Mandul atau dalam bahasa kedokteran disebut infertilit.Adalah satu istilah untuk menyebut pasangan yang gagal untuk hamil,walaupun mereka sudah berusaha selama setahun.

Menurut penelitian, faktor perempuan hanya sepertiga dari total penyebab terjadinya kasus infertilitas. Sepertiganya lagi merupakan faktor laki laki. Kemudian sisanya merupakan gabungan antara faktor laki laki dan perempuan.

Lalu sebenarnya apa saja sih yang menyebabkan kemandulan pada wanita? Nah dengan beberapa jabaran berikut harapannya para wanita bisa lebih waspada ya ladies.

1Gangguan Alat Kelamin

obattradisionaltumorovarium2.wordpress.com

Kemandulan bisa disebabkan karena faktor fisik yakni kelainan pada alat kelamin. Kelainan bisa terjadi seperti infeksi vagina atau uterus atau bisa juga karena sumbatan tuba fallopii akibat infeksi atau kelainan uterus yang menghambat implantasi.

Untuk kasus yang satu ini kamu harus cek medis ya untuk memastikan apakah memang benar ada gangguan fisik dan bagaimana penanganannya secara medis.

2Masalah Pada Siklus Menstruasi

health.kompas.com

Siklus menstruasi merupakan sebuah pertanda jika proses ovulasi sedang terjadi dan juga menandakan mengenai bahwa hormon bisa bekerja secara normal.

Karena alasan tersebut, tidak heran jika banyak dokter yang menyarankan agar hubungan intim sebaiknya dilakukan selama masa ovulasi ini, karena peluang untuk terjaidnya kehamilan sangat besar. Namun sayangnya, tidak semua wanita paham mengenai waktu ovulasi.

Jika seorang wanita mengalami masalah dengan siklus menstruasinya, maka besar kemungkinan ia mengalami ketidak suburan

3Berat Badan Tidak Normal

www.vemale.com

Meskipun wanita yang sangat gemuk ataupun terlalu kurus masih memiliki peluang untuk hamil, namun hal ini bisa mengurangi peluang kehamilannya.

Perlu dipahami bahwa agar ovulasi bisa berjalan secara optimal, maka dibutuhkan hormon-hormon yang bekerja secara baik.

Namun sayangnya, saat tubuh memiliki bobot yang berlebih atau sangat kurang, maka kinerja dari hormon tidak bisa normal. Untuk tingkat yang ekstrim, ovulasi bahkan bisa berhenti.

4Pengaruh Alat Kontrasepsi

penyakitorganwanita.blogspot.com

Apabila seorang wanita mengikuti program KB secara aktif lalu berhenti dikarenakan merencanakan kehamilan, maka dibutuhkan waktu sekitar satu tahun agar kondisinya bisa pulih.

Kondisi ini sendiri sangat tergantung pada setiap individu, bahkan pada beberapa kasus membutuhkan waktu yang lebih lama.

5Punya Penyakit Menular

www.slideshare.net

Ciri ciri wanita mandul selanjutnya adalah mereka yang memiliki penyakit menular seksual seperti Gonore dan Klamidia.

Penyakit seperti Gonore dan Klamidia menyebar hingga ke organ reproduksi yang nantinya menimbulkan jaringan parut pada area ovarium dan tuba fallopi sehingga mencegah terjadinya ovulasi.

6Merokok

zonapintar.com

Berdasarkan data yang akurat, wanita yang tidak merokok memiliki peluang untuk hamil lebih besar daripada mereka wanita yang merokok.

Bahkan ada sekitar 43 persen wanita perokok berat yang mengalami penurunan fungsi kesuburan. Statistik inipun akan semakin meningkat apabila sang suami juga merokok.