Jika sebelumnya, kamu sudah diajak mengenal beberapa lokasi wisata tersembunyi di wilayah Jawa Barat dan beberapa wilayah lain di Indonesia, maka sekarang kamu harus tahu kalau di Tasikmalaya juga ada tempat wisata seru.

Tasikmalaya digelari dengan julukan Delhi van Java, bukan karena orang Tasik jago goyang India, melainkan karena topografi geografisnya yang berbukit-bukit dan pemandangan alamnya yang tampak asri.

Mutiara dari Priangan Timur ini pantas sekali menjadi tujuan liburanmu bersama keluarga. Memang di mana saja tempat yang keren di Tasikmalaya?

1Gunung Galunggung

sanutra.com

Jika Kuningan Jawa Barat punya Gunung Ciremai yang menjadi gunung paling tinggi di Jawa Barat, maka Tasikmalaya juga punya Gunung yang tak kalah keren.

Adalah Galunggung, gunung berapi paling aktif di tanah Sunda. Kamu bisa menjelajah gunung ini melewati pintu masuk atau gerbang yang letaknya di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya. Jaraknya sekitar 17 km dari pusat kota Tasik.

Gunung Galunggung memiliki ketinggian 2.167 mdpl, punya 620 anak tangga yang akan membantumu sampai ke atas. Gunung Galunggung memang sudah menjadi kawasan wisata seperti Gunung Tangkuban Perahu maupun Gunung Kelimutu.

Kamu bisa camping di pinggiran kawahnya, dan menemukan lokasi pemandian air panas di sekitar kaki gunung.

2Pantai Cipatujah

adit.besaba.com

Kalau ada hulu, maka tak lengkap rasanya kalau tak ada hilir. Nah, di Tasik juga ada pantai di pesisir selatan yang elok nian. Salah satunya adalah Pantai Cipatujah yang luas sekali.

Konon, pantai cipatujah memiliki garis pantai terluas di pantai selatan. Maka ketika ke sini, kamu akan melihat hamparan pantai membentang sejauh mata memandang seperti tanpa batas.

Kamu harus menempuh perjalanan sejauh 74 km dari pusat kota menuju Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah. Kalau khawatir pulang kemalaman, tenang saja, di sekitar lokasi ada bermacam fasilitas bagi wisatawan, seperti penginapan, serta warung makan.

3Pantai Sindangkerta

omguguh.wordpress.com

Selain Pantai Cipatujah, ada juga Pantai Sindangkerta yang terletak di Desa Cikawugading. Jarak tempuhnya 4 km ke arah timur Pantai Cipatujah.

Tahu penyu hijau? Nah, pantai ini sangat istimewa karena menjadi tempat bertelurnya penyu hijau yang langka. Kalau sedang beruntung, kamu bisa menyaksikan pelepasan tukik ke laut lepas. Pemandangan yang pasti sulit kamu dapatkan di daerah perkotaan.

Pantai ini punya taman laut, yaitu Taman Lengser yang luasnya mencapai 20 ha. Taman laut ini berupa karang datar di mana kamu bisa mengamati beraneka biota laut saat permukaan air pantainya surut.

4Curug Dengdeng

explorejabar.com

Gunung sudah, pantai juga sudah. Sekarang kita menuju ke sebuah air terjuan bernama Curug Dengdeng yang terletak di Kampung Caringin, Desa Cikawung Gading. Curug artinya air terjun.

Curug ini menawarkan panorama bertingkat yang indah sekali. Tak perlulah jauh-jauh ke luar negeri kalu cuma ingin melihat air terjun yang indah. Di Indonesia banyak. Di sini salah satunya.

Kamu harus menempuh waktu 3 jam, sepanjang 90 km dari pusat kota Tasik untuk sampai ke tempat ini. Selanjutnya, kamu masih harus trekking atau jalan menanjak selama 30 menit melewati perkebunan.

5Curug Ciparay

firdauusr.blogspot.com

Keelokan Curug Ciparay ini sangat tersembunyi. Curug ini berada di Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang. Ada juga air terjun kembar lain di Indonesia selain di Situbondo, yaitu di sini.

Curug kembar ini dikelilingi tebing-tebing hijau di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari, sehingga pemandangannya makin megah dan menawan.

Kamu harus menempuh perjalanan sejauh 30 mm dari Tasikmalaya, melewati jalan berkelok-kelok, lalu jalan kaki lagi sejauh 2 km (30 menit).

6Situ Sangiyang

iwisataindonesia.com

Kamu harus berkendaraan sejauh 25 km dari pusat kota Tasikmalaya ke Desa Cibalanarik dan Desa Cilolohan, Kecamatan Tanjungjaya. Mengapa?

Karena di tempat itu ada danau yang tenang, sederhana, dan mempesona. Namanya danau Situ Sangiyang.

Selalu ada warga setempat yang memancing atau menjaring ikan di Situ Sangiyang. Kamu bisa bertegur sapa, sekaligus menikmati danau yang jauh dari hiruk pikuk ini.

7Situ Gede Tasikmalaya

editangue.blogspot.com

Selain Situ Sanghiyang, ada juga Situ Gede menjadi salah satu ikon pariwisata Delhi van Java. Situ ini berada di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi. Lokasinya dekat dari pusat kota.

Kamu bisa berkeliling dengan perahu atau rakit yang disewakan di pinggir danaunya. Nikmatilah pemandangan hijau di sekitar danau, menyingkir sejenak dari keramaian kota.

8Kampung Naga

id.wikipedia.org

Coba jadwalkan juga untuk datang ke Desa Neglasari, Kecamatan Salawu. Kamu akan menemukan sebuah perkampungan tradisional bernama Kampung Naga yang berada di daerah lembah, dikelilingi perbukitan hijau asri.

Ada rumah-rumah sederhana dari bambu dan kayu, beratap daun nipah. Belum lagi masyarakatnya yang sangat menjunjung tinggi adat peninggalan karuhun atau leluhur. Semakin lengkap kemurnian lingkungan pedesaan ini dari serangan zaman.

Di Kampung Naga, masyarakatnya tetap bisa hidup harmonis dengan alam dan sesamanya lho, walaupun di kampung ini tidak ada listrik sama sekali, termasuk peralatan elektronik.

Kampung ini juga punya ritual unik yang belum banyak diangkat media. Ritualnya bernama Hajat Sasih. Dilakukan untuk memohon berkah dan keselamatan kepada leluhur Kampung Naga. Tak lupa juga ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Esa atas segala nikmat-Nya..