Bunda, adalah sosok wanita tangguh yang memiliki begitu banyak keistimewaan dalam hidupnya. Ia yang merasakan kehamilan bahkan dijanjikan syahid oleh Allah apabila meninggal dalam proses melahirkan buah hatinya.

Wanita lembut nan solehah itu adalah seorang yang dipenuhi dengan kesabaran. Selama sembilan bulan mengandung, tak akan pernah ia mengeluh sama sekali. Saat proses melahirkan, meski sakit yang teramat ia rasakan, syukur adalah kata yang ia ucapkan.

agussiswoyo.com
agussiswoyo.com

Menjadi manusia yang sabar itu bukanlah hal yang mudah. Dan bunda, ia menjadi seorang yang penuh kesabaran setelah melewati begitu banyak hal dalam hidupnya, termasuk saat mengurus buah hatinya yang tersayang.

Anak adalah salah satu cobaan yang diberikan dalam suatu keluarga salah satunya untuk memperkuat kesabaran orangtuanya. Dan dari sinilah bunda belajar untuk memahami segala perilaku anak yang menguji kesabarannya.

1Bunda Senantiasa Sabar Mendampingi Pertumbuhan Anaknya

boombastis.com

Setiap anak memiliki tumbuh kembang yang berbeda-beda. Terkadang hal ini sangat amat menguji kesabaran seorang bunda. Karena, akan ada beberapa anak yang tumbuh lebih lambat dari pada teman-teman seumurannya.

Dan hal ini mengharuskan bunda untuk meluangkan waktu lebih banyak serta menuntun anaknya dengan baik agar setiap tahap perkembangannya tercapai secara optimal. Segala upaya bunda lakukan demi hasil terbaik untuk buah hatinya.

Entah itu waktu, biaya dan yang paling penting adalah tenaga. Semuanya bunda lakukan secara sukarela tanpa pamrih demi pertumbuhan anaknya tercinta. Bunda pun tak akan pernah merepotkan orang lain untuk dimintai bantuan untuk mengurus anaknya.

Dengan sekuat tenaga dan segala upaya yang ia bisa, bunda dan ayah akan selalu ada untuk kebaikan buah hatinya yang terkasih.

2Bunda Selalu Sabar untuk Menunggu

justme-zahratunnisa.blogspot.com

Tak ada kata tidak untuk seorang anak, meski hal itu adalah hal yang paling membosankan sekalipun, yaitu menunggu. Bunda tak akan meminta anaknya untuk menunggu jika ia tak bisa melakukan hal tersebut.

Bunda akan melakukan segala hal yang baik supaya sang anak belajar kebaikan dari dirinya sendiri. Bunda pasti ingin menjadi contoh langsung yang diikuti oleh anak-anaknya, bukan hanya lisan, namun juga perbuatan.

mustlieliek.wordpress.com
mustlieliek.wordpress.com

Bunda akan senantiasa menunggu ketika anaknya berjalan sangat lambat maupun saat anaknya makan begitu lama. Dari sini bunda semakin belajar untuk sabar dan mengerti kebutuhan anaknya.

3Bunda Bersabar untuk Menahan Emosi

www.dakwatuna.com

Tantangan terberat yang harus bunda lalui adalah menahan emosi. Karena tingkah laku anak yang tak menentu dan susah diatur terkadang bisa membuat bunda menjadi kesal dan marah.

Tapi, tak pernah sama sekali bunda memarahi anaknya dengan kasar. Bunda bukannya marah, malah bunda menasihati dengan sangat lembut. Semakin nampaklah kesabaran yang luar biasa dari wanita mengagumkan bernama yang bernama “bunda”.

Bunda selalu berpikir, apakah anaknya melakukan kesalahan yang fatal sehingga perlu dibentak dan dimarahi? Apakah ada untungnya memarahi anak dan membuatnya terluka? Dan jawabannya adalah “tidak”.

Kesabaran bunda yang sungguh luar biasa inilah yang dikagumi oleh banyak orang. Walau kadang anaknya berbuat hal yang benar-benar menjengkelkan, raut wajah bunda tak akan pernah terlihat kesal.

4Tarik Nafas dan Hembuskan, Bun

likesuccess.com

Saat bunda merasa tegang atau pun panik, hal pertama yang dilakukan adalah menarik nafas dalam-dalam dan kemudian menghembuskannya. Dengan begitu, bunda tak terlihat cemas lagi.

Meski hanya hal sederhana yang dilakukan bunda, namun berguna untuk melepaskan saraf tegang yang sedang menggelayutinya. Bunda mudah sekali tenang dan tak akan pernah meledak-ledak.

SHARE