Sidoarjo mungkin bukan kota yang terkenal di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Sudah banyak sekali memang kota-kota yang lebih bagus dari kota Sidoarjo, tapi bukan berarti kota ini tidak ada tempat wisatanya.

Kota yang terkenal dengan udang dan bandengnya ini memang belum dikenal oleh banyak orang, karena memang wisata disana kalah tenar dengan udang. Padahal kalau dicermati wisata disana juga bagus dan banyak beraneka macam produk kerajinan tangan.

Sidoarjo juga  memiliki berbagai potensi diantaranya seperti industri dan perdagangan, pariwisata usaha kecil dan menengah. Nah, buat kamu ketika jalan-jaan ke Jawa Timur jangan sampai terlewatkan ya untuk mampir ke kota Sidoarjo.

Beberapa potensi di bawah ini pasti bikin kamu ingin mampir, yuuk disimak.

1Pantai Kepetingan

iwantantomi.wordpress.com

Wisata ini berada di Desa Sawohan kecamatan Buduran. Tempat ini layaknya seperti di pulau luar jawa, seperti kalimantan dan papua.

Pantai yang harus di susuri dengan perahu ini sangat menarik bagi kamu jika ingin menikmati suasana ketenangan, di temani dengan semak belukar seperti rawa, kicau burung dan air yang tenang akan bikin kamu adem ayem.

setelah naik perahu, kamu akan disuguhi pantai yang cukup indah, yang biasanya ramai di akhir pekan apalgi di upacara adat disana.

2Delta Fishing

r1sthree.wordpress.com

Kamu yang suka dengan memancing, disinilah tempat kecakapanmu akan teruji. Ikan yang ada di sana ada beberapa jenis, yaitu mujaer, bandeng, gurami, nila dan bawal.

Pemancingan yang di bermacam-macam ikan ini juga dilengkapi oleh fasilitas kolam renang anak, outbond dan flying fox, yang dimana justru fasilitas itu lah yang membuat ramai pengunjungnya di akhir pekan.

Kamu siap jatuh ke air dan berenang bersama ikan? disinilah tempat yang tepat guys.

3Kampoeng Batik Jetis

evelineseva.wordpress.com

Tidak hanya kota solo, jogja atau kota budaya lain yang punya khas batik, Sidoarjo juga punya lho. Khas batik Sidoarjo juga tidak kalah dengan batik lain, muali dari kualitas, corak dan harga. Batik dengan motif burung merak yang menjadi ciri khas batik asli Sidoarjo.

Tempat yang tepatnya di jalan Diponegoro Sidoarjo ini, kamu juga bisa melihat proses dan cara pembuatan batik, kamu juga bisa belajar kok.

4Pulau Sarinah dan Wisata Bahari Telocor

disporabudpar.sidoarjokab.go.id

Salah satu pantai yang cukup indah di Sidoarjo adalah Pantai Telocor dimana ada  yang namanya Pulau Sarinah yang merupakan pulau baru hasil dari sedimentasi Lumpur Lapindo.

Terletak di Desa Kedungpandan kecamatan Jabon, tempat wisata ini tidak bisa dilewatkan begitu saja, hijaunya tanaman bakau bakal menyegarkan mata kamu.

Disana kamu bisa menikmati dengan naik perahu yang akan diterpa ombak kecil dan pasti bikin adrenalin kamu naik. Ingin mencoba guys? kesini dunk.

5Hamparan Lumpur Lapindo

yukkitasepedaan.wordpress.com

Bencana lumpur lapindo sekarang juga jadi tempat wisata lho, di atas tanggul disana kamu bisa menikmati sunset dan sunrise layaknya seperti di pantai.

6Sentra Tas Tanggulangin

desakludansidoarjo.blogspot.com

Buat kamu yang membeli tas berkualitas dengan harga yang terjangkau kamu bisa mampir ke sentra tas Tanggulangin.

7Museum Mpu Tantular

kekunaan.blogspot.com

Museum ini cukup terkenal di provinsi Jawa Timur, rata-rata pengunjung terbanyak disana adalah pelajar sekolah, yang dimana mereka selain berwisata juga bisa belajar sejarah jaman dahulu.

Museum ini berisi mulai dari koleksi emas, etnografi, numismatik, geologi, biologi hingga seni rupa pada abad ke-14.

 

SHARE