Kubur merupakan fase perjalanan kehidupan manusia setelah mati, kubur tidak bisa dihindari oleh siapapun, baik mereka yang kaya atau miskin, tua atau muda. Semua akan masuk kekubur kembali ke asalnya.

Kubur juga merupakan salah satu penentu nasib fase berikutnya, jika keadaan di dalam kubur baik, maka baik pula nasib sorang itu selanjutnya, tapi jika keadaannya buruk, maka buruk pula nasib ia selanjutnya.

Manusia akan berubah wajahnya ketika berada di dalam kubur, hal ini sesuai dengan amal perbuatan mereka, penasaran seperti apa wajah mereka?

Yuuk disimak, 7 rupa mayat manusia ketika dalam kubur.

1Wajah Mayat Berbentuk Babi

aliexpress.com

Wajah mayat berbentuk babi ini dikarenakan semasa hidupnya, ia menyepelekan sholat 5 waktu, ia tidak pernah melakukannya, seolah-olah tidak berdosa dan dianggap biasa.

Dalam sebuah riwayat Nabi Muhammad pernah bersabda “Wahai para sahabatku, lihatlah keadaan orang yang meninggalkan shalat. Di hari kiamat nanti akan dibangkitkan oleh Allah SWT seperti babi hutan yang hitam.”

2Wajah Mayat Berpaling dari Arah Kiblat

merdeka.com

Wajah seperti ini dikarenakan, orang itu semasa hidupnya telah melakuka syirik kepada ALLAH, mengakui adanya kekuatan lain selain ALLAH dan lebih banyak minta kepada nenek moyangnya, bukan kepada ALLAH

3Kepala Mayat Jadi Batu Hitam Legam

surabaya.tribunnews.com

Mayat yang seperti ini dikarenakan semasa hidupnya telah durhaka kepada orang tua, banyak melakukan dosa kepada orang tua.

Dosa semacam ini tidak hanya dihukum setelah mati saja, tapi ketika di dunia juga, bahkan akan disegerakan.

Perubahan kepala mayat yang berubah menjadi batu hitam legam ini menunjukkan bahwa siksa setelah mati akan lebih pedih daripada hukuman kehinaan di dunia.

“Ada dua pintu (amalan) yang disegerakan balasannya di dunia: kedzoliman dan durhaka (pada orang tua)”. (HR Hakim dan dishohihkan al-Albani dalam ash-Shohihah: 1120)

4Mayat yang Perutnya Buncit dan Meletup

sangpengejarjannah.blogspot.com

Mayat yang seperti ini dahulu semasa hidupnya selalu makan harta yang haram, mencari pekerjaan dengan cara yang haram atau bisnis barang haram. Hukuman di akhirat akan di bakar dengan api neraka.

Sesuai dengan hadist rasulullah di bawah ini

“Wahai Ka’ab bin ‘Ujrah, sesungguhnya tidaklah tumbuh setiap daging yang diberi asupan makanan yang haram melainkan nerakalah yang berhak membakarnya.” (HR. Ahmad dan at-Tirmizi, dinyatakan shahih oleh al-Albani).

5Mayat yang Kukunya Mencengkam dan Melilit Tubuhnya

lintasnasional.com

Mayat yang seperti ini semasa hidupnya suka berkelahi, suka mengumpat dan menghina orang lain. Hal semacam ini tidak hanya perbuatan rendah didunia, tapi juga tidak disukai oleh ALLAH.

Rasulullah juga bersabda:

“Pada malam aku di isra’kan aku telah melalui suatu kaum yg mencakar-cakar muka mereka dgn kuku-kukunya sendiri, maka aku berkata:

“Hai Jibril siapa mereka ini? jawab Jibril: Mereka ini adalah org2 yg suka mengumpat dan mereka juga suka menjaga tepi kain org”. (Abu Daud dari Anas)

6Kuburnya Keluar Air yang Lebih Busuk dari Bangkai

galamedianews.com

Mayat yang mengalami seperti ini, semasa hidupnya selalu berurusan dengan harta riba, makan dengan uang riba dan bisnis yang mengandung riba.

Riba memang sangat pedih hukumnya, karena riba didunia sangat merugikan manusia.

7Mayat yang Wajahnya Tersenyum

lamankongsi.com

Mayat yang terakhir adalah mayat yang tersenyum, mayat ini tersenyum karena dijanjikan surga dengan segala kenikmatannya.

Semasa hidup mayat ini taat kepada ALLAH, berilmu dan beramal baik. Apa yang dilakukannya di dunia adalah lebih banyak kebaikan daripada keburukan.

Sudah jelas 7 rupa mayat di dalam kubur, satu-satunya yang selamat  dan mendapat nikmat hanyalah mayat yang beramal baik.

Pertanyaan bagi kita adalah “ sudahkah kita beramal baik? Atau justru melakukan banyak dosa seperti diatas?

Wallahu’alam bishawab dan semoga menambah iman kita