Kamu mungkin pernah ke Bandung beberapa kali. Kamu mungkin telah mengunjungi pusat keramaian dan kawasan wisata alam di Bandung. Namun, pernahkah kamu mengunjungi wisata di Bandung yang edukatif?

Nah, berikut beberapa tempat wisata di Bandung yang sangat edukatif dan tepat untuk liburan keluarga bersama anak-anak kamu.

1Bandros

wiranurmansyah.com

Hal yang pertama bisa kamu lakukan bersama anak-anak adalah mengelilingi Bandung dengan Bandros. Bandros adalah semacam bus tingkat dua yang merupaka singkatan dari Bandung Tour on Bus.

Bandros ini telah beroperasi sejak tahun 2014, tepatnya pada malam tahun baru 2014. Terdapat 3 warna Bandros, merah, biru, dan kuning, dengan model menyerupai bus double-decker yang terkenal di London.

Nah, kapasitas Bandros kurang lebih sekitar 40-50 orang. Tingkat bawah dapat diisi 12 orang dan tingkat atas diisi 24 orang. Pada tingkat bawah dapat diisi juga oleh penumpang yang bersedia untuk berdiri selama tur.

infobdg.com
infobdg.com

Bandros beroperasi setiap hari mulai pukul 8 pagi dan hanya libur di hari jumat.  Rute yang dilewati adalah Alun-alun – Jalan Banceuy – Jalan Braga – Jalan Lembong – Jalan Sunda – Jalan Banda – Jalan Diponegoro – Jalan Dago – Jalan Kepatihan.

Nah, selama perjalanan kamu akan ditemani pemandu wisata yang akan menjelaskan banyak hal tentang Bandung dengan cara yang seru, lucu dan dijamin tidak membosankan. Tiketnya? Bisa dibeli di Alun-alun Bandung, harganya hanya Rp 10.000.

2Rumah Stroberi

candraina.blogspot.com

Nah, kalau sudah bosan keliling Bandung, kamu bisa ajak keluarga untuk memetik stroberi di Rumah Stroberi. Lokasinya ada di jalan 145 Cigugur Girang Parongpong, Bandung.

Selain memetik stoberi, tempat wisata di Bandung yang satu ini juga menyediakan area bermain yang seru untuk anak-anak. Tentu saja ada juga tempat makan degan berbagai menu khas Sunda hingga menu khas Eropa.

dherdian.wordpress.com
dherdian.wordpress.com

Kamu juga tidak perlu khawatir soal penginapan karena disini juga tersedia berbagai penginapan seperti Boutique Villa, Rumah Cina, Rumah Jepang, Swiss Villa, Rumah Maroko, dan Joglo Villa.

3Bosscha Obsevatory

learndev.org

Nah, di tahun 2016 ini sangat tepat kalau kamu ajak anak kamu ke Bosscha Obsevatory. Karena menurut perhitungan berbagai ahli, gerhana matahari total akan terjadi pada 9 Maret 2016.

Kamu bisa mengunjungi Bosscha Obsevatory bersama keluarga langsung pada saat terjadi gerhana matahari total. Terdapat opsi program kunjungan yaitu kunjungan siang dan kunjungan malam.

heppytourindonesia.blogspot.com
heppytourindonesia.blogspot.com

Untuk melakukan kunjungan perorangan atau keluarga, terdapat jadwal tertentu. Kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Detil cara reservasi tersedia di laman website Bosscha Obsevatory.

4Taman Kupu-Kupu

tantriwandansari.blogspot.com

Taman kupu-kupu Cihanjuang ini juga sering disebut sebagai Butterfly Square. Dalam area wisata di Bandung seluas 1.800 m2 ini terdapat koleksi lebih dari 35 jenis kupu-kupu.

travel.detik.com
travel.detik.com

Harga tiketnya cukup murah, hanya Rp 10.000. Kamu juga dapat berbelanja souvenir dan pernak-pernik khas kupu-kupu di toko souvenir. Lokasinya di jalan Cihanjuang No. 58, Cibaligo, Cimahi, Kab. Bandung Barat.

5Saung Angklung Udjo (SAU)

angklung-udjo.co.id

SAU ini memiliki sejarah yang panjang, sejak tahun 1966, Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati mendirikan sanggar kesenian Sunda. Lokasinya ada di jalan Padasuka 118, Bandung.

Tentu saja di sini ada akademi seni untuk anak-anak. Kamu juga bisa dapatkan berbagai souvenir di toko souvenir. Selain itu, kamu bisa langsung melihat produksi pembuatan angklung oleh Mang Udjo.

angklung-udjo.co.id
angklung-udjo.co.id

Ada juga banquet atau diorama kampung Sunda dalam berbagai bentuk simbol aktivitas orang Sunda. Nah, kalau kamu beruntung kamu juga dapat menyaksikan pertunjukkan angklung oleh anak-anak di SAU ini.