Pernikahan memang tidak melulu dengan keromantisan, tidak selalu hidup rukun tanpa adanya masalah. Tidak mungkin juga salah satu pasangan tidak pernah marah atau kecewa, tentu pernah walau tidak banyak.

Seorang suami yang menjadi imam bagi seorang wanita tentu akan lebih banyak mengatur, lebih banyak mengayomi dan melindungi, tapi bagaimana jika itu tidak terjadi?

Suami yang seharusnya menjadi teladan tapi malah bersikap kasar dan keras hati, tentu akan menjadi momok yang menakutkan bagi seorang istri, secara fitrah wanita adalah kelembutan, jika suami kasar dan keras hatinya pasti akan hancur.

Selain itu akan berdampak buruk bagi rumah tangga, istri tidak akan tahan dengan sifat seperti itu tentu akan membuat rumah tangga tidak tahan lama. Tapi istri jangan khawatir, setiap masalah ada solusi, ALLAH tidak akan beri pertanyaan tanpa jawaban.

Ada doa dan dzikir untuk mengatasi sifat yang kasar, para istri dapat melakukannya dengan 3 cara di bawah ini.

1Dihembuskan Saat Suami Tidur

 dream.co.id

Cara pertama yang bisa dilakukan seorang istri adalah saat suami sedang tidur lelap, akan lebih baik dilakukan saat usai sholat tahajud. Caranya dengan  berdoa dan berdzikir “ Ya Jabbar, ya Azis dan Ya Mutakabbir.

Doa tersebut dibaca berkali-kali, kemudia hembuskan pada suami saat ia sedang tidur dengan cara hembuskan dzikir pada telapan tangan dan letakkan kedua telapak tangan tangan di atas dada suami sambil memohon agar hati suami menjadi lembut.

Lakukan dengan pelan, dengan tulus dan penuh pengharapan, lebih bagus lagi dengan menitikkan air mata, tapi hati-hati jangan sampai suami terbangunkan.

2Dihembuskan Pada Makanan yang Dimakan Suami

doa muslim.or.id

Cara yang kedua yang bisa dilakukan istri berdoa untuk melembutkan hati suami adalah ketika sedang memasak dan menyiapkan makanan untuk suami.

Dalam Al-Qur’an terdapat ayat yang menjelaskan bahwa sebagai orang yang beriman, hendaknya seseorang bertakwa kepada Allah dan mohon kekuatan untuk selalu bersabar dalam menghadapi segala hal.

Berikut ayat tentang sabar yang bisa di baca Surat Ali Imran ayat 186 dan 200, yusuf ayat 90, An-Nisaa ayat 25, thaha ayat 130, luqman ayat 17, al-Mukmin ayat 55 dan 77, Qaaf ayat 39, al-Ma’arij ayat 5.

Ayat tersebut sebaiknya dibaca ketika seorang istri sedang memasak/ menyiapkan makan. Setelah itu, hembuskanlah ayat yang sudah dibaca tadi ke dalam makanan suami, supaya melalui doa yang dilafazkan lewat makanan itu hatinya dapat dilembutkan.

3Dihembuskan Tepat Didepan Suami

ummi-online.com

Cara yang ketiga adalah dihembuskan tepat di depan suami, istri bisa melakukan ini jika suami sedang sibuk di depan komputer, sibuk dengan pekerjaan atau saat mengurus anak.

Dalam ayat lain dijabarkan bahwa dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, janganlah seseorang berlaku sombong terhadap orang lain, melainkan berserah dirilah kepada-Nya.

Berikut ayat-ayat yang bisa dibaca al Mu’min 35, Luqman 18 dan 19, an nahl 22 dan 23, al israa 37 dan 38.

Itulah ketiga cara doa dan dzikir yang bisa dilakukan oleh istri jika menghadapi suami yang kasar dan keras hatinya. Pada dasarnya semua ayat alquran semua bisa kuncinya adalah di keikhlasan istri, kesabaran dan kedekatan istri pada ALLAH Swt. Istiqomahlah

Semoga bermanfaat ya