muhammadiyah.or.id

Wajib Tahu! Dengan Cara Ini Indonesia Makin Rusak

Posted on

Sebagai warga negara Indonesia, seharusnya kita patut bersyukur, karena kita dikaruniai sebuah negeri yang penuh dengan sumber daya alam. Selain itu, alam Indonesia pun sungguh indah untuk dijadikan tempat wisata.

Dengan kekayaan alam ini, bentuk syukur yang bisa kita lakukan adalah dengan cara memanfaatkannya dengan baik. Selain itu, kita pun perlu menjaga kelestariannya bersama. Tapi, keinginan untuk menjaga alam ini tidak dipahami oleh semua orang.

Kok tahu kalau orang lain tidak memahami pentingnya menjaga alam? Iya, soalnya banyak sekali tindakan-tindakan dari sebagian orang itu yang justru merusak alam Indonesia. Tujuannya sih tidak lain untuk memperkaya diri sendiri.

Wah, kejam sekali kalau begitu ya! Kalau Indonesia rusak, maka seluruh masyarakat akan terkena dampaknya. Orang yang merusak sih bisa pindah dengan seenaknya ke negara lain. Tapi tidak dengan masyarakat ekonomi lemah lainnya.

Kita lihat yuk bentuk-bentuk perusakan alam itu, supaya kita tidak termasuk ke dalam orang yang merusak alam itu.

Sampah yang Semakin Menggunung

fakta12.wordpress.com
fakta12.wordpress.com

Tanpa disadari, ternyata kita pun menyumbang kerusakan di bumi kita tercinta, Indonesia. Kalau tidak percaya, lihat saja tumpukan sampah yang semakin hari semakin menggunung. Bukankah di antara tumpukan itu ada sampah kita juga?

Walaupun sudah ada program reduce, reuse, dan recycle. Nampaknya pelaksanaannya belum optimal. Hal ini bisa terlihat dari penggunaan plastik kemasan yang semakin hari semakin meningkat.

Hutan Dibakar untuk Menciptakan Lahan Baru

akar.or.id
akar.or.id

Kalau hal yang satu ini, merupakan tindak perusakan alam yang disengaja dan nampaknya terstruktur sekali. Mereka dengan sengaja membakar hutan untuk dijadikan perkebunan sawit.

Dan yang lebih menyedihkan. Saat hutan itu dibakar, maka asapnya pun menyebar ke mana-mana. Sehingga mengganggu kesehatan masyarakat di sekitarnya, bahkan ada pula yang meninggal akibat asap ini.

Makin Meningkatnya Polusi di Perkotaan

voaindonesia.com
voaindonesia.com

Kalau kita berkunjung ke kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, maka tengoklah ke langit barang sejenak. Pertanyaannya, apakah kamu melihat langit yang berwarna biru? Tidak, kamu akan sangat susah sekali melihat langit biru di sana.

Langit di perkotaan sekarang sudah menjadi abu-abu. Inilah mengapa kita tidak bisa menyaksikan langit biru di sana. Asap-asap pabrik dan kendaraan bermotor sudah berkumpul di awan. Dan hal inilah yang membuat kota besar terasa panas dan sumpek.

Sungai Semakin Tercemar

devasuryanugraha-0071.blogspot.com
devasuryanugraha-0071.blogspot.com

Tidak hanya udara saja yang tercemar rupanya. Sungai-sungai di kota besar pun sudah tercemar. Pencemaran terbesar disebabkan oleh limbah-limbah pabrik. Wah, mengerikan sekali ya.

Selain airnya sudah tidak sehat digunakan untuk konsumsi, sungai pun tidak layak dijadikan tempat bermain anak-anak. Selain itu hewan-hewan di sungai pun tidak mampu bertahan hidup, contohnya saja ikan seperti gambar di atas.

Lahan Hijau Berubah jadi Perumahan

rumahdijual.com
rumahdijual.com

Semakin tingginya tingkat kelahiran, maka jumlah penduduk pun semakin lama semakin meningkat. Peningkatan ini berdampak pada kebutuhan akan rumah yang semakin meningkat pula.

Dengan peningkatan kebutuhan akan rumah ini, maka banyak lahan hijau yang akhirnya beralih fungsi menjadi lahan perumahan. Jika lama kelamaan dibiarkan, maka lingkungan kita akan semakin rusak.

Pantai Tidak Ubahnya Tempat Sampah

kabardemak.com
kabardemak.com

Satu hal lagi yang sangat menyedihkan dari kebiasaan masyarakat kita, yaitu kebiasaan membuang sampah di sembarang tempat. Lihat saja pada gambar, pantai pun menjadi tempat untuk membuang sampah. Mungkin dikira tempat sampah massal kali ya!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *