tradisioanal-obat.blogspot.com

Tanda-tanda Kalau Kamu Sedang Mengidap Sakit Ginjal

Posted on

Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh kita. Walaupun jumlahnya dua buah, namun jika salah satu sudah tak berfungsi lagi, maka kerja ginjal tak akan maksimal lagi.

Itulah mengapa, menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup dan makan yang sehat dapat menjaga organ-organ dalam tubuhmu tetap sehat. Agar tak ada kerja dari mereka yang tidak beres.

Karena ketidakberesan kerja organ-organ dalam tubuh dapat menyebabkan kesehatan tubuh menurun drastis bahkan mengakibatkan kematian.

Ginjal sendiri berfungsi menghilangkan limbah dan cairan ekstra dalam tubuh, bisa membantu pembuatan sel-sel darah merah, menguatkan tulang, dan mempertahankan mineral dalam tubuh.

Seperti halnya dengan penyakit organ lainnya, jika ginjal telah sakit maka kerja dalam tubuh juga akan ikut terganggu. Nah, kamu pasti tak menginginkan hal itu terjadi padamu kan?

Untuk itu, gejala-gejala di bawah ini perlu kamu ketahui agar kamu bisa waspada lebih dini dari penyakit ginjal yang sangat merugikan kesehatanmu ini.

Lelah dan Sulit Berkonsentrasi

herbaldr.blogspot.com

Selain penyakit anemia, gejala seperti mudah lelah dan sulit berkonsentrasi juga bisa menjadi pertanda penyakit ginjal, lho!

Kondisi mudah lelah dan sulit berkonsentrasi ini merupakan efek dari mulai berkurangnya fungsi ginjal dalam tubuhmu.

Maka jika kamu mengalami gejala seperti ini, segeralah konsultasikan kepada dokter agar kamu tahu lebih dini tentang apa yang sedang mengganggu kesehatan tubuhmu.

Insomnia

expertbeacon.com

Jika kamu mengalami insomnia atau sulit tidur di malam hari, kamu harus mewaspadai hal ini karena itu bisa menjadi pertanda bahwa ginjalmu sedang bermasalah.

Kondisi sulit tidur terjadi karena racun yang mengendap dalam darah tak bisa dihancurkan. Tentu saja karena organ yang bertugas menghancurkannya sedang terganggu, yaitu ginjal itu.

Dan kondisi ini akan semakin parah jika kerusakan pada ginjal juga semakin parah.

Kulit Kering dan Kasar

958primsn.wordpress.com

Salah satu tanda adanya kerusakan atau keanehan pada kerja ginjal adalah kulit yang mendadak menjadi kering dan kasar. Jika hal ini terjadi padamu, maka kamu harus lebih waspada.

Jangan sampai ini adalah gejala yang menunjukkan bahwa ginjalmu sedang bermasalah.

Fungsi ginjal salah satunya memang mempertahankan jumlah mineral dalam tubuh. Sehingga jika kerjanya terganggu, maka kemampuannya mempertahankan mineral juga akan ikut menurun.

Dan jika kemampuan mempertahankan mineral dalam tubuh menurun, maka jumlah mineral akan lebih banyak hilang, dan kulit tubuh menjadi semakin kering dan terasa kasar.

Sering Buang Air Kecil

gigisusu.net

Buang air kecil bisa menjadi salah satu cara pembuangan racun dan kotoran dalam tubuh yang alami. Dan ini berkaitan dengan fungsi ginjal dalam tubuh kita.

Nah, jika kesulitan buang air kecil bisa menjadi pertanda tubuh sedang tak sehat, maka terlalu sering buang air kecil juga bisa menjadi tanda bahwa ginjalmu mungkin sedang tidak sehat.

Kenapa hal itu bisa terjadi?

Hal ini bisa saja terjadi karena kerusakan filter dalam ginjal. Sehingga dorongan untuk lebih sering buang air kecil akan semakin besar.

Tentu saja ini sangat merugikan, karena selain kotoran, maka mineral-mineral dalam tubuh juga akan ikut hilang.

Selain itu, sering buang air kecil juga bisa menjadi tanda atau gejala penyakit diabetes mellitus.

Kencing Berdarah atau Berbusa

www.cwacwa.com

Urin yang normal adalah yang berwarna kuning cerah dan lancar setiap harinya, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit.

Sedang jika kencing sudah bercampur darah atau ada busanya, maka itu sudah menunjukkan adanya kelainan pada fungsi ginjalmu.

Sebaiknya periksakan kepada dokter agar jelas apa yang sedang terjadi pada tubuhmu di bagian dalam. Sebelum semua terlambat tentunya.

Itulah tadi beberapa gejala yang sering muncul sebagai pertanda adanya kelainan dalam fungsi kerja ginjal seorang manusia. Namun tak bisa dipukul rata bahwa kalau bergejala seperti itu maka ginjalnya sakit.

Alangkah baiknya segera periksa ke dokter jika memang ada kejanggalan pada tubuh dan kesehatanmu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *