeed.com

Churro makanan dari spanyol ini dimodifikasi dalam makanan ala wafel.

9Wafel dari Sisa Makanan Cepat Saji

buzzfeed.com

Jangan dibuang makanan yang kamu beli dari restoran cepat saji. Bahkan sisa makanan saja bisa menjadi wafel yang enak.

10Wafel Labu dengan Sirup Sari Apel Maple

buzzfeed.com

Gurih telur dengan guyuran manis sirup maple, gimana ya rasanya?

11Wafel Makaroni dan Keju

buzzfeed.com

Makaroni dan keju juga bisa jadi bahan yang baik untuk membuat wafel.

12Wafel Pizza Isian

buzzfeed.com

Membuat pizza dengan cetakan wafel, perlu dicoba di rumah.

SHARE