pecintawisata.wordpress.com p

8 Destinasi Wisata di Jakarta Pusat yang Kental dengan Nilai Sejarah

Posted on

Ibu kota Indonesia, orang menamakannya sebagai kota metropolitan. Sebuah kota besar yang disibukkan dengan segala aktivitas dari berbagai suku yang mendudukinya. Kota ini bernama Jakarta. Di mana banyak politisi dan artis ibu kota yang tinggal di sana.

Mungkin kamu pernah mengunjungi kota yang terkenal dengan kemacetannya ini. Lalu, apa yang kamu lakukan ketika berkunjung disana? Apakah dalam rangka kunjungan kerja atau berwisata?

Meski padat dengan para pekerja kantoran, kota ini pun banyak memiliki wisatawan. Di Jakarta khususnya Jakarta Pusat, ada beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi.

Terlepas dari kepadatan penduduk di kota ini, Jakarta tetap kota dengan penuh sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Mari kita lihat, tempat wisata seperti apa yang bisa kamu kunjungi ketika menginjakkan kaki ke Jakarta Pusat.

Monumen Nasional

travelinghematnusantara.wordpress.com
travelinghematnusantara.wordpress.com

Trademark terkenal dari Jakarta ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak diincar oleh wisatawan. Tugu setinggi 132 meter ini memiliki puncak seperti kobaran api yang dilapisi emas.

Monumen Nasional ini berada di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Kamu bisa lho melihat-lihat pemandangan Kota Jakarta dari puncak Monas.

Selain itu, kamu bisa mengunjungi museum yang berisi diorama, mendengar rekaman proklamasi, serta melihat relief sejarah Indonesia.

Masjid Istiqlal

simas.kemenag.go.id
simas.kemenag.go.id

Jangan hanya menghabiskan waktu untuk jalan-jalan di pusat perbelanjaan saja guys. Sekali-kali berkunjunglah ke Masjid Istiqlal untuk wisata rohani. Masjid terbesar se-Asia Tenggara ini ramai sekali dikunjungi oleh para wisatawan.

Entah itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Masjid ini mampu menampung sekitar 200.000 orang. Menara yang berada di atas masjid memiliki tinggi mencapai 90 meter dengan diameter kubah selebar 45 meter.

Museum Taman Prasasti

erizaopinion.wordpress.com
erizaopinion.wordpress.com

Jika ingin mengunjungi Museum Taman Prasasti, kamu bisa pergi ke Jalan Tanah Abang No.1, Jakarta Pusat. Museum ini merupakan peninggalan Belanda yang dahulu dipakai sebagai makam, sehingga tempat ini menimbulkan kesan angker.

Museum Sumpah Pemuda

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Museum Sumpah pemuda merupakan sebuah museum dengan koleksi mencapai 3.000. Museum ini berada di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat.

Sebagai museum bersejarah yang berhubungan erat dengan peristiwa sumpah pemuda, museum ini cocok untuk dijadikan wisata sejarah guys.

Jadi, jangan lupa untuk menambahkan Museum Sumpah Pemuda di daftar tujuan wisata yang harus kamu kunjungi ketika berada di Jakarta Pusat.

Taman Ismail Marzuki

jogjareview.net
jogjareview.net

Tempat yang dibangun untuk menampung berbagai macam kegiatan seni dan budaya ini berada di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Taman Ismail Marzuki memiliki sebuah planetarium yang akan membawamu untuk melihat benda-benda langit.

Segala macam kegiatan yang berhubungan dengan seni dan budaya seringkali diadakan di Taman Ismail Marzuki, diantaranya adalah pertunjukan drama, tari, puisi, film, lukisan, maupun wayang.

Tugu Proklamasi

pecintawisata.wordpress.com p
pecintawisata.wordpress.com p

Tugu Proklamasi merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki daya tarik sendiri di Jakarta Pusat. Banyak orang menyebutnya sebagai Tugu Petir. Tempat  ini dijadikan simbol peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Tugu ini berada di Jalan Proklamasi dan sering menjadi tempat untuk menyuarakan isi hati rakyat.

Pasar Baru

blao-tukangkaos.blogspot.com
blao-tukangkaos.blogspot.com

Pusat perbelanjaan yang ada sejak tahun 1820 ini merupakan kawasan perdagangan yang paling tua di Jakarta. Toko-toko yang berdiri di kawasan ini memiliki desain layaknya bangunan di Eropa dan Cina.

Banyak sekali barang yang dijajakan di sini, mulai dari pakaian, sepatu, alat olahraga, makanan, dan lain-lain. Barang disini bisa dibeli secara grosir dengan harga yang “miring” tentunya. Jadi, jangan lewatkan berburu oleh-oleh di Pasar Baru, Jakarta Pusat ini guys.

Museum Nasional

www.pegipegi.com
www.pegipegi.com

Berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, museum yang memiliki nama lain sebagai Museum Gajah ini menjadi tempat wisata kenamaan di Jakarta. Tempat yang mengedukasi ini berisikan koleksi yang berupa peninggalan sejarah Indonesia.

Beberapa koleksi yang ada di Museum Nasional berupa prasasti, tekstil, alat musik, patung, perhiasan kuno, wayang kulit, tengkorak manusia purba, dan lain-lain. Menurut pengelola museum, koleksi yang ada saat ini berjumlah lebih dari 140.000 barang.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *