Ramadhan sebentar lagi akan berlalu. Dan seperti kebanyakan yang akan ditemui, bahwa ketika Ramadhan berlalu, dia akan pergi membawa pula semangat beribadah dan berbuat kebaikan dari para hamba Allah.

Namun, kamu para umat Muslim dimanapun berada, bisa kok mencegah Ramadhan untuk tidak membawa serta semangat-semangat itu, dengan terus menjaga diri agar tidak terlena pada hal-hal yang tidak bermanfaat.

Nah, pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan yang suci, biasanya adalah saat-saat yang kritis, yang sering dilalaikan oleh orang-orang, padahal pada hari-hari tersebut terdapat banyak nikmat dan ampunan yang telah disiapkan Allah.

Bagi siapapun yang menginginkan kebaikan dunia dan akhirat, serta ampunan dan berkah yang melimpah dari Allah, maka jangan sampai melenakan diri di 10 hari terakhir Ramadhan.

Lalu, apa saja sih yang perlu kita waspadai agar tidak terlena pada dunia di 10 hari terakhir Ramadhan ini?

Fokus Persiapan Mudik

dzulfikaralalal wordpress com
dzulfikaralalal.wordpress.com

Memang tidak ada yang salah sih, saat momen yang luar biasa seperti hari raya Idul Fitri, saat banyak sanak saudara berkumpul, adalah waktu yang baik untuk merekatkan silaturahim dengan pulang kampung atau mudik.

Namun yang kemudian menjadi masalah adalah persiapan mudik yang akhirnya mengganggu fokus ibadah dan beramal shalih di saat-saat 10 hari terakhir Ramadhan.

terlalu fokus itu ada banyak, misalnya terlalu memikirkan akan membawa barang apa saja, baju apa saja, dan sebagainya, sehingga menyita waktu ibadahnya. Sia-sia bukan?

Fokus Barang-barang Baru

shareyouressays com
shareyouressays.com

Dan yang tak kalah menjadi tren gengsi di masyarakat Indonesia adalah hadirnya barang-barang baru di hari raya Idul Fitri, sehingga membuat seseorang akhirnya menjadi lebih ‘bernafsu’ untuk berbelanja, padahal mungkin hal itu tak terlalu perlu.

Barang-barang baru seperti baju, mukena, bahkan kendaraan seakan menjadi hal wajib yang harus hadir di saat Lebaran tiba, sehingga membuat waktu yang harusnya bisa dimaksimalkan untuk ibadah justru digunakan untuk shopping.

Fokus Acara Reuni

dmy-official blogspot com
dmy-official.blogspot.com

Ketika banyak rekan-rekan sekolah yang telah merantau mudik ke kampung halaman, bahkan kita sendiri, rasanya sayang pastinya jika melewatkan momen bertemu kembali dalam momen yang tepat seperti itu.

Memang tak ada yang salah dengan bertemu untuk kembali menguatkan ikatan silaturahim yang mungkin sudah agak memudar karena terpaut jarak dan lama tidak bertemu.

Namun yang disayangkan adalah ketika momen reuni yang biasanya dibungkus dengan acara buka puasa bersama itu kemudian melalaikan para pelakunya dari beribadah kepada Allah dan bersyukur kepadaNya.

Padahal sayang sekali lho jika melewatkan segala kebaikan di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, karena ada banyak kebaikan pula yang telah Allah siapkan bagi hamba-hambaNya yang banyak mengingatNya.

SHARE