Surabaya atau yang biasa kita kenal sebagai Kota Pahlawan memang memiliki banyak ke-khas-an yang dijamin membuat kita betah berlama-lama atau akan merindukannya untuk kembali datang lagi ke sana.

Selain memiliki banyak tempat bersejarah dan juga merupakan Kota Pendidikan, ternyata Surabaya juga bisa disebut Syurga Kuliner. Memang tak berlebihan jika disebut seperti itu, karena di Kota ini banyak kuliner-kuliner enak yang sayang untuk tak dicoba.

Berikut ini adalah beberapa macam kuliner yang biasanya menjadi favorit para Arek Suroboyo atau Pelancong di Kota Pahlawan tersebut.

1Bebek Palupi

3.bp.blogspot.com

Namanya saja sudah unik. Bagaimana ada seekor bebek bernama Palupi? Eits, ternyata itu bukan nama seekor bebek, lho! Namun Bebek Palupi adalah sebuah tempat kuliner favorit yang ada di Surabaya.

Bebek Palupi adalah sebuah warung makan dengan menu utama nasi berlauk bebek goreng. Warung ini terletak di Jl. Raya Rungkut Asri Tengah no. 10. Kalau kata orang setempat, Arek Suroboyo yang tidak tahu tempat ini berarti kuper.

Selain dengan menu andalan bebek goreng, warung ini juga menyediakan macam-macam lauk seperti ayam goreng, lele, tempe, dan tahu.

2Nasi Campur Tambak Bayan

marimangan.files.wordpress.com

Bagi kamu penggemar nasi campur dan sedang atau memang bermukim di Surabaya, jangan sampai melewatkan kunjungan ke tempat kuliner yang satu ini. Warung nasi campur ini bernama Nasi Campur Tambak Bayan.

Menu andalan warung yang berlokasi di Jl. Pasar Besar Wetan no. 7 Surabaya ini adalah nasi campur empal. Menu tersebut merupakan gabungan dari nasi, telur, soun, tahu, daging sapi, dan beberapa potong empal.

Dengan rasa menunya yang khas dan nikmat, warung ini selalu menjadi tempat favorit yang sayang untuk tidak dikunjungi saat berada di Surabaya.

3Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih

api.ning.com

Sate kelopo? Maksudnya bagaimana itu?

Ternyata kuliner yang satu ini bukanlah merupakan kelapa yang dibakar seperti kita kira. Namanya memang unik dan membuat kita pasti tertarik untuk mampir ketika membaca papan warungnya.

Kuliner ini memiliki menu khas daging yang dibumbui oleh parutan kelapa di atasnya, kemudian baru dibakar menjadi sate seperti biasanya. Lalu apa yang khas? Jelas adalah rasa bumbu kelapa di daging sate tersebut.

Rasanya yang khas membuat kita akan melakukan kunjungan ke warung yang terletak di Jl. Walikota Mutajab no. 36 Surabaya tersebut sekali lagi dan sekali lagi hingga seterusnya.

4Nasi Cumi Bumbu Madura Ampel

images.malesbanget.com

Kalau kamu sedang ke Surabaya dan melewati daerah depan Hotel Kemadjoean, jangan lupa untuk mampir ke tempat kuliner bernama Nasi Cumi Bumbu Madura Ampel ini.

Menu khas dan andalan dari warung ini adalah nasi hangat berlauk serundeng kelapa, mie kuning goreng ndeso, sambel pencit pedas, dan tentunya cumi tinta hitam.

Selain itu, di warung ini juga tersedia macam-macam lauk dengan bumbu yang nikmat dan menggugah selera makan. Sehingga sayang rasanya jika hanya mengunjunginya sekali saja.

5Soto Ayam Lamongan Cak Har

setia1heri.files.wordpress.com

Walau sedang berada di Surabaya, tak ada salahnya kan mencicipi kuliner dari Kota sebelah? Ya, soto Lamongan memang selalu menjadi menu favorit dimanapun berada. Bahkan saat tidak sedang di Lamongan pun kamu bisa menemukan menu yang satu ini dengan mudah.

Jika kamu sedang berada di Surabaya, sayang kalau tak melangkahkan kakimu ke warung Soto Ayam Lamongan Cak Har. Warung yang terletak di Jl. Dr. Ir. H. Sukarno (MER II) ini selalu menjadi idola para pecinta soto di Surabaya.

Selain kuah kentalnya yang nikmat, soto ayam khas Cak Har ini juga memiliki potongan ayam yang besar dan bihun yang banyak.

Nah, bagi kamu yang sedang atau akan melancong ke Surabaya, sayang sekali rasanya jika tidak mampir ke tempat-tempat tersebut. Kunjungilah dan buktikan sendiri kenikmatan menu andalan mereka.

SHARE