Yogyakarta atau lebih dikenal sebagai Jogja adalah sebuah kota dengan segudang keindahan.

Daya tariknya tidak hanya pada kekayaan budaya yang sudah terkenal hingga mancanegara, tetapi juga oleh wisata dan kekayaan alamnya yang sayang untuk dilewatkan.

Banyak paket wisata Yogyakarta yang ditawarkan untuk kamu yang ingin berwisata di kota ini.

Dari wisata budaya, pendidikan, alam hingga menjelajahi peninggalan masa lalu yang masih terawat dengan baik. Tapi, bagi sebagian orang, berwisata saja belum cukup.

Sejumlah tempat wisata Yogyakarta ternyata menawarkan wisata yang cukup ekstrem dan menantang adrenalin.

Tidak jarang, tempat-tempat ini justru adalah wisata tersembunyi yang belum banyak dikenal orang. Dimana saja tempatnya?

1Gondola Tradisional di pantai Timang

telusurindonesia.com

Pantai Timang adalah salah satu pantai di deretan selatan Yogyakarta. Terletak di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, masih bagian Kabupaten Gunung Kidul.

Dari Wonosari, pantai ini berjarak tidak kurang dari 35 km. Berbeda dari pantai lainnya di Yogyakarta, pantai Timang tidak menawarkan hamparan pasir luas dan landai untuk dinikmati.

Pantai ini menawarkan tebing tinggi dan tajam yang selalu dihantam ombak tinggi. Bagian menariknya, kamu bisa menikmatinya dengan angkutan tradisional  yakni gondola.

Gondola di sini tidak dibuat secara permanen karena pada awalnya memang diperuntukkan bagi para nelayan untuk menyeberang ke pulau karang untuk mengambil lobster.

Tapi, saat ini wisatawan juga bisa menikmati sensasi menyeberang di atas karang tajam dengan ombak tingginya. Saatnya mencoba sensasi ekstrem wisata Yogyakarta satu ini.

2Snowboarding gumuk di Pantai Parangkusumo

kotajogja.com

Sebagai negara dua musim, kesempatan untuk bisa melakukan olahraga menuruni gundukan salju atau snowboarding di Indonesia memang sulit.

Ternyata, olahraga menantang ini bisa dilakukan di atas pasir. Kamu bisa menikmati olahraga asyik ini di pantai Parangkusumo, Yogyakarta.

Di pantai ini, ada gundukan pasir cukup tinggi (gumuk). Mirip  salju yang ada di negara empat musim, kamu bisa memanfaatkan papan seluncur untuk menuruni gumuk pasir ini.

Kamu bisa meluncur dari ketinggian 5-7 meter hanya dengan papan seluncur. Tapi jangan lupa, tetap gunakan juga peralatan kemanan yang menjamin keselamatanmu ya.

Dan yang lebih keren, fenomena gumuk pasir ini hanya ada di dua dunia lho, di Indonesia dan juga di Meksiko.

3Panjat tebing di Pantai Siung

njogja.co.id

Pantai lain yang menarik dikunjungi di Yogyakarta adalah pantai Siung. Pantai ini terletak cukup terpencil, tepatnya di bagian selatan kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul.

Butuh dua jam perjalanan untuk mencapai tempat ini dari pusat kota. Perjalanan terbayarkan dengan keindangan pantai Siung yang memanjakan penikmat wisata ekstrem.

Saat ini, tercatat lebih dari 250 jalur terdapat di area Pantai Siung. Jalur ini sendiri masih ada kemungkinan terus bertambah karena meneruskan jalur sebelumnya.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati fasilitas pendukung lain di sekitar pantai ini seperti ground camp.

Kamu bisa mendirikan tenda dan api unggun di malam hari sambil berisitirahat selepas menikmati sensasi memanjat tebing pada siang harinya.

4Cave tubing di Kalisuci

panduanwisatajogja.com

Tempat lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Goa Kalisuci. Goa ini sebenarnya tergolong masih baru untuk tujuan wisata Yogyakarta.

Tetapi keindahannya tidak terbantahkan lagi. Kalisuci terletak di pedukuhan Jetis, Pasar Rebo, Semanu, kab. Gunung Kidul. Tempat ini hanya sekitar 6 kilometer dari kota Wonosari.

Kamu bisa menjelajahi goa ini dengan berarung jeram menggunakan ban dalam diantara tebing goa yang curam.

Adrenalinmu akan terpacu mengikuti derasnya arus sungai, tetapi juga akan tetap dimanjakan dengan keindahan tebing goa yang tersusun dari batu kapur.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati stalakmit dan stalaktit yang terpahat sempurna di sekeliling goa sepanjang perjalanan.

Pada dinding goa juga terdapat batuan yang terkikis membentuk semacam green canyon sepanjang 700 meter.

Awas, arusnya cukup deras. Tapi tidak usah khawatir, karena kamu akan tetap ditemani oleh pemandu dan dilengkapi dengan pelampung, pelindung kepala, lengan, serta lutut.

5Goa Jomblang di Wonosari

telusurindonesia.com

Goa lain yang cukup ekstrem di Yogyakarta adalah goa Grubug atau Goa Jomblang. Berbeda dari goa umumnya, Goa jomblang terbentuk dari amblasnya tanah.

Karena memiliki diameter sekitar 70 meter. untuk mencapai goa Jomblang ini, kamu sudah harus menuruninya hanya dengan seutas tali.

Jangan khawatir, karena peralatan keamanan juga disiapkan sebagai fasilitasnya. Hanya 2 menit untuk mencapai dasar goa, tetapi butuh 5 menit untuk dapat kembali naik ke atas.

Hal menarik lain adalah cahaya surgawi. Disebut demikian karena pada tengah hari, dari dalam goa, kamu bisa melihat berkas cahaya yang masuk dari celah di atas yang bagitu cantik.

6Surving di pantai Krakal dan pantai Wediombo

katonparadisetour.com

Cara lain menikmati wisata Yogyakarta dengan menjelajahi ombaknya. Pantai di Yogyakarta yang memiliki ombak menantang adalah Pantai Krakal dan Pantai Wediombo.

Kamu bisa melakukan olahraga berselancar di pantai ini, karena Pantai ini memiliki ombak bertipe reef break yang  menantang dan berbatasan langsung dengan samudra hindia

Ssst, kedua lokasi ini ternyata adalah lokasi surving terbaik kedua setelah pantai-pantai di pulau Bali lho.

7Lava tour di Merapi

tourjogja.com

Merapi adalah gunung paling legendaris di wilayah Yogyakarta. Gunung ini seakan tidak terpisahkan dari keberadaan wisata Yogyakarta.

Gunung aktif ini sempat meletus beberapa waktu yang lalu. Dan kini, area yang menjadi bekas letusannya masih menyisakan jejak-jejak megahnya sang gunung api.

Untuk kamu yang penasaran seperti apa berada di dekat gunung api, maka wisata satu ini cocok untuk menguji adrenalinmu.

Bersama rombongan dan mobil penjelajah, kamu bisa menikmati lava tour di sekitar gunung Merapi ini.

Wisata Yogyakarta ini menawarkan petualangan di bekas jalur lava gunung api dan juga tempat yang disulap menjadi museum peninggalan masyarakat korban gunung api ini.