Liburan panjang dan wisata ke berbagai tempat yang menyenangkan bersama keluarga adalah hal yang paling ditunggu oleh siapapun. Hal ini karena rutinitas harian yang melelahkan butuh diselingi dengan refresh yang melegakan.

Namun bagi kamu para petualang sejati, liburan untuk sekedar bersenang ria bukanlah pilihan yang menarik. Kamu mungkin akan lebih memilih berbagai tujuan wisata yang menantang sekaligus menghibur.

Beberapa yang sering dilakukan oleh para petualang sejati umumnya mendaki gunung atau menjelajah hutan. Nah, kalau kamu butuh tujuan menantang lainnya, beberapa tempat berbahaya ini bisa jadi pilihat yang tepat.

Selain bisa menghibur, destinasi wisata ini juga sangat menantang dan yang paling penting kamu bisa memamerkan banyak hal untuk menantang teman-temanmu berkunjung ke tempat-tempat berbahaya ini juga.

1Padang Pasir Dasht-e Lut, Iran

aerial.photogrist.com

Inilah salah satu padang pasir terluas di dunia yang mungkin akan membawamu pada dehidrasi parah selama wisata, jika kamu tidak mempersiapkan banyak perbekalan yang mencukupi.

Suhunya dapat mencapai lebih dari 70⁰C, salah satu gurun terkering dan terpanas di dunia. Dasht-e Lut sendiri berarti ‘gandum panggang’, nama ini mengacu pada cerita setempat tentang gandum yang meledak menjadi api di gurun ini.

Sebutan lain pada gurun pasir ini adalah emptiness desert atau gurun pasir kekosongan. Ini seolah membawamu pada kekosongan yang panjang tanpa akhir dan tanpa tujuan selama di padang pasir ini.

2Tristan da Cunha, Inggris Raya

wikipedia.org

Ini adalah sebuah pulau yang sangat terpencil tak berpenghuni. Tidak ada bandar udara di pulau ini, yang ada hanya gunung aktif yang berbahaya. Kamu hanya bisa kesini menggunakan jalur laut.

Musim panas di pulau ini hanya berlangsung pada bulan Maret dan Desember. Selebihnya merupakan musim dingin. Salju bahkan menutupi puncak gunung berapi dengan ketinggian 2.010 meter di pulau ini.

laphamsquarterly.org
laphamsquarterly.org

Namun, jaraknya sejauh 2.800 km dari daratan Afrika, kamu bisa bayangkan sendiri berapa ribu kilometer jaraknya dari Inggris. Pulau ini pertama kali ditemukan oleh Tristao da Cunha, penjelajah asah Portugis pada tahun 1506.

Hal yang unik adalah menurut perhitungan ilmiah kamu bisa menyaksikan gerhana matahari total di pulau ini, pada 5 Desember 2048. Jadi kamu barang kali ingin menabung dari sekarang agar tahun 2048 bisa ke pulau ini.

Kamu bisa merencanakan pendakian ekstrim di gunung berapi pulau ini sekaligus menyaksikan gerhana matahari total yang sangat langka. Hanya terjadi satu kali dalam kurun ratusan tahun.

3Gunung Thor, Kanada

huffingtonpost.ca

Kamu seorang pendaki gunung bernyali? Kamu bisa rencanakan sebuah liburan ke Kanada untuk mendaki gunung Thor ini. Tingginya tidak terlalu istimewa, hanya 1.676 meter. Tergolong rendah dibanding banyak gunung lainnya.

Namun, kamu bisa menguji adrenalin pada tingkat kecuraman gunung yang sangat berbahaya. Sudut vertikal hingga puncak mencapai kemiringan rata-rata 105 derajat. Bagaimana? Masih ingin mencoba menggagahi gunung Thor?

4Air Terjun Angel, Venezuela

getstunned.blogspot.com

Kalau kamu pernah nonton film kartun Up buatan studio Pixar, kamu pasti mengira air terjun ini adalah air terjun impian yang ada pada film tersebut. Film tersebut menceritakan petualangan seorang kakek dengan anak pramuka menuju air terjun surga.

Namun, nyatanya air terjun ini memang merupakan inspirasi pada pembuatan film tersebut. Meskipun tidak sama persis seperti di film, namun kamu tetap bisa merencanakan wisata yang ekstrim ke air terjun Angel ini.

5Gansbaai, Afrika Selatan

sharkzone.co.za

Inilah laut paling bengis di dunia. Pada tahun 1955 diperkenalkan pertama kali cage diving. Menyelam dengan kandang pelindung agar kamu bisa sangat dekat dengan berbagai hewan buas di laut ini.

Namun, banyak juga yang bernyali besar untuk menyelam tanpa pelindung di laut ini. Kalian tertarik menantang hiu-hiu ganas di laut ini? Ini akan jadi liburan yang paling mengancam nyawamu.

Tetapi dijamin kamu akan puas dan ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.