Allah memberikan keutamaan dan kemuliaan yang berbeda pada masing-masing waktu. Khususnya waktu-waktu istimewa, spesial, waktu mustajab untuk berdoa. Dimana doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut akan Allah kabulkan.

Sayangnya, banyak orang menyia-nyiakan kesempatan baik tersebut. Ada yang memang tidak tahu, lupa, atau jelas-jelas malas berdoa.

Jangan mengira bahwa seluruh waktu memiliki nilai yang sama, tidak berbeda. Bagi setiap muslim seharusnya bisa memanfaatkan waktu-waktu utama dan mulia untuk berdoa. Doa juga bentuk ibadah lho.

Sudah tahu kapan saja waktu-waktu istimewa untuk berdoa? Kalau belum, yuk ingat-ingat 10 waktu mustajab berikut ini;

1Sepertiga Malam

aswaja.com

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda,  “Sesungguhnya Rabb kami yang Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga akhir malam, lalu berfirman;

barangsiapa yang berdoa, maka Aku akan kabulkan, barangsiapa yang memohon, pasti Aku akan perkenankan dan barangsiapa yang meminta ampun, pasti Aku akan mengampuninya” (HR. Al-Bukhari)

2Ketika Berbuka Bagi yang Berpuasa

ummi-online.com

Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash ra, dia mendengar Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak” (HR. bnu Majah)

3Setelah Selesai Shalat Fardhu

republika.co.id

Dari Abu Umamah, Rasulullah Saw ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah Swt, beliau menjawab, “Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu” (HR. At-Tirmidzi)

4Hari Jum’at

geraihaydar.com

“Sesungguhnya pada hari Jum’at ada satu saat yang tidak bertepatan seorang hamba muslim shalat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah,

melainkan akan diberikan padanya, beliau berisyarat dengan tangannya akan sedikitnya waktu tersebut” (HR. Al-Bukhari)

Waktu yang sesaat itu tidak bisa diketahui secara persis. Masing-masing riwayat menyebutkan waktu tersebut secara berbeda-beda.

Kemungkinan besar waktu tersebut berada pada saat imam atau khatib naik mimbar hingga selesai shalat Jum’at atau hingga selesai waktu shalat ashar bagi orang yang menunggu shalat maghrib.

5Terbangun di Malam Hari

tuntunanshalat.com

Dari ‘Amr bin ‘Anbasah ra, Rasulullah Saw bersabda,

“Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat melainkan Allah akan mengabulkannya” (HR. Ibnu Majah)

Maksudnya “ta’ara minal lail” yaitu terbangun dari tidur pada malam hari, terbangun tanpa sengaja. Terbangun di sini dalam keadaan suci (berwudhu) dan berdzikir ketika sebelum tidur.

6Antara Adzan dan Iqamah

idmuslim.com

Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah Saw bersabda, “Doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqamah” (HR. Abu Daud, At-Tirmidzi, Al-Baihaqi)

7Sujud Terakhir dalam Shalat

dijalanterang.blogspot.com

Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah Saw bersabda, “Adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan.”

Maksudnya adalah sangat tepat dan layak untuk dikabulkan.

8Hujan Turun

redaksi9.com

Rasulullah Saw bersabda, “Dua doa yang tidak pernah ditolak; doa pada waktu adzan dan doa pada waktu kehujanan.”

Imam An-Nawawi berkata bahwa penyebab doa pada waktu kehujanan tidak ditolak atau jarang ditolak dikarenakan pada saat itu sedang turun rahmat khususnya curahan hujan pertama di awal musim.

9Malam Lailatul Qadar

ekoprasetyo20.wordpress.com

Allah Swt berfirman, “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.“ (QS. Al-Qadr: 3-5)

Imam As-Syaukani berkata bahwa kemuliaan Lailatul Qadar mengharuskan doa setiap orang pasti dikabulkan.

10Hari Arafah

quantumlifeindonesiaquotes.blogspot.com

Rasulullah Saw bersabda, “Sebaik-baik doa adalah pada hari Arafah” (HR. At-Tirmidzi)

Mulai detik ini, jangan lupa manfaatkan waktu-waktu istimewa tersebut untuk berdoa ya. Semoga Allah kabulkan setiap doa kebaikan yang kita minta. Aamiin.