Sudah menjadi kodrat seorang wanita, bahwa mereka akan mengalami haid atau menstruasi selama mereka belum hamil atau belum menopause. Begitupun dengan para muslimah.

Pada saat bulan Ramadhan, umat Muslim selalu berlomba-lomba untuk berusaha mendapatkan banyak pahala dan ampunan dari Allah dengan berpuasa wajib, sholat wajib, sholat sunnah, dan berbagai amalan lainnya.

Namun bagaimana rasanya jika tengah semangat-semangatnya beribadah di bulan suci penuh keberkahan ini, ternyata tamu merahmu harus datang dan menyebabkanmu tak bis amenjalankan sholat dan puasa?

Muslimah, kamu tak perlu resah, karena kamu akan tetap bisa mendapatkan pahala berlipat-lipat dengan berbagai amalan berikut ini.

1Memperbanyak Dzikir

www.kajianislam.net

Dzikir atau mengingat Allah, setiap detiknya, di waktu pagi dan petang, adalah sebuah amalan yang amat disukai Allah. Ibaratnya jika kita mencintai seseorang maka kita pun akan terus mengingatnya.

Dan jika kita mengaku mencintai Allah, maka tentu bukanlah hal yang berat bukan untuk selalu meletakkan Allah dalam ingatan dan hati kita?

Dengan dzikir, maka kita akan tetap terasa dekat dengan Allah, walau tidak bisa menjalankan ibadah puasa wajib maupun sholat karena haid.

2Memperbanyak Sodaqoh

maulud.wordpress.com

Sodaqoh atau berinfak bisa melipatgandakan pahala sekaligus rezeki kita dari Allah. Karena sesungguhnya harta yang kita miliki hanya lah titipan, semua milik Allah SWT.

Walau sedang tidak dapat menjalankan puasa wajib dan sholat di bulan Ramadhan karena haid, namun kita bisa memperbanyak sodaqoh atau infak untuk terus dekat dengan ridho dan keberkahan dari Allah.

3Mendatangi Majelis Ilmu

airellt.wordpress.com

Baik majelis ilmu agama maupun ilmu lainnya yang bermanfaat untuk hidup, bisa kita datangi baik sedang mengalami haid maupun tidak.

Selain para malaikat akan mendoakan para hamba Allah yang berkumpul dalam suasana ketaatan di dalam majelis ilmuNya, kita juga akan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan ini.

4Memberi Makan Orang Berpuasa

kondeontel.wordpress.com

Walau hanya sebutir kurma yang kita miliki, jika kita ikhlas memberikannya pada orang berpuasa, maka pahala yang akan Allah beri besarnya tak terkira. Apalagi jika pemberian kita lebih banyak lagi bukan?

Dan memberi makan orang berpuasa bisa dilakukan oleh muslimah yang sedang haid maupun tidak, atau tentunya semua umat Muslim, agar mendapatkan keberkahan di bulan Ramadhan dan limpahan pahala dari Allah SWT.

Nah, itulah 4 hal yang tetap bisa muslimah lakukan di bulan Ramadhan walaupun sedang masa haid sehingga tak bisa menjalankan ibadah puasa wajib dan sholat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here