Siapa yang tak bahagia saat hari raya Idul Fitri tiba, dimana kita semua umat Muslim merayakan hari kemenangan setelah selama sebulan penuh di bulan Ramadhan kita digembleng oleh Allah untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Selama sebulan penuh kita diwajibkan berpuasa, dan diberikan lapangan pahala seluas-luasnya untuk menjalankan banyak amalan dan ibadah sunnah, serta berbagai godaan dan ujian juga untuk memperkuat iman kita.

Hari raya Idul Fitri bagi umat Muslim Indonesia yang sering disebut sebagai Lebaran memang suasana yang luar biasa sacral. Tak hanya ada ibadah sholat sunnah Ied yang bisa membuat kita semakin bersyukur pada Allah.

Namun pada hari Lebaran kita juga diberikan kesempatan oleh Allah untuk merayakan kebersamaan dengan sanak-saudara, sahabat, teman, dan tentunya orangtua atau pasangan dan anak.

Namun sayangnya, seperti terlena, banyak umat Muslim yang terlalu bahagia hingga lupa kepada Allah dan tak menjaga kesehatan sendiri akhirnya malah jatuh sakit akibat terlalu capek atau banyak menyantap makanan di saat Lebaran.

Hmm, lalu penyakit-penyakit apa saja yang sebaiknya kita waspadai di saat Lebaran tersebut?

Diare

sakit-diare
obatin.net

Kalau penyakit ini biasanya datang menghampiri kita akibat terlalu kagetnya sistem pencernaan terhadap makanan yang kita makan.

Bisa jadi selama sebulan berpuasa di bulan Ramadhan perut banyak kosong dan pun saat berbuka dan sahur juga kita sangat hati-hati karena menjaga fisik tetap kuat selama berpuasa, namun saat Lebaran tiba justru seperti balas dendam.

Akhirnya makan banyak, atau makan pedas-pedas, bahkan juga ditambah makan makanan yang berminyak dan minuman bersoda.

Hipertensi

6506-6-kiat-menurunkan-hipertensi-secara-alami
tabloidnova.com

Kebanyakan makan garam, mengkonsumsi kopi berlebihan, atau begadang juga bisa meningkatkan resiko darah tinggi atau penyakit hipertensi ini secara mendadak dan drastis.

Banyak orang seperti balas dendam, apalagi saat bertemu keluarga besar dalam momen pulang kampung, maka banyak yang melakukan begadang dengan saudara dan keluarganya.

Begadang biasanya tak asyik tanpa menyeduh kopi atau makan gorengan, dan bahkan ada yang sambil merokok. Hmm, memang nikmat ya? Namun resiko hipertensi juga sedang mengintai lho!

Kolesterol dan Asam Urat

Tanda-dan-Gejala-Trigliserida-Tinggi
trigliseridatinggi.com

Sekali lagi ini salah satu penyakit yang juga disebabkan karena faktor balas dendam saat Lebaran tiba. Aktivitas yang banyak, ditambah kurang minum air putih, dan kemudian banyak mengkonsumsi makanan berlemak bisa menjadi pemicunya.

Tak ada yang melarang makan opor ayam saat Lebaran, namun kita sendiri yang bisa mengukur kondisi tubuh. Jika memang dalam masa pencegahan maka jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya.

Dan jika sudah memiliki riwayat penyakit tersebut, maka sebaiknya dihindari saja. Bukankah merayakan Lebaran bersama keluarga dengan tubuh yang sehat adalah kebahagiaan yang tak terkira?

SHARE