Kalau kamu mengira tempat wisata laksana surga cuma ada di negara-negara Barat sana, kamu salah besar. Di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, ada lokasi wisata surgawi yang belum banyak orang tahu.

Mulai dari tempat yang bisa dinikmati santai bersama keluarga, sampai tempat ekstrim yang butuh kehati-hatian super agar tidak membahayakan keselamatan diri.

Yuk, intip di mana saja lokasi wisata tersebut.

1Bagan, Myanmar

travelwithaccess.com

Bagan, adalah tempat di mana jantung arsitektur kuno negara terletak dan merupakan ibukota dari dinasti pertama Myanmar. Lebih dari 2.00 0 kuil dan stupa yang terletak di daerah dan dapat ditemukan di sepanjang tepi timur sungai Ayeyarwady.

Pagoda dapat ditemukan sebagian besar tertutup warna kemerahan dan monumen keagamaan yang dibangun lebih dari 1.500 tahun yang lalu dan dapat dikatakan bahwa Bagan, adalah tempat yang paling berkesan bagi pengunjung yang datang ke Myanmar.

Ada berbagai metode transportasi yang tersedia seperti: dengan mobil, andong atau bersepeda bagi mereka yang ingin melakukan wisata di sekitar Bagan.

Terlebih lagi, pengunjung juga bisa menikmati sunset indah dengan perjalanan perahu di sepanjang sungai Ayeyarwaddy untuk menikmati indahnya sunset sambil menikmati minuman dingin.

2Ngwe Saung, Myanmar

backyardtravel.com

Ngwe Saung pantai ini terletak di dekat kota Yangon dan dapat dicapai dengan berkendara 5 jam dari Yangon. Pantai dengan panjang 9 mil dan merupakan salah satu pantai terpanjang di Asia Tenggara.

Padahal, pantai itu sendiri baru dibuka, karena kualitas yang luar biasa dari komponen pantai, air dan pasir, maka semakin menarik perhatian para turis, sehingga menjadi populer.

Tidak hanya kualitas namun pemandangan yang luar biasa dan pemandangan Teluk Benggala terutama di saat malam.

3Mui Ne Sand Dunes, Vietnam

bruisedpassports.com

Mui Ne merupakan sebuah lokasi wisata yang menjadi favorit bagi sebagian turis yang berkunjung ke Negara Vietnam. Di sana kamu akan menemukan keindahan lainnya berupa pantai, berbagai macam resort mewah dan banyak sekali tempat makan atau restoran.

Sand dunes yang terdapat di Mui Ne ini berukuran cukup luas dan terlihat seperti padang pasir di Afrika, Mesir, atau Arab Saudi.

Lokasi ini lebih banyak dikunjungi oleh para turis sebab aksesnya yang cukup dekat dengan pusat kota dan berada di pinggir jalan raya.

4Delta Sungai Mekong, Vietnam

duniabackpacker.net

Sungai Mekong merupakan tempat wisata di Vietnam yang berupa wisata air. Sungai Mekong atau Delta Mekong di Vietnam mempunyai warna yang kecoklatan karena memang banyak mengandung lumpur.

Dari Pulau Mekong kamu bisa mengunjungi beberapa pulau yang ada di sekitar Delta Mekong, diantaranya adalah Pulau Phoenix, Pulau Dragon, Pulau Unicorn dan Pulau Turtle.

Pada saat malam, kamu bisa menyusuri Sungai Mekong dengan kapal feri dan menikmati hidangan khas Vietnam di temani dengan pertunjukan tari tradisional,

5Pai, Thailand

paiproperty.com

Pai kini menjadi kota yang berkembang pesat. Pai terkenal dengan lembahnya yang indah dan suasana santai serta rileks ketika berjalan-jalan di wilayah sekitarnya.

Pai adalah tujuan favorit bagi kalangan backpackers dan wisatawan yang ingin menikmati suasana pedesaan yang asri dan tentram.

6Wat Rong Khun, Thailand

keren-nesia.blogspot.com

Wat Rong Khun atau yang lebih dikenal di kalangan orang asing sebagai Kuil Putih, adalah candi Buddha konvensional kontemporer di provinsi Chiang Rai, Thailand.

Kuil ini dirancang oleh Chalermchai Kositpipat pada tahun 1997. Wat Rong Khun sepenuhnya berwarna putih, untuk melambangkan kemurnian Sang Buddha, dan cermin yang digunakan untuk menandakan kearifan yang “bersinar terang di seluruh bumi dan alam semesta.”

7Kep, Kamboja

goista.com

Pada masa penjajahan Perancis, Kep menjadi tempat wisata bagi kalangan atas Perancis. Saat ini, Kep tengah dipersiapkan untuk menjadi tujuan wisata.

Disini kamu bisa menikmati hidangan laut di restoran cantik di pinggir pantai. Kep juga terkenal dengan hidangan kepitingnya yang menjadi salah satu hidangan kepiting terlezat di dunia.

8Angkor Wat, Kamboja

id.wikipedia.org

Komplek candi yang amat besar ini dijamin akan membuatmu tercengang. Angkor Wat merupakan salah satu monumen keagamaan terbesar di dunia.

Di dalamnya, kamu bisa menemukan batu seukuran manusia yang diukir dengan berbagai bentuk wajah. Pohon-pohon besar berakar panjang yang telah berusia ratusan tahun di sepanjang jalan masuk juga menambah eksotisnya tempat ini .

9Luang Prabang, Laos

ampersandtravel.com

Luang Prabang adalah salah satu kota bersejarah yang terletak di sebelah utara Laos atau sekitar 425 km di sebelah utara kota Vientiane.

Kota ini dikenal juga dengan nama Louangphrabang. Selain keindahan alamnya kota ini juga menawarkan tradisi unik dimana pada saat pagi hari kamu bisa menyaksikan upacara sakral pemberian sedekah kepada para biksu atau biasa disebut dengan Sai Bat.

Oleh karena itu sejak tahun 1995 Luang Prabang tercatat sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

10Gua Jomblang, Yogyakarta

sewahiacejogja.com

Gua Jomblang merupakan salah satu gua dari ratusan kompleks gua Gunung Kidul yang terkenal karena keunikan dan keindahannya yang tidak terbantahkan. Pada tahun 2011, Gua Jomblang dijadikan tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika.

Terletak di rentangan perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah; hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur.

Gua vertikal yang bertipe collapse doline ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu.

Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Karena itu gua yang memiliki luas mulut gua sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.

11Teluk Kiluan, Lampung

pegipegi.com

Teluk Kiluan adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan, Sumatera.

Tempat ini berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung dan merupakan tempat migrasi bagi sekumpulan ikan lumba-lumba jenis mulut botol.

Teluk ini mempunyai pemandangan alam serta pantai yang cukup memukau. Hamparan pasir pantainya berwarna putih dan lembut.

Cukup serasi dengan air lautnya yang berwarna biru jernih. Tidak jauh dari teluk ini terdapat satu obyek wisata lainnya yakni Pulau Kelapa atau disebut juga Pulau Kilauan. Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil yang berada di tengah teluk.

12Danau Laut Tawar Takengon, Aceh Tengah

telusurindonesia.com

Takengon adalah ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Kawasan ini merupakan dataran tinggi yang berhawa sejuk dan memiliki beragam tempat wisata indah di antaranya adalah Danau Laut Tawar.

Kota Takengon terletak berdekatan dengan Kabupaten Bener Meriah, dan sekitar 100 km dari Kota Bireun. Di sinilah terletak danau laut tawar. Sebuah tempat wisata yang paling banyak dikunjungi karena danau inilah ikon yang paling menonjol dari kota Takengon.

13Pulau Derawan, Kalimantan Timur

santosope.wordpress.com

Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur merupakan salah satu destinasi yang tengah naik daun. Jika menginap di Pulau Derawan, traveler dapat bermain dengan penyu hijau yang dapat ditemui dengan mudah. Dari tepi pantai saja kelihatan.

Pulau Derawan merupakan salah satu dari beberapa pulau besar yang ada di Kepulauan Derawan. Adapun daya tariknya terletak pada kehadiran penyu yang begitu mudah terlihat dan seakan mengajak bermain.

14Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

tempatberwisatamurah.com

Ketika laut surut, para pengunjung dapat mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki menikmati keunikan gunung kecil yang berada di tengah pantai.

Oleh karena warna tanahnya merah, maka dinamakan pantai pulau merah. Pada saat pasang surut, tanahnya terlihat merah.

Ada juga yang mengatakan disebut pulai merah karena tepian bebatuan pantainya Nampak berwarna seperti tanah merah. Padahal pada awalnya, pantai ini disebut Pantai Ringin Pitu.

Perubahan nama ini ada dua versi. Versi pertama, warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter.

Versi kedua, konon dari pulau merah yang ada di hadapan pantainya yang berjarak sekitar 100 meter ini, dulunya pernah terpancar cahaya merah, sehingga warga sekitar akhirnya menamainya pulau merah.