Kalau bulan Ramadhan hampir berakhir dan akan datang hari raya idul fitri, yang dilakukan masyarakat Indonesia adalah mudik.

Bagi yang pulang kampung ke daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur, biasanya melewati jalur pantura. Pantura juga kerap menjai pilihan jalur mudik bagi daerah tujuan lain yang sejalur.

Tentu selama perjalanan ini sangat melelahkan. Sayang sekali kalau kamu naik kendaraan pribadi melewati jalur pantura tapi tidak sekalian mampir mengunjungi lokasi wisata yang ada di wilayah tersebut.

Memang ada tempat wisata apa saja?

1Batik Trusmi

klikhotel.com

Tak ada salahnya kamu mampir untuk membeli cindera mata dulu atau oleh-oleh sebelum pulang kampung. Ada Kampung Batik Trusmi di Cirebon. Lokasinya tak jauh dari jalan tol Palimanan–Kanci.

Motif Mega Mendung yang asli Cirebon ini banyak dicari lho. Coba deh beli satu atau dua untuk orang-orang kesayanganmu.

Oh ya, tempat ini juga pas sekali untuk mengganjal perut ketika tiba-tiba lapar di jalan. Ada bermacam kuliner serta jajanan khas Cirebon, seperti nasi lengko berisi sayur-sayuran, nasi jamblang yang disajikan di atas daun jamblang dan empal gentong, serta tahu gejrot asli Cirebon.

2Pantai Alam Indah

ragamtempatwisata.com

Kalau belum puas hanya mengunjungi tempat oleh-oleh, cobalah mampir sebentar ke sini ketika melewati daerah Tegal.  Pantai Alam Indah akan membantumu melepas lelah meski hanya sejenak.

Pantai ini menjadi ikon wisata kota Tegal lho. Jangan lupa ambil foto sebanyak-banyaknya ya. Nikmati keindahan pantai ini sambil berjalan menyusuri pesisirnya. Apalagi kalau sudah masuk waktu senja. Indah sekali!

Ombaknya juga relatif aman digunakan untuk bermain air laut. Maka kamu bisa membawa anak-anak jika kemari. Ada juga sejumlah fasilitas seperti waterboom, kereta kuda, sepeda, serta arena bermain anak.

3Museum Batik Pekalongan

it.avatar-nusantara.com

Kamu melewatkan dua tempat wisata di atas pada awal perjalanan? Jangan sedih. Di perhentian selanjutnya yaitu Kota Batik, kamu bisa menikmati wisata pantai serta berbelanja oleh-oleh batik otentik. Namanya kota Pekalongan.

Di kota ini juga ada Pantai Pasir Kencana yang pas sekali untuk piknik keluarga. Pantainya juga dekat sekali dengan pusat kota. Pas!

Di Kota Batik, kamu bisa menikmati koleksi batik yang dipamerkan di Museum Batik. Museum ini beralamat di Jalan Jetayu No.1, Pekalongan.

Museum batik menampung ratusan koleksi, mulai dari yang kuno sampai modern. Corak dan karakternya juga macam-macam. Jangan lupa mampir juga ke Kampung Batik Kauman untuk berbelanja kerajinan kain bercorak khas Pekalongan.

4Interior Masjid Agung Jawa Tengah

travelerien.com

Setelah Pekalongan, kamu akan memasuki daerah Semarang, yaitu Ibukota Jawa Tengah. Sempatkan sebentar untuk mengunjungi bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda, yaitu Lawang Sewu.

Setelah lawang sewu, cobalah singgah juga untuk beribadah dan istirahat di Masjid Agung Jawa Tengah yang terkenal sangat megah. Arsitekturnya begitu memukau. Inilah masjid terbesar di Jawa Tengah yang berada di kota Semarang.

5Goa Maharani di Lamongan

youtube.com

Ketika kamu sudah sampai di Lamongan, lewatilah daerah pesisir utara untuk mampir ke Maharani Zoo & Goa Lamongan alias Mazola.

Asyik lho. Di sini kamu bisa bercengkerama dengan satwa-satwa penghuni kebun binatang, sekaligus menjelajahi goa alam paling menakjubkan di Lamongan, yaitu Goa Maharani.

6Telaga Ngipik

anakui.com

Tahukah kamu kota Gresik? Kota ini adalah salah satu kawasan industri paling sibuk di Jawa Timur, seperti Banten, yang terkenal panas dan sumpek.

Tapi, kota ini ternyata menyimpan satu keistimewaan tersendiri. Ada sebuah oase berupa ruang terbuka hijau dan panorama telaga yang menawan di tengah kota Gresik.

Kawasan ini bernama Telaga Ngipik yang kerap dimanfaatkan warga untuk istirahat sejenak dengan melakukan aktivitas memancing atau sekadar berjalan-jalan. Telaga cantik ini adalah bekas galian tambang pabrik semen lho.

7Monumen Kapal Selam Surabaya

wordpresssea-devimawarni.rhcloud.com

Ketika sampai di Surabaya, jangan lupa juga untuk menjelajahi isi kapal selam betulan di Monumen Kapal Selam.

Kapal selam raksasa yang kamu lihat nanti bukanlah kapal selam yang sedang beroperasi, melainkan kapal selam yang udah pensiun. Nama kapal selamnya KRI Pasopati 410.

Kapal ini merupakan kapal selam buatan Rusia yang mengabdi pada Angkatan Laut RI sejak tahun 1962. Besar sekali ya kapalnya.

Kamu bisa melihat isi kapal selam ini, dan juga menyaksikan video dokumenter yang menceritakan sejarah KRI Pasopati 410 serta Angkatan Laut RI.

SHARE