Kamu tahu wilayah Berau?

Berau memiliki laut yang biru berkilau, dan hutan lebat yang belum terjamah masin dan manusia-manusia rakus. Meskipun ada industri batubara di sana namun alam Berau cukup terjaga. Hutan-hutannya hijau terpelihara, alam, manusia, budayanya sangat ramah, dan indah.

Berau merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Kalimantan Timur dengan Tanjung Redeb sebagai Ibukotanya. Jangan bayangkan jalanan di Tanjung Redeb ramai oleh lalu lalang kendaraaan. Jalanannya justru lengang, berkelok-kelok, dan naik turun.

1Suku Dayak

beritagar.id

Di dalam hutan, tinggal sebuah suku yang menjadikan sungai sebagai sumber kehidupan mereka. Rumah-rumah Suku Dayak bertempat di perbukitan dan tepi aliran sungai. Suku Dayak betul-betul hidup bergantung dari alam.

Hulu Sungai Kelay merupakan wilayah Kabupaten Berau yang berada di sekitar aliran sungai Kelay bagian Hulu dan dihuni setidaknya oleh 4 suku dayak (Punan/Mabna, Gaai, Lebo, dan Kenyah).

Jarak tempuh dari Tanjung Redep (ibukota Kab. Berau) sekitar 4-6 jam jalan darat (tergantung cuaca dan kualitas jalan atau sekitar 6-10 jam melalui sungai Kelay dengan perahu ketinting.

2Konservasi Laut

beritagar.id

Di kepulauan dengan luas wilayah konservasi laut sekitar 1.270.000 ha ini terdapat 460 jenis terumbu karang yang tersebar luas.

Pantas di kepulauan ini terdapat wilayah konservasi karena di dalam lautnya terdapat 870 jenis ikan yang beberapa spesiesnya dilindungi, seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, dan ikan barakuda.

Kekayaan sumberdaya laut Kabupaten Berau merupakan karunia yang tak terelakkan karena posisinya di dalam kawasan Pusat Segitiga Karang Dunia (Coral Triangle Centre) yang mengandung lebih dari 460 spesies karang.

beritagar.id
beritagar.id

Hal tersebut berhasil menempatkan perairan laut Berau menjadi perairan laut tertinggi ketiga di dunia dalam hal tingkat keanekaragaman karang setelah Kepulauan Solomon dan Raja Ampat.

beritagar.id
beritagar.id

Selain itu, Kawasan Konservasi Laut (KKL) Berau mempunyai beberapa karakteristik yang menonjol, seperti keberadaan danau air laut di Pulau Kakaban, tempat makan dan bertelur penyu, dan kondisi hutan mangrove yang disebut-sebut terbaik di Kalimantan.

3Danau di Pulau Kakaban

beritagar.id

Di Beraulah, pintu masuk menuju surga terapung bernama Derawan. Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Pulau Derawan merupakan dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° – 11° dengan lebar 13,5 – 20 meter.

Di sana ada pantai pasir putih dan Pulau Kakaban yang terkenal dengan danau air payaunya. Di danau tersebut, ada ratusan ubur-ubur yang kehilangan daya sengatnya, sehingga aman sebagai tempat untuk menyelam.

Air di danau ini rasanya tawar, padahal Pulau Kakaban berada di tengah lautan. Satu-satunya danau yang serupa dengan Kakaban, hanya ada di Palau. Palau adalah sebuah Negara kepulauan Mikronesia, 1.000 km di timur Filipina.

4Daya Tarik Lain dari Pulau Derawan

beritagar.id

Di pulau ini, ada air terjun yang bersih, dingin, dan sejuk. Air terjun tersebut terletak di Teluk Sambang. Dari pinggir Teluk Sambang menuju air terjun hanya memakan waktu 15 menit dengan berjalan kaki.

Pemandangan air terjun yang ditawarkan sangat mempesona. Jangan sampai kamu lewatkan keindahan air terjun yang menawan ini ketika berkunjung. Pada tahun 2005, Kepulauan Derawan dicalonkan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

beritagar.id
beritagar.id

Derawan memiliki pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Pada musim panas, di Labuhan Cermin, Biduk Biduk, Berau, muara sungainya akan menampakkan air yang sangat jernih, dengan pasir putih bersinar terang di dasar sungai. Apalagi jika matahari sedang terik-teriknya.