Apakah kamu pecinta kopi? Biasanya kopi menjadi teman yang asik ketika bersantai atau sedang berkumpul bersama.

Sekarang ini kopi bukan hanya sebuah minuman yang bermanfaat mengusir kantuk. Akan tetapi, bagi sebagian orang kopi sudah menjadi gaya hidup.

Sajian kopi pun beragam, ada yang diminum dalam keadaan hangat atau bisa juga diminum dengan air dingin (es).

Tidak hanya nikmat, kopi juga memiliki manfaat yang luar biasa. Nah, ketika akhir pekan tiba merupakan waktu bersantai danberkumpul bersama keluarga.

Tidak harus keluar kota, untuk menghabisakan waktu bersama, ngobrol dengan menikmati kopi adalah salah satu alternatif yang bisa dicoba.

Agar weekendmu tambah nikmat, kamu bisa mencoba beberapa racikan kopi ini.

1Espresso

coolbeanscoffeeroasters.com

Kamu adalah tipe orang yang tidak suka menunggu lama? Kopi ini mungkin cocok buatmu. Yup, seperti namanya, espresso merupakan kopi yang disajikan dengan cepat kepada para pembelinya.

Awalnya cara mercaik kopi ala espresso ini mulai dikenal di Italia. Tidak heran jika kopinya terasa nikmat, karena untuk menghasilkan espresso ini dilakukan dengan cara mengekstraksi biji kopi yang sudah melalui proses penggilingan.

2Cappucino

grosirbubukcappucino.com

Masih berkaitan dengan espresso. Cappucino merupakan kopi yang berasal dari espresso yang dicampur susu.

Kamu yang hobi minum kopi tentu tahu  bahwa kandungan di dalam cappucino sepertiganya adalah espresso.

Yang menjadi ciri khas dari kopi ini adalah tampilannnya, terdapat busa yang banyak di permukaan kopi. Yummy..rasanya manis dan lembut.

3Flat White

peoniesandpancakes.files.wordpress.com

Racikan kopi ini paling dikenal di dareha Selandia baru dan Australia. Kopi flat white memiliki kandunga susu yang lebih banyak dan ia memiliki busa yang sangat sedikit.

4Kopi Tubruk

fajrinherris.files.wordpress.com

Nah, ini adalah racikan kopi asli Indonesia. Kopi tubruk memiliki aroma yang kuat dan rasa yang khas.  Bagi pecinta kopi di Indonesia, kopi jenis ini merupakan salah satu jenis kopi yang dapat menjadi ‘teman’ nongkrong disetiap saat.

Cara penyajianya pun sangat sederhana yakni biji kopi yang telah digiling kemudian dituangkan dalam gelas.

Selanjutnya ditambah air panas. Kopi tubruk rasanya agak pahit, jika kamu ingin mnengrangi rasa pahitnya maka tambahkan gula sesuai seleramu.

5Macchiato

coffeecantata.files.wordpress.com

Masih racikan kopi dengan campuran susu. Macchiato merupakan kopi yang menggunakan susu. Terdapat dua jenis macchiato yaitu espresso macchiato dan latte macchiato.

Jika kamu ingin segelas espresso dengan sedikit susu maka pilihan yang tepat adalah espresso macchiato. Untuk latte macchiato berbeda, yakni segelas susu macchiato ditambahkan dengan sedikit espresso.

6Frappe

www.baristaproshop.com

Kali ini kopi dengan tampilan sensasi segar. Frape dibuat dengan menggunakan air dingin. Jadi bagi kamu yang suka minum air dingin racikan kopi ini cocok buatmu

7Mochaccino

ecsmokesmenu.com

Racikan kopi ini mampu memikat mu bagiamana tidak, dalam racikan mochaccino terdapat campuran espresso dengan susu dan cokelat.

Bagi para pecinta kopi yang suka akan rasa cokelat mungkin mochaccino adalah pilihan yang tepat dan  mantap.

8Latte

baristahustle.com

Ini dia salah satu kopi yang memadukan seni. Latte adalah jenis kopi yang mencampurkan espresso dengan susu.

Nah untuk perbandingannya kedua campuran itu yaitu menggunakan perbandingan 4 banding 1 atau 3 banding 1.

Yang jelas jumlah kopinya lebih banyak. Kamu bisa meminta sang pembuatnya untuk menjadikan busa di atas kopi ini dengan lukisan yang kamu suka.

Itulah beberapa pilihan racikan kopi yang dapat kamu coba, selamat menikmati.