Tahukah kamu? Ada sebuah kota di Indonesia yang memiliki keindahan tersembunyi. Kota tersebut terletak di Jawa Timur, bersebelahan dengan kota Jember dan Situbondo, namanya Bondowoso.

Apa yang terbesit dalam benakmu ketika mendengar nama kota ini? Barangkali masih terdengar asing atau tidak seterkenal Kota Batu, Malang, misalnya. Kota ini memang tidak terlalu menampakkan keberadaannya dibandingkan kota-kota lain di sekitarnya.

Maka diam-diam, keindahan alam kota penghasil tape ini masih terjaga asri. Sebab mau tak mau, risiko sebuah kota yang dikenal luas lokasi wisatanya oleh masyarakat Indonesia pasti sedikit banyak akan mendatangkan tangan-tangan usil untuk merusak lingkungannya.

Selain itu, Bondowoso juga tak memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Maka bisa dibilang wisata alamnya masih asri dan cukup terjaga.

Memang, apa saja sih keindahan alam di kota Bondowoso?

1Air Terjun Kembar

hipwee.com

Air Terjun Tancak Kembar adalah nama yang lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Disebut kembar karena sumber dari air terjunnya ada dua dan letaknya bersebelahan.

Air terjun kembar berlokasi di Desa Andongsari Kecamatan Pakem Bondowoso. Jika kamu berangkat dari kota Bondowoso, maka kamu harus menuju ke arah barat, sejauh 25 km untuk sampai di lokasi ini.

Air terjun ini memiliki ketinggian 77 meter dengan hutan lindung di sekelilingnya yang masih asri. Ada juga pusat penelitian kopi Arabica dan kakao lho.

Percaya atau tidak, konon katanya, jika pengunjung mencuci muka dengan air dari air terjun ini maka akan awet muda. Wah, ini hanya mitos ya.

Mungkin saja karena kandungan air di sini masih sangat bersih, jernih, dan tidak terkontaminasi zat berbahaya sebagaimana air di kota-kota besar. Maka ketika menyiramkannya pada wajah, akan terasa segar.

2Blue Fire Kawah Ijen

telusurindonesia.com

Letak gunung berapi aktif ini ada di perbatasan kota Bondowoso dan Banyuwangi, maka tak perlu heran ketika mendengar bahwa kawah ijen ada di Bondowoso. Kamu bisa melalui dua wilayah tersebut untuk sampai ke kawah ijen.

Gunung berapi dengan ketinggian 2433 mdpl ini memiliki ciri khas yang langka, satu-satunya di Indonesia, dan hanya ada dua di dunia. Apakah itu?

Blue fire atau api yang berwarna biru. Di dunia, blue fire hanya ada di Islandia dan Indonesia (Ijen) saja. Hebat, kan?

Biasanya blue fire turun ke kawah hanya pada waktu tertentu, yaitu dini hari pukul 01.00 – 02.00. kenapa warna apinya biru?

Karena campuran sulfur dari kawah ijen itu sendiri dengan panas bumi yang mencapai 300 derajat celcius, maka menghasilkan warna biru pada api, saking panasnya. Jika matahari sudah mulai tampak, warna apinya berangsur-angsur menjadi kuning atau oranye

3Air Terjun Kosabeh

hipwee.com

Air terjun Kosabeh terletak di Desa Suko Sawah, maka penyebutan lain dari air terjun ini yaitu air terjun Sukosawah. Dalam bahasa Madura, sawah artinya sabeh, maka masyarakat sekitar menyebutnya dengan Kosabeh.

Air terjun Kosabeh masih sangat terjaga keasriannya karena memang belum banyak orang tahu mengenai keberadaannya. Miris sekali ya jika semakin terkenal sebuah lokasi alam, maka semakin terancamlah kebersihan dan keasrian lokasi wisata alam tersebut.

Untuk sampai ke sini, kamu harus membulatkan tekad untuk tidak menyerah dalam perjalanannya. Mengapa? Karena medannya berat sekali.

Tapi semua kesulitan itu akan terbayar ketika kamu sudah sampai dan melihat langsung bagaimana keindahan air terjun Kosabeh ini.

4Kawah Wurung

dewishanti.blogspot.com

Lokasi wisata Kawah Wurung ini terletak di daerah pegunungan Ijen. Kawah wurung merupakan perbukitan hijau yang dipenuhi dengan rumput. Di sabana yang luas, ada bunga-bunga unik yang semakin mempercantik lokasi ini.

Melihat Kawah Wurung, seperti melihat setting film kolosal atau film-film kerajaan zaman dahulu ya. Pemandangan bukit-bukit hijau ini sangatlah cantik. Cobalah kapan-kapan kamu kemari dan jangan lupa, kunjungi setiap lokasi wisata alam dengan adab dan etika.

5Air Terjun Gantongan

zs-traveling.blogspot.com

Nama air terjun ini berasal dari Bahasa Madura yang artinya menggantung. Disebut begitu karena ketika melihat air terjun ini, seolah-olah memang menggantung di antara tebing cadas.

Air terjun Gantongan terletak di Afdeling Watu Capil, di daerah pegunungan Ijen. Uniknya, air terjun ini berwarna kuning lho.

Tidak seperti air terjun biasa yang warnanya tentu jernih atau tidak berwarna. Air terjun yang berwarna kuning tersebut disebabkan oleh pengaruh air asam dari kawah ijen.

6Stonehenge

hipwee.com

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk melihat Stonehenge. Indonesia punya versi tersendiri yang tak kalah megah dan keren.

Stonehenge versi Indonesia ada di Bondowoso. Namanya Betoh Soon (read: Batu Junjung). Betoh Soon berlokasi di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo, Kecamatan Cerme, Desa Solor.

Batuan yang konon berasal dari zaman purba ini berukuran sangat besar, tinggi, dan kokoh. Susunannya juga rapid an kamu masih bisa menikmati keindahannya yang murni di sini.

7Gunung Suket

zs-traveling.blogspot.com

Gunung Suket termasuk ke dalam kelompok pegunungan Ijen yang sebetulnya terdiri dari Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Ijen. Gunung Suket memiliki ketinggian 2950 mdpl dan tidak kalah indah dari dua gunung lainnya di pegunungan Ijen.

Kalau kamu mau mendaki, selain harus punya nyali besar, kamu harus punya perisapan yang matang juga. Medan yang harus kamu tempuh untuk sampai di puncaknya tidaklah mudah. Maka Gunung Suket bisa menjadi pilihan tepat jika kamu adalah tipe petualang dan pendaki sejati.

8Guest House Belanda

hipwee.com

Ternyata masih ada sebuah rumah model Eropa di Indonesia. Namanya Guest House Belanda. Ia masuk dalam wisata agro Jampit. Rumah ini memang dulunya pernah dimiliki oleh sebuah keluarga asal Belanda.

Rumah yang bergaya Eropa ini didominasi oleh kayu, seperti nuansa vintage. Di halamannya, ada bunga-bunga cantik yang konon didatangkan langsung dari Belanda. Lokasi ini menghairkan spot-spot menarik untuk mengambil foto.

9Kawah Ilalang

zs-traveling.blogspot.com

Apa yang menarik dari tempat ini? Yap, tumbuhan ilalang. Pemandangan yang tampak seperti dalam film atau lokasi foto di luar negeri. Tempat ini namanya Kawah ilalang.

Kawah ilalang ini berada di sebelah timur Kawah Wurung, Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso. Pesonanya memang terletak pada ilalang tersebut dan luasnya padang ilalang yang terbentang dengan dikelilingi bukit hijau.

Ilalang yang tumbuh subur ini sangat jarang ditemui di tengah kota. Panorama alam yang langka dan sangat memanjakan mata. Jangan lupa juga untuk mengambil foto di tempat ini.

10Air Terjun Niagara Mini

hipwee.com

Sama seperti Stonehenge, kamu tak perlu ke Ontario Amerika hanya untuk melihat air terjun Niagara. Indonesia punya versi mini dari air terjun Niagara. Wah di mana itu? Di Bondowoso dong, tentunya.

Air terjun mini Niagara ini menampilkan keindahan yang tak kalah menawan dari air terjun Niagara di Amerika. Ketinggian air terjun ini bahkan tak sampai 7 meter dan dikelilingi oleh kebun kopi Arabica. Hebat, bukan?

SHARE