www.ezroadtrips.com

5 Wisata di Sleman Ini Sangat Sangat Sayang untuk Dilewatkan

Posted on

Yogyakarta adalah surganya tempat wisata. Beragam wisata sangat lengkap dan komplit di Kota Pelajar ini. Geografis Yogyakarta menyuguhkan keindahan alam yang sangat beragam.

Mulai dari wisata gunung yang dingin sampai pantai pasir putih yang indah ada di propinsi yang diperintah seorang raja ini.

Wisata belanja sangat lengkap, mulai dari yang tradisional hingga mal modern. Apalagi wisata budaya yang masih sangat terjaga.

Tak hanya itu, Yogyakarta sebagai kota sejarah menawarkan banyak peninggalan purbakala yang sangat menarik. Beragam candi, keraton hingga masjid-masjid tua bisa kamu temui.

Nah, khusus di wilayah Kabupaten Sleman, Yogyakata ada belasan tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kalau berkunjung ke Yogyakarta.

Mulai dari wisata museum, alam, peninggalan sejarah tersedia di Sleman. Nah berikut ini daftar tempat wisata di Sleman yang wajib kamu kunjungi.

Candi Prambanan

www.1001malam.com
www.1001malam.com

Candi yang satu ini sudah sangat terkenal. Kamu juga pasti tahu nama candi Hindu terbesar di Indonesia ini.

Kalau ke Yogyakarta tanpa mampir ke Candi Prambanan rasanya kurang lengkap. Apalagi letaknya yang tidak jauh dari bandara.

Candi ini masih terawat. Lewat cerita legenda yang berkembang, candi ini juga dikenal dengan candi sewu. Letaknya yang berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Yogyakarta dan Jawa Tengah membuat Candi Prambanan sangat strategis.

Candi Prambanan memang secara administratif berada di dua wilayah Propinsi. Yakni Daerah Istimewa Yogyakatya dan Jawa Tengah.

Tiket masuknya pun cukup murah. Tempatnya luas dengan cerita peninggalan dan legenda yang masih terus diulas. Berbagai suvenir, tempat makan dan belanja oleh-oleh juga tersedia di sekitar candi.

Candi Prambanan bahkan sudah masuk dalam situs yang dilindungi UNESCO karena ditetapkan sebagai warisan budaya dunia.

Candi Boko

galuhdaridesa.wordpress.com
galuhdaridesa.wordpress.com

Tak jauh dari Candi Prambanan, Candi Boko berada di atas bukti setelahnya. Nah, saat kamu ada di Candi Prambanan, kamu bakal ditawari tikt terusan apakah termasuk ingin sekalian ke Candi Boko.

Cukup membayar tiket terusan, kamu akan diantar dari Candi Prambanan ke Candi Boko. Candi Boko ini sebenarnya lebih berupa peninggalan kerajaan Boko.

Tempatnya di atas bukit membuat candi ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Terlebih jika saat sunset atau sunrise.

Kerap pelancong yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit atau tenggelam sengaja naik ke Candi Boko.

Sebagai bekas peninggalan kerajaan, kamu bisa melakukan napak tilas tempat-tempat apa saja yang dulu digunakan oleh Kerajaan Boko.

Selain untuk wisata, Candi Boko juga biasa digunakan untuk bumi perkemahan. Jadi Candi Boko tak pernah sepi. Namun menawarkan sebuah nuansa yang sunyi. Cocok bagi kamu yang ingin melakukan refleksi.

Candi Kalasan

www.photodharma.net
www.photodharma.net

Yogyakarta memang gudangnya candi. Tak jauh dari Candi Prambanan dan Candi Boko terdapat satu candi lagi yang cukup besar yakni Candi Kalasan.

Meski cukup dekat dengan Candi Prambanan, Candi Kalasan memang tak seramai Candi Prambanan dan Candi Boko.

Candi ini terletak di Jl. Raya Yogya Solo Km 14 Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak seperti Candi Prambanan yang bercorak Hindu, Candi Kalasan adalah Candi Budha.

Kaliurang

kukhuheka.blogspot.com
kukhuheka.blogspot.com

Mau wisata ke daerah yang dingin dengan beragam pilihan villa yang cukup murah. Kaliurang adalah tempatnya.

Kamu cukup menyusuri Jalan kaliurang yang bermula dari kompleks Kampus UGM, ke atas hingga ujung. Kaliurang adalah daerah dingin yang merupakan lereng Gunung Merapi.

Gunung Merapi adalah gunung yang sangat aktif di Pulau Jawa. Daerah Kaliurang selain menawarkan daerah dingn juga menawarkan kuliner yang khas yakni jadah tempe dan sate kelinci.

Daerah Kaliurang sering digunakan untuk rapat-rapat, camping. Ada juga taman wisata yang menawarkan tontonan monyet liar sehingga kamu bisa memberi makan monyet-monyet tersebut.

Ada juga air terjun yang indah, untuk kamu nikmati bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Monumen Yogya Kembali

sketsabudaya.blogspot.com
sketsabudaya.blogspot.com

Monumen bersejarah ini berada di wilayah Monjali, Sleman. Monumen Jogja Kembali biasa dikenal dengan nama singkatannya yakni Monjali.

Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa-jasa pahlawan. Utamanya mereka yang gugur di serangan umum 1 Maret 1949. Berbagai miniatur tentang sejarah nasional utamanya era kemerdekaan bisa kamu lihat disini.

Saat ini Monjali juga dilengkapi dengan Taman Lampion sehingga saat malam bisa sangat berwarna-warni.

[td_smart_list_end]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *