Kamu punya rumah baru? Barang kali kamu bingung untuk memutuskan cat eksterior rumah seperti apa yang ingin kamu gunakan? Kamu bisa cobabeberapa referensi kali ini.

housekaboodle.com
housekaboodle.com

Jangan lupa untuk menanyakan selera warna yang disukai pasangan kamu atau anak-anak kamu, karena ini rumah milik bersama bukan? Yang jelas rumahmu harus selalu menjadi tempat kembali yang menyenangkan.

1Rumah Seni – Rumah Hitam

abtart.com

Rumah ini awalnya memiliki corak dengan warna cat yang penuh seni seperti pada gambar di atas. Sayang kemudian rumah ini direncanakan untuk di robohkan dan diganti dengan bangunan baru.

cloudfront.net
cloudfront.net

Haus in Schwarz (House in Black) di cat hitam total oleh Erick Sturm dan Simon Jung pada tahun 2008 sebagai tanda perpisahan sebelum rumah tersebut akhirnya di bongkar dan diganti bangunan baru.

nixdorf-consult-gmbh.de
nixdorf-consult-gmbh.de

Rumah yang awalnya terletak di Möhringen, Jerman ini kini menjadi bangunan kantor jasa senin yang modern. Bagaimana? Tertarik mengubah cat rumah kamu menjadi hitam total?

2Camouflaged History

architecturelab.net

Begitulah Kate Ericson dan Mel Ziegler menamakan seni yang mereka buat dengan melakukan konsep cat eksterior yang mengesankan. Desain cat eksterior ini adalah sebuah proyek untuk diikutkan pada Spoleto Festival tahun 1991.

Kate dan Mel mengenjakannya bersama Chris Burden dan Cindy Sherman. Sebuah proyek yang berhubungan dengan sejarah kota Charleston, South Carolina, Amerika Serikat.

Sekarang rumah tersebut menjadi salah satu situs sejarah yang dapat dinikmati wisatawan. Sejarah yang berhubungan dengan tentara Amerika Serikat.

3Carabanchel 24

themost11.com

Bangunan ini terletak di distrik Carabanchel, sebuah distrik di kota Madrid, Spanyol. Kamu bisa temukan bangunan ini tepat pada Jalan 10th Calle de la Catedral de Santiago de Compostela.

Proyek bangunan ini dikerjakan oleh Cañizares Torquemada. Dibangun dalam kurun waktu 3 tahun sejak tahun 2007 hingga tahun 2010.

4The Rizzi House

unusualplaces.org

Rumah ini lebih dikenal dengan the happiest house in the world, terletak di Braunswick, Jerman. Bagaimana tidak? Lihat saja berbagai warna cat yang indah dan gambar bertema kartun yang menyenangkan.

Kamu seolah melihat bangunan yang sangat ceria di buat oleh sekumpulan anak yang ceria dengan corat coret berbagai warna sesuka hati mereka. Nama Happy Rizzi House mengacu pada seorang seniman bernama James Rizzi.

unusualplaces.org
unusualplaces.org

Seniman yang melakukan keceriaan cat di rumah ini pada tahun 2001. Awalnya bangunan ini adalah bangunan tak terpakai. Sayang sekali hingga selesai proyek konsep cat yang mengagumkan ini pun bangunan ini tidak ditinggali sebagai rumah yang sesungguhnya.

5Heidelberg Project

en.wikipedia.org

Pada tahun 1986 seorang seniman bernama Tyree Guyton memulai proyek ini dengan mengecat berbagai corak bulat berwarna (bright dots) di eksterior beberapa rumah di jalan Heidelberg, Detroit, Michigan, Amerika Serikat.

Ide awalnya adalah berbagai cat bercorak bulat ini membuat kota ini menjadi indoor dan outdoor museum. Bahkan pada tahun 2005 Heidelberg Project mendapatkan penghargaan dari Rudy Bruner Award for Urban Excellence.

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Sayangnya beberapa bangunan seperti the baby doll house, fun house, dan truck stop di hancurkan pada tahun 1991. Sedangkan pada tahun 1999, bangunan lain seperti your world, happy feet, dan the canfield house juga dihancurkan.

Pada tahun 2013 dan 2014 juga terjadi beberapa pembakaran di beberapa bangunan Heidelberg Project ini. Sangat disayangkan.

Bagaimana? Kamu sudah tentukan desain cat eksterior rumah seperti apa yang akan kamu pilih untuk rumah baru kamu? Kamu bisa cari berbagai referensi lainnya di internet. Semoga beberapa rumah di atas membantumu menentukan pilihan.

Selamat menghabiskan cat rumah!

SHARE