Dengan tekanan kerja yang begitu besar atau beban study belajar yang makin lama terasa semakin berat, maka rekreasi atau bewisata menjadi sebuah kebutuhan yang mau tidak mau harus terpenuhi.

Jika tidak terpenuhi apa jadinya? Jika tidak terpenuhi, maka kita akan menyaksikan orang-orang datang ke tempat kerja atau tempat kuliah tanpa semangat. Semua nampak loyo dan tidak bergairah.

Oleh karena itu, jika ada waktu libur, maka berwisatalah. Dengan berwisata, kamu bisa mengumpulkan energi kembali, melepaskan penat dan mendapatkan inspirasi yang baru, dari tempat baru, pemandangan baru, serta orang-orang baru yang kamu temui.

Tapi kalau kita nggak punya uang, apa ya kita bisa berwisata? Tentu saja bisa, sekarang kan banyak lho tempat wisata murah, bahkan gratis. Contohnya saja tempat wisata di Bandung ini. Jadi buat kamu orang Bandung, bisa sering-sering rekreasi nih!

1Alun-Alun Kota Bandung

bandung.photo

Inilah salah satu alun-alun paling fenomenal di Indonesia, yaitu alun-alun kota Bandung. Alun-alun ini awalnya tidak seperti ini, namun sejak terpilihnya walikota yang baru, maka alun-alun ini pun dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi nyaman untuk rekreasi.

Salah satu ciri khas dari alun-alun ini adalah rumput hijaunya yang sintetis. Jadi kalau main-main di sini dan bertepatan dengan turun hujan, kamu bisa tetap bermain dan nggak usah takut becek, karena tempat ini bebas becek lho!

2Gedung Sate

en.wikipedia.org

Kalau kamu ngaku orang Bandung atau baru pertama kali datang ke Bandung, maka tidak lengkap kiranya kalau kamu belum mampir ke tempat ini. Kenapa harus mampir ke tempat ini, karena tempat ini adalah icon-nya kota Bandung.

Salah satu cirinya yang khas adalah adanya tusukan sate di atas gedung. Sebenarnya ini adalah kantor pemerintahan Gubernur Jawa Barat. Tapi kalau hari sabtu dan minggu, tempat ini terbuka lebar buat siapa saja yang mau mengunjungi dan berfoto-foto.

3Floating Market, Lembang

sheratonbandung.com

Kalau kamu ingin melihat pasar terapung atau floating market, maka kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand. Kenapa? Karena di Bandung juga ada lho tempat seperti ini, tempat ini adanya di Lembang.

Untuk bisa berkunjung ke tempat ini, kamu tidak butuh uang banyak. Hanya dengan tiket masuk 10.000 rupiah, kamu sudah bisa bersantai di kawasan ini. Selain itu, kamu pun bisa menukarkan tiketnya dengan minuman seperti teh botol dan minuman hangat.

4Taman Jomblo

nadirajihan.wordpress.com

Wah, betapa baiknya kota Bandung. Ternyata para jomblo dihargai sekali di kota ini, sampai-sampai dibuatkan taman khusus jomblo. Karena taman ini diperuntukkan untuk jomblo, jadi kursinya dibuat dengan ukuran untuk satu orang.

Uniknya dari tempat ini, selain gratis tentunya, karena tempat ini terletak di bawah fly over. Jadi keuntungannya kamu tidak akan kepanasan dan kehujanan saat sedang menikmati suasana kota dalam kesendirian.

5Taman Lansia

bdgexpat.com

Tidak hanya untuk para jomblo, ternyata lansia pun punya ruang publiknya sendiri. Di kota Bandung ini, ada taman yang diperuntukkan untuk lansia. Di sini para lansia bisa jalan santai sambil menghirup udara segar di tengah perkotaan.

6Kebun Binatang Bandung

sky-adventure.com

Bagi kamu penyuka binatang dan ingin rekreasi, maka salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah kebun binatang. Untuk bisa masuk ke kebun binatang ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang 20.000 rupiah saja untuk membeli tiket masuknya.