Siapa yang tidak kenal Bogor? Salah satu kota besar di Indonesia yang dijuluki kota hujan.

Bogor merupakan contoh wilayah dengan hutan hujan tropis terluas di Indonesia. Jangan kaget ya, kalau kamu berkunjung ke sana pasti disambut hujan hampir setiap hari.

Tapi, kondisi semacam itu justru menjadi kelebihan bagi Kota Bogor. Bentang alam Bogor terbentuk sangat indah. Itulah sebabnya, Bogor adalah sasaran utama orang-orang yang ingin melarikan diri sejenak dari kepenatan dan sumpeknya suasana kota.

Bogor memang kaya akan wisata alam. Pesonanya nyaris tak pernah pudar di mata penduduk tanah air ini.

Semua orang tahu, Bogor adalah kota yang memukau. Terlebih dengan nuansa puncaknya. Kamu pasti ingin berlama-lama jika sudah menginjakan kaki di tempat tersebut.

Bagi kamu yang berasal dari luar kota, ada banyak hotel dan penginapan khusus disediakan untuk pengunjung. Mulai dari yang harganya ekonomis hingga high class, semuanya tersedia.

Nah, guys. Ada 4 tempat wisata di Bogor yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Pokoknya rugi deh, kalau sampai tidak mampir ke tempat-tempat tersebut. Apa saja tempatnya? Yuk, simak!

1Kebun Raya Bogor

triptrus.com

Ingin melihat aneka flora dan fauna? Di Kebun Raya Bogor lah tempatnya.

Lokasi yang dibuka sejak zaman Kerajaan Sunda Kelapa ini menampung lebih dari 15.000 jenis flora. Hebatnya, Kebun Raya Bogor adalah kebun botani tertua di Asia, guys! Lahan Kebun Raya Bogor luasnya 87 hektar.

sonyawinanda.wordpress.com
sonyawinanda.wordpress.com

Salah satu keunikan di Kebun Raya Bogor yakni adanya pohon kelapa tertua se-Asia Tenggara dan bunga bangkai raksasa yang baunya sangat menyengat. Luar biasa ya, guys!

Kalau sudah sampai di Kebun Raya Bogor, jangan lupa mengunjungi Istana Bogor. Istana tersebut merupakan tempat tinggal presiden.

Tepat di depan istana, terdapat sebuah danau cantik dan jernih. Tak jauh dari danau, ada jembatan gantung yang bagus untuk lokasi pemotretan atau sekedar foto-foto saja.

culturenesia.com
culturenesia.com

Selain itu, di istana ini masih banyak rusa-rusa yang berkeliaran. Kamu bisa memberi makan untuk rusa-rusa tersebut.

Bagaimana? Masih berpikir dua kali untuk pergi ke sana?

2Situ Gede

pensacid.com

Situ Gede cocok untuk kamu yang menyukai wisata air. Situ Gede merupakan sebuah danau kecil atau biasa dinamakan telaga. Meskipun kecil, danau ini menjadi tempat penelitian lho, guys.

Buktinya, di Situ Gede terdapat Center for International Foresty Research atau CIFOR yang merupakan lembaga penelitian bidang kehutanan.

Dengan luas lahan sekitar 6 hektar, Situ Gede mempunyai panorama yang cukup menarik. Kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau.

Danau ini juga cocok untuk dijadikan tempat pemancingan. Jika bosan, cobalah berjalan-jalan menyusuri rimbunan pohon di sekitar Situ Gede.

3Taman Nasional Gunung Pangrango

aries.id

Kalau tempat yang satu ini sangat direkomendasikan untuk yang hobi mendaki gunung. Di kawasan Pangrango banyak terdapat flora dan fauna.

Bagi yang suka bunga edelweis, di Pangrango inilah gudangnya. Bahkan bunga tersebut menjadi maskotnya Taman Nasional Gunung Pangrango.

Selain itu, terdapat lebih dari 200 spesies anggrek, sekitar 150 jenis paku-pakuan, dan tidak kurang dari 870 tumbuhan bunga.

4Kampung Budaya Sindang Barang

gpswisataindonesia.blogspot.com

Bogor tak hanya menyuguhkan wisata alam, ada juga wisata budaya di Kampung Sindang Barang. Kampung tersebut sudah berdiri sejak abad ke-12 dan dijadikan sebagai salah satu keraton Prabu Siliwangi.

Kampung Sindang Barang merupakan kampung budaya yang mempertahankan kearifan lokal, tradisi, dan budaya tradisional Sunda. Di sini kamu bisa menyaksikan berbagai alat musik lokal, seperti angklung dan calung.

Ada juga tari-tarian tradisional yang kerap ditampilkan saat wisatawan berkunjung. Selain itu, ada berbagai macam bangunan rumah tradisional yang pernah diceritakan dalam pantun Bogor pada zaman dahulu.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Bogor. Sempatkan waktu di akhir pekan berekreasi ke tempat-tempat tersebut untuk sekedar menghilangkan rasa penatmu ya.