Resepsi pernikahan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh calon pengantin. Moment bahagia tersebut tentu direncanakan dan dipersiapakan jauh-jauh hari agar resepsi tersebut berjalan dengan meriah.

Setiap detail elemen dalam resepsi pernikahan yang akan digunakan tentu diperhatikan secara detail dan teliti, mulai dari dekorasi ruang resepsi sampai daftar-daftar tamu yang akan di undang.

Tak terkecuali buku tamu pernikahan. Buku tamu pernikahan adalah salah satu elemen penting dalam resepsi pernikahan.

Mengapa demikian? Ya, karena buku yang biasanya disediakan di pintu masuk tempat pernikahan berlangsung ini berguna untuk mengetahui siapa saja yang hadir dalam pernikahan kamu.

Kebanyakan pesta pernikahan menyediakan model buku tamu biasa untuk tamu undangan, yang di dalamnya berisi kolom nama, kolom alamat, kolom tanda tangan tamu atau kolom ucapan selamat. Sangat monoton bukan?

Padahal buku tamu bisa menjadi kenangan yang berkesan pada saat pernikahanmu.

Ketika kamu melihat kembali siapa saja yang hadir di acara bahagiamu, kamu akan langsung ingat dimana menyimpan buku tersebut. Jika kamu memiliki buku tamu dengan model yang unik dan menarik.

Maka dari itu kamu harus bisa membuat sesuatu yang penting itu agar tetap terkenang untuk kalian sendiri ataupun para tamu undangan.

Baiklah, tak perlu bingung mencari ide dalam membuat buku tamu yang unik dan menarik untuk pernikahan nanti. Inilah beberapa ide buku tamu untuk melengkapi hari bahagiamu.

1Gunakan Tinta Cap Jari sebagai Bukti Kehadiran

img0.etsystatic.com

Kamu bisa menerapakan penggunaan cap jari di buku tamu pernikahanmu. Buatlah sketsa gambar yang bisa ditambahkan bulatan, seperti pohon, balon, daun teratai bulat ataupun bunga dandelion.

Kemudian sediakan tinta berbagai warna untuk cap jari. Pada hari pernikahanmu, sarankan kepada tamu undangan untuk menempelkan sidik jarinya di sekitar gambar sebagi bukti kehadiran.

Kamu bisa membayangkan, dengan ide buku seperti ini tentu pernikahanmu akan meninggalakan kenangan yang berskesan. Menarik bukan?

2Potret Tamu dengan Kamera Polaroid

beckysbrides.com

Selain konsep atau tema pernikahan yang unik, kamu juga bisa menyediakan buku tamu dengan model lain daripada yang lain.

Buku tamu tak harus hanya identik dengan tanda tangan, kamu bisa membuatnya lebih menarik dengan mengumpulkan gambar (foto) para tamu yang datang dengan kamera polaroid yang lebih praktis.

Berlagak seperti kameramen profesional, ketika para tamu datang jepretlah dengan segera. Kemudian berikan pena dan mintalah mereka menuliskan nama dan ucapan selamat pada hasil jepretan tadi.

Foto-foto tersebut dapat kamu kumpulkan dalam sebuah album khusus. Tamu yang datang tentu akan terheran-heran dengan konsep unik ini.

Bahkan pernikahanmu bisa menjadi sangat berkesan di benak para tamu.

3Gunakan Wishing Puzzle

weddingplanner.co.uk

Wishing Puzzle? Yup, bukti kehadiran tamu yang dituangkan dalam bentuk puzzle ini tentu sangat menarik.

Tamu undangan yang hadir tak hanya mengucapkan selamat kepadamu. Mereka dapat menuliskan harapan-harapan atau do’a khusus untuk kamu.

Cara membuatnya yaitu kamu bisa membuat puzzle dari karikatur kamu dan pasanganmu atau undangan pernikahan yang dibuat sebelumnya.

Kemudian ajak para tamu untuk menuliskan harapan atau do’a terbaik di baliknya dengan spidol permanent.

Do’a-do’a dan harapan yang mereka tuliskan pada kepingan puzzle dapat disatukan dan kamu bisa menjadikannya menjadi hiasan dirumah.

4Batu-batu Kecil Berisi Ucapan Selamat

www.confettidaydreams.com

Kehadiran tamu dan ucapan selamat di hari pernikahan yang di tuliskan di dalam sebuah buku sudah menjadi hal yang sangat biasa. Akan tetapi, bagaimana jika kamu menggunakan batu kali berukuran kecil?

Tentu hal itu akan menjadi hal yang sangat istimewa. Sediakan batu-batu kali kecil dalam keranjang bersama spidol di meja depan.

Kemudian mintalah para tamu untuk menuliskan nama beserta ucapan selamat ataupun doa dan harapan mereka.

5Lukisan Karikatur dengan Sisipan Do’a Istimewa

www.boogiecatdesigns.com

Gambar karikaturmu dan pasanganmu bisa menjadi kenang-kenangan yang unik. Kamu bisa memanfaatkan lukisan karikatur tersebut sebagai ‘buku tamu’ yang berkesan.

Tempatkan lukisan karikaturmu di tengah, berilah ruang kosong di sekitar lukisan yang agak lapang. Mintalah para tamu undangan untuk menuliskan ucapan selamat atau do’a dan harapan atas pernikahanmu.

Kamu bisa menjadikan ‘buku tamu’ ini sebagai hiasan dinding. Sangat unik dan istimewa bukan?

Ingin pernikahanmu menjadi sangat istimewa dan berkesan? Kamu dapat membuat model buku tamu dengan ide-ide di atas.

Jadi, buku tamu pernikahan tak harus melulu menggunakan bentuk kolom-kolom yang sudah terlalu biasa.

Dengan ide-ide kreatif di atas akan membuat para tamu undangan lebih semangat mengucapkan do’a di hari bahagiamu. Dan pernikahanmu tentu akan diingat.