Salah satu hal yang paling ditakuti oleh ibu hamil dan menjadi masalah dalam kehamilan adalah keguguran.

Keguguran merupakan kemtaian bayi dalam kandungan sebelum usia janin tersebut 22 minggu masa kehamilan.

Apa saja penyebab dari keguguran? Keguguran bisa disebabkan oleh kondisi rahim yang lemah.

Pada kondisi ini rahim tempat embrio menempel terlalu rentan dan lemah untuk bisa menopang berat embrio.

Wanita yang mengalami hal itu harus istirahat total selama kehamilannya di bawah usia 22 minggu. Maka dari itu saat wanita mengalami kondisi tersebut jangan banyak bergerak dan tidak boleh banyak berajalan.

Penyebab lainnya bisa kerana kondisi ibu hamil yang tidak fit. Kondisi cuaca yang ekstrim bisa menyebabkan kondisi ibu hamil seringkali naik turun

Keadaan ibu yang tidak fit dapat menyebabkan kehamilannya rentan terhadap keguguran.

Misal ibu hamil yang sedang mengalami demam tinggi maka janin yang dikandung bisa jadi tidak bertahan dengan suhu panas tersebut.

Penyebab yang lain adalah terdapat penyakit tertentu. Penyakit tersebut antara lain tokso dan rubella.

Tokso adalah penyakit yang disebabkan oleh virus toksoplasma. Jika menderita penyakit ini, ia harus menjalani terapi medis dan herbal.

Sedangkan rubela merupakan virus yang bisa menyebabkan kondisi janin dalam kandungan terkena campak. Bayi yang terdapat virus ini tidak dapat bertahan lama dalam kandungan.

Maka dari itu sebaiknya sebelum merencanakan kehamilan, wanita memeriksakan dirinya ke dokter. Sehingga jika terdapat hal-hal yang kurang berekanan bisa terdeteksi dan ditangani lebih awal.

Selain itu usia sang ibu juga bisa mempengaruhi risiko keguguran. Risiko keguguran akan meningkat seiring usia ibu yang menua.

Wanita yang rentan mengalami keguguran ialah wanita yang mengandung pada usia 30 tahun ke atas. Sebaiknay konsultasikan kehamilannmu ke dokter jika ingin hamil lagi.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti meokok, mengkonsusmsi alkohol dan begadang setiap hari dapat menyebabkan keguguran.

Maka dari itu ibu hamil sebaiknya benar-benar menjaga kondisi tubuh dan menjaga gaya hidup yang sehat.