Waspada! Ini Bahayanya Jika Kamu Suka Tidur Usai Sahur

Posted on

Kadang setelah menjalani sahur, kita memang gak kuasa untuk tidur karena menahan kantuk. Padahal, sebenarnya kebiasaan ini gak baik lho untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang jangan anggap lagi deh kebiasaan sepele ini.

Tanpa kamu tahu sebenarnya, kebiasaan tidur setelah sahur bisa mengundang berbagai penyakit yang bisa membahayakan tubuh. Apa saja?

Makanan Tidak Tercerna Dengan Sempurna

15163013482_0717d6d676
www.sehatraga.com

Kerja lambung dan usus akan melambat ketika kita sedang tidur. Hal ini akan menyebabkan makanan yang sudah dikonsumsi tidak tercerna secara sempurna.

Bahkan, hal ini termasuk berbahaya karena sisa makanan yang tak tercerna akan membusuk di dalam usus dan meningkatkan produksi gas racun amonia yang berbahaya.

Kamu gak mau kan hal ini terjadi? Maka sebaiknya tunggu selama 1-2 jam untuk tidur setelah makan.

Rasa Nyeri Di Ulu Hati

070544_202225_nyeridada
health.detik.com

Nyeri ulu hati bisa timbul karena kamu makan sehabis menjalani sahur. Heart burn bisa timbul karena sebelum tidur kamu mengonsumsi makanan berat atau camilan. Bagian ulu hati akan terasa sangat panas dan nyeri.

Hal ini terjadi karena asam lambung naik dan memenuhi rongga dada dan menyebabkannya terasa panas. Jika kebiasaan buruk ini dipelihara, jangan heran jika ke depannya kamu terjangkit penyakit maag kronis.

Stroke

493x335_understanding_stroke_slideshow
www.webmd.com

Tidur setelah sahur dipercaya meningkatkan resiko terkena stroke. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah terkena stroke.

Sebaliknya, orang-orang yang memiliki jeda paling singkat antara makan dan tidur memiliki resiko lebih tinggi terkena stroke.

Sakit Kepala

kiki widyasari pusing
www.cekpremi.com

Menurut sebuah hasil studi, tidur pagi menyebabkan serebrospinal bergerak ke otak. Inilah yang menimbulkan sakit di kepala.

Selain berbahaya dari segi kesehatan, tidur setelah sahur membuat terhalangnya pintu rezeki, dalam hadits yang di riwayatkan oleh Abu Daud, bahwasannya Rasulullah bersabda :

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” Dalam hadits tersebut Rasulullah mendoakan keberkahan bagi umatnya yang bangun di waktu pagi.

Sebaliknya, doa itu mengisyaratkan bagi mereka yang tidur lagi setelah Subuh, mereka akan kehilangan keberkahan yang disebutkan dalam doa Nabi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *