Akhir-akhir ini euforia sebagai joob seeker sudah mulai berkurang. Sebaliknya euforia wirausaha mulai bersemi. Terlebih maraknya sosial media membuat banyak sarjana muda memilih berjualan online dibandingkan menjadi buruh.

Namun demikian, jumlah pengusaha sukses di negeri ini masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan banyak orang yang akhirnya menyerah lantaran mengalami kegagalan dalam bisnis.

www.catatanpengusahasukses.blogspot.com
www.catatanpengusahasukses.blogspot.com

Tak perlu berkecil hati bagi kamu wirausaha pemula. Menjadi wirausaha sukses saat ini bukan hanya mimpi. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan sebagai suntikan semangat agar menjadi wirausaha sukses.

1Langsung Praktekan

www.teropongbisnis.com

Jika kamu bertanya buku apa yang dapat memotivasi menjadi wirausaha sukses maka jawabannya banyak. Begitu juga dengan seminar, training motivasi, artikel, serta tips-tips menjadi pengusaha sukses sangat mudah ditemukan.

Membaca dan mengikuti seminar motivasi memang penting sebagai pemacu awal berwirausaha. Namun jika kamu tak segera mempraktekannya semua ilmu dan motivasi tersebut akan menguap sia-sia.

Jangan menjadikan ketiadaan modal sebagai alasan enggan untuk memulai usaha. Ada seorang pengusaha online shop sukses yang hanya mengawali usaha dengan memfoto pakaian di toko-toko baju untuk kemudian di upload di media sosial.

Sebuah pepatah mengatakan jika ada niat maka akan ada 1000 jalan. Namun jika tidak ada niat akan ada 1000 alasan. Oleh karena itu kuatkan niat untuk memulai mengarungi ganasnya ombak kehidupan sebagai pengusaha.

Mulai saat ini mulailah usahamu dan jangan tunggu nanti.

2Jadilah Pengusaha Tahan Banting

www.dewa1milyar.com

“Lulus sarjana kok cuma jualan bakso. Kalau seperti itu ngapain kuliah tinggi-tinggi dengan biaya mahal.”

Ungkapan semacam itu pasti pernah kamu dengar dari tetangga, saudara, dan orang-orang di sekitarmu. Inilah ujian pertama bagi seorang pengusaha. Ujian ini belum ada apa-apanya dibandingkan ujian kegagalan saat merintis usaha.

Ditipu partner bisnis, ditolak calon customer, diabaikan orang, dan lain-lain. Hal itu adalah pil pahit yang harus kamu telan dan tentu saja tak boleh membuat semangatmu kendor.

Jadikan ujian-ujian tersebut sebagai cambuk motivasi. Jadilah pengusaha tahan banting dan tidak mudah menyerah dengan keadaan. Kendalikan keadaan dan jangan biarkan keadaan mengendalikanmu.

3Selalu Up Date Wawasan

www.veryfund.co

Nokia pada zaman dahulu adalah sebuah perusahaan handphone yang bisa dikatakan nomor satu di dunia. Namun sayangnya di tahun 2015 telah kita dengar bahwa perusahaan tersebut gulung tikar.

Apakah Nokia roboh karena kasus korupsi? Jawabannya tentu saja bukan itu. Nokia roboh lantaran ia kurang dapat mengimbangi perkembangan teknologi yang terjadi di dunia.

Sebagai pengusaha, kamu juga harus melakukan update informasi mengenai perkembangan terbaru di masyarakat terutama yang berkaitan bidang usahamu.

Kenali kebutuhan konsumen dan jadikan peluang. Sebagai contoh usaha rumah makan akan lebih baik jika terdapat fasilitas delivery order dan lahan sebagai ruang meeting.

4Kembangkan Jaringan

www.agegesaputra.wordpress.com

Jaringan adalah sesuatu yang mutlak penting dalam menjaga keberlangsungan sebuah usaha. Jaringan tak hanya tentang pelanggan, suplier bahan baku, serta marketing.

Kamu juga perlu membangun jaringan bersama pengusaha-pengusaha dengan bidang yang sama. Sekarang ini banyak sekali organisasi maupun komunitas pengusaha.

Ikutilah komunitas tersebut. Kamu dapat menimba ilmu dari senior-senior yang sudah lebih dulu merasakan asam garam dunia usaha.

Kamu juga akan mendapatkan suntikan semangat dari mereka.

5Jangan Lupa Sedekah

www.cucuadam.com

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang dikehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah 261).

Sedekah dapat memperlancar rezeki. Namun yang perlu digaris bawahi, niatkanlah sedekah sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah. Jangan hanya semata-mata agar mendapatkan keuntungan.

SHARE