ummi-online.com

Terbukti! Terapi Al Qur’an Lebih Manjur Ketimbang Musik Klasik pada Wanita Hamil

Posted on

Dalam sabdanya Nabi pernah berdoa, “Ya Allah, jadikanlah Al Qur’anMu yang agung ini musim bunga hati kami, penerang jiwa kami, pelipur letih lelah kami, penghilang gundah gulana kami, penyelamat hidup kami, dan penuntun kami, menuju surgaMu, surga Jannatun Na’im.”

Maka bagi umat muslim, telah sejak lama menempatkan Al Qur’an sebagai solusi dalam semua permasalahan, juga sebagai obat lahir maupun batin.

Tak terkecuali bagi wanita hamil yang kerap sering mengalami banyak masalah. Terapi dengan Al Qur’an dipercaya dan terbukti memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Berikut ini kamu uraikan manfaat-manfaat terapi Al Qur’an tersebut.

Stimulasi Bagi Inteligensia Bayi

ibu-hamil.web.id
ibu-hamil.web.id

Sudah sejak lama bahwa musik klasik dipercaya punya pengaruh positif terhadap peningkatan kecerdasan bayi dalam janin pada wanita hamil. Penelitian dan survey pada tahun 1990-an banyak yang membuktikan hal tersebut.

Namun, pada penelitian-penelitian terbaru, ada sedikit pergeseran di mana pengaruh musik klasik terhadap kecerdasan tidaklah secara langsung. Pengaruhnya lebih kepada menimbulkan efek psikologis seperti bergairah, tenang, atau damai.

Dan kondisi psikologis ini memang positif dalam merangsang pertumbuhan sel otak. Psikolog Rose Mini menambahkan bahwa yang terpenting bukan musiknya, namun ketenangan yang didapat oleh seorang ibu yang kemudian ditularkan kepada si bayi sejak dalam kandungan.

zonamama.com
zonamama.com

Jika ketenangan adalah intinya maka boleh dikatakan lantunan ayat suci dalam Al Quran lebih menenangkan dari musik apapun.

Seorang penulis terkenal Karen Armstrong dan professor terkenal Willfred Cantwell Smith yang notabenenya bukan seorang muslim juga mengamini bahwa lantunan Al Quran punya daya magis dalam relaksasi seseorang.

Dr. Nurhayati dari Malaysia mengemukakan hasil penelitian yang makin memperkuat anggapan itu. Setelah diteliti, didapati fakta bahwa memperdengarkan Al-Quran kepada bayi akan meningkatkan tingkat inteligensia sang bayi.

Lebih Baik Ketimbang Musik Klasik

ummi-online.com
ummi-online.com

Banyak yang menganggap musik klasik punya musikalitas yang terbaik. Namun, ternyata musikalitas Al-Qur’an terbukti lebih manjur dalam hal merangsang otak.

Cendekiawan dari Inggris, Marmaduke Picktball mengungkapkan dalam bukunya yang berjudul “The Meaning Of Glorious Qur’an”.

Dia menyebut bahwa Al-Qur’an memiliki simfoni yang tidak ada taranya di mana setiap nada-nadanya bisa menggerakkan manusia untuk menangis dan bersuka cita.

Simfoni Al-Qur’an ini menunjukkan bahwa sisi yang ada dalam lantunan Al-Qur’an memiliki kompleksitas yang lebih dibanding musik klasik. Sehingga  untuk mengacu pada inti metode musik klasik yaitu gelombang alpha, lantunan Al-Qur’an dinilai lebih dari cukup.

Setiap suara atau sumber bunyi memiliki frekuensi dan panjang gelombang tertentu. Dan ternyata, bacaan Al-Qur’an yang dibaca dengan tartil yang bagus dan sesuai dengan tajwid memiliki frekuensi dan panjang gelombang yang mampu mempengaruhi otak secara positif.

Menghilangkan Stres Pada Ibu Hamil

ummi-online.com
ummi-online.com

Pada ibu hamil pastinya mengalami perubahan psikologi oleh karena perubahan hormon. Kondisi seperti itu sering membuat ibu hamil lepas kendali dan mudah emosi.

Emosi yang tidak terkontrol itulah yang menyebabkan ibu hamil sering gelisah, mudah marah, lebih sering menangis atau merasa tidak siap dengan keadaan.

Salah satu terapi psikologi untuk menstabilkan emosi sang ibu hamil bisa dilakukan dengan mendengarkan musik klasik atau lantunan Al Qur’an. Tetapi pilihan pada Al Qur’an lebih unggul tentunya.

Selain seperti yang telah dijelaskan di atas yakni meningkatkan kecerdasan bayi, lantunan Al Qur’an juga bisa menjadi terapi untuk menghilangkan stres sang ibu hamil.

kabarmakkah.com
kabarmakkah.com

Secara fisiologis mendengarkan Al-Qur’an akan meningkatkan daya ingat dan ketenangan jiwa. Hal ini disampaikan oleh dr. Al-Qhadi melalui penelitian dengan menggunakan alat elektronik.

Alat itu untuk mendeteksi detak jantung, ketahanan otot, serta tekanan darah di mana unsur-unsur tersebut adalah unsur penting dalam menentukan tingkat stres seseorang.

Hasilnya adalah Al-Qur’an dapat menenangkan jiwa sebesar 97% baik kepada yang paham maupun yang tidak paham dengan bahasa Arab.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Muhammad Salim dengan koresponden yang sama-sama tidak paham bahasa Arab. Kesimpulannya sebesar 65% orang yang mendengarkan Al-Qur’an terpengaruh dan semakin tenang jiwanya.

Membentuk Watak dan Kepribadian yang Baik

tasdiqulquran.or.id
tasdiqulquran.or.id

Bagi ibu yang paham, pendidikan anak telah dimulai bahkan ketika anak itu masih berada di kandungan. Maka dari itu penting untuk mengondisikan kejiwaan sang ibu.

Para ahli menyatakan bahwa kondisi kejiwaan sang ibu juga sangat mempengaruhi watak dan kecerdasan bayinya.

Dalam kondisi stres tubuh sang ibu akan memproduksi hormon kortisol dalam jumlah berlebihan sehingga ini akan memicu tekanan darah meninggi, dada terasa sesak, dan emosi menjadi tidak stabil.

Hormon kortisol ini bisa merambat ke bayi melalui plasenta sehingga memengaruhi pembuluh darah sang janin, akibatnya sang janin pun ikutan stres. Kelak kondisi itu akan terbawa ketika anak sudah lahir.

Maka benar-benar penting bagi ibu yang sedang hamil memperbanyak berdzikir untuk menciptakan ketenangan batin. Dan dzikir yang paling utama adalah dengan mendengarkan dan membaca Al-Quran.

Sangat dianjurkan untuk lebih banyak membaca ketimbang mendengarkan Al Qur’an. Hal ini dilakukan agar tercipta hubungan emosional yang baik antara sang ibu dengan sang janin.

Sehingga waktu bayi telah lahir, maka ia akan dengan mudah dituntun oleh orang tuanya untuk membaca, menghafal, dan mengamalkan Al-Qur’an. Tentu saja dengan pribadi Qur’ani membuat anak menjadi manusia terbaik akhlaknya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *