Siapa yang belum pernah mengunjungi Sumatera Barat? Salah satu provinsi yang terletak di pulau Sumatera ini ternyata memiliki banyak keindahan alam lho guys.

Provinsi ini juga dikenal sebagai provinsi suku minangkabau. Jangan lupa mencicipi rendang ya kalau kamu berkunjung kesini, dan pastinya nasi padang. Xixi.

Nah, supaya kamu memiliki panduan wisata lengkap saat berkunjung ke Sumatera Barat, berikut adalah sedikit ulasan beberapa tempat yang layak dikunjungi saat kamu berada di Sumatera Barat.

1Puncak Lawang

www.kidnesia.com

“Lompong Sagu Bagulo Lawang.”

Lirik lagu yang dibawakan penyanyi Minang, Elli Kasim tentunya mengingatkan kita kepada sebuah daerah di kawasan perbukitan yang mengelilingi Danau Maninjau, Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam.

Daerah yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Bukittinggi itu, selain berpenghasilan gula tebu, juga adalah sebuah kawasan yang memiliki udara sejuk dan pemandangan indah sebagai objek wisata.

Tidak tanggung-tanggung keindahan alam yang dimiliki oleh daerah di ujung perbukitan ini. Dari ketinggiannya menghadirkan pemandangan indah hijaunya perbukitan, dan birunya warna Danau Maninjau.

Selain itu, udaranya yang sejuk tak kalah menyegarkan dengan objek wisata alam di daerah-daerah lain di Indonesia.

2Kepulauan Mentawai

www.jayanjayan.com

Kepulauan Mentawai adalah Sebuah kepulauan yang terletak di Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat. Kepulauan Mentawai meliputi 4 pulau besar yakni Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan.

Siberut adalah pulau terbesar, serta satu-satunya Pulau yang memiliki layanan pelayaran reguler yang menghubungkan Siberut dengan Pulau Sumatera terutama Padang.

Sebagai sebuah pulau terbesar pusat kota dan administrasi mentawai di pulau ini juga terdapat pulau Tuapejat yang letaknya berada di Sebelah Utara.

3Lembah Anai

www.wisatalokaleksotis.com

Lembah Anai terletak di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto persisnya di jalan raya Padang-Bukittinggi. Lembah Anai terkenal dengan objek wisata air terjunnya.

Air terjun yang berketinggian sekitar 35 meter ini, merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai.

Airnya sangat jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng dan mengalir terus melewati jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah.

4Lembah Harau

www.indonesia.travel

Terletak di dekat kota Payakumbuh Lembah Harau akan menawarkan ragam keindahan kepada kamu saat kamu tiba disana.

Bentuk topografi dari Lembah Harau adalah berbukit dan bergelombang, hal ini sangat menyenangkan saat berada di sekitaran Lembah Harau karena kamu bisa menghirup udara yang bersih dan melihat keindahan alam.

Nah! Sekarang siapkan tiket untuk meluncur ke Sumatera Barat ya guys.