Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa. Pada bulan tersebut nilai-nilai ibadah dilipatgandakan.

Tidak hanya itu, bulan Ramadhan juga merupakan bulan penuh ampunan. Maka dianjurkan bagi kita umat Islam untuk selalu memohon ampunan kepada Allah SWT.

Pada bulan suci tersebut do’a-do’anya pun mudah diterima. Perbanyak doa dan amal kebaikan di bulan ini agar mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Allah SWT Berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 186:

“Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepadaKu,

maka hendaklah mereka itu memenuhi segela perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agarmereka selalu berada dalam kebearan.”

Berkaitan dengan Ramadhan, Rasulullah SAW pun bersabda, “Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka padasetiap hari di bulan Ramadhan,

Dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan.” (HR. Al Bazaar. Al Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid)

Tahukah kamu terdapat beberapa waktu utama dimana do’a-do’a mudah terkabul di bulan Ramadhan.

1Waktu Sahur

hilemon1490.deviantart.com

Waktu sahur adalah salah satu waktu dimana do’a-do’an mudah dikabulkan.

Dari Abu Huraiah ra, Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yangberdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan.

Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang memita ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758)

2Saat Berpuasa

www.healthaim.com

Ketika kita berpuasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga, juga menahan segala hal yang membatalkan puasa. Disunnahkan pula bagi orang yang berpuasa untuk memperbanyak do’a.

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Alnaruth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya)

3Waktu Berbuka Puasa

mushroomali.blogspot.com

Ketika waktu berbuka telah tiba hendaknya bersegara untuk berbuka puasa. Serta jangan lupa berdo’alah kepada Allah.

Rasulullah SAW bersabda, “Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak: 1) Pemimpin yang adil, 2) Orangyang berpuasa ketika ia berbuka, 3) Do’a orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi)

Itulah tiga waktu utama terkabulnya do’a. Meskipun demikian kita tetap memperbanyak do’a-do’a selama bulan suci Ramadhan.