Siapa bilang Indonesia hanya memiliki Kali Ciliwung, Kali Cisadane, dan sederet kali-kali kotor lainnya di kota-kota besar? Indonesia ternyata juga memiliki wisata air yang indah tak kalah dari negeri-negeri di Eropa.

Bentang alam Indonesia sungguh luar biasa. Anugerah tiada terkira yang tidak dapat dibeli dengan segepok uang sekalipun. Kamu yang mengaku mencintai Indonesia pernahkah mengunjungi beberapa tempat wisata air asli Indonesia?

Beberapa tempat wisata air dibawah ini sungguh menkajubkan dan membuatmu lupa bahwa kamu di Indonesia.

1Rammang-Rammang, Sulawesi Selatan

blog.8share.com

Obyek wisata ini terletak di Desa Selenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Mungkin kamu baru pertama kali mendengar nama tempat wisata Rammang-Rammang.

Sebenarnya akses yang diperlukan untuk mencapai lokasi ini tidak terlalu sulit. Tempat ini tak terlalu jauh dari kota Makassar. Hanya sekitar 40 Km dari utara Kota Makassar.

Rammang-rammang adalah gugusan pegunungan karst atau kapur terluas di dunia selain karst di Cina Selatan dan Vietnam. Luas wilayah ini mencapai 43 hektar.

coretanhari110.blogspot.com
coretanhari110.blogspot.com

Banyak yang menyebut bahwa berwisata ke Rammang-Rammang seperti berkunjung ke Halong Bay, Vietnam. Kamu akan menikmati panorama perbukitan karst dengan warna dominan bebatuan hitam.

Menikmati aliran sungai dan hamparan persawahan yang di kiri kanannya terdapat pahatan alam yang unik dan memiliki tinggi yang bervariasi.

Selain ini disini juga terdapat gua-gua alami yang memiliki stalaktit, stalakmit, flowstone, helektit. Pilar, dan sodastraw yang sangat indah.

2Sungai Maron, Pacitan

blog.8share.com

Apa yang kamu bayangkan melihat foto di atas? Pasti kamu akan membayangkan Sungai Amazon di Amerika sebagai tempat tinggal Ular Anakonda dan hewan-hewan mengerikan lainnya.

Ini adalah Sungai Maron atau terkenal sebagai green canyon, Pacitan. Sungai Maron ini terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkulu. Kamu hanya memerlukan waktu 45 menit untuk mencapai tempat ini dari Kota Pacitan.

Sungai ini merupakan sungai alami yang bermuara di Pantai Ngiroboyo, Kecamatan Donorojo. Air sungai yang hijau segar sangat indah diantara pohon kelapa, pohon jambu, dan pohon-pohon liar lainnya.

Jika kamu memiliki nyali, kamu dapat berfoto di atas Pohon Kelapa seperti ini. Pohon kelapa di Sungai Maron sangat unik. Ia tumbuh sebagian horizontal dan sebagian vertikal.

Jangan khawatir akan binatang-binatang buas seperti di Sungai Amazon. Sungai Maron aman dari binatang-binatang buas yang mengerikan.

Untuk menyusuri sungai ini kamu hanya perlu membayar tidak terlalu mahal untuk menyewa kapal kecil. Kamu juga dapat memesan pemilik kapal untuk menunggu sedikit lebih lama jika kamu ingin berenang menyusuri sungai.

3Danau Napabele, Sulawesi Tenggara

www.jelajahnusantara.info

Apakah ada danau dengan air asin? Jawabannya adalah ada yaitu Danau Napabele. Danau ini memang sangat dekat dengan Pantai. Danau Napabele berada di kaki bukit Desa Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Danau ini memiliki terowongan alam sepanjang 30 meter dengan lebar sekitar 30 meter. Terowongan alam menghubungkan antara Danau Napabele dan pantai di Selat Buton.

blog.8share.com
blog.8share.com

Danau Napabele juga mengalami pasang surut mengikuti pasang surut air laut. Kamu dapat menikmati keindahan alam di sini dengan berlayar menggunakan sampan atau menyelam.

Pilihan yang lain adalah menyusuri Goa Kabori atau orang setempat menyebutnya sebagai Liang Kabori. Di goa ini kamu dapat melihat ratusan lukisan manusia zaman prasejarah di sepanjang dinding goa.

4Danau Makalehi, Sulawesi Utara.

www.pamujiqobul.blogspot.com

Jika dilihat sepintas maka danau ini berbentuk love. Danau hati ini terletak di Pulau Makalehi, Sulawesi Utara.

Hal yang tak kalah unik adalah bahwa Pulau Makalehi termasuk salah satu pulau terluar dari 92 pulau yang terdapat di Perpres 78 Tahun 2005.

Kehangatan masyarakat setempat juga merupakan daya tarik tersendiri berkunjung ke Danau Makalehi

SHARE