Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Negara yang terkenal sebagai negara ‘hijo royo-royo’ ini memang memiliki pesona alam yang memukau.

Terdapat lautan yang luas membentang, tanahnya yang subur sehingga dengan mudah dapat ditumbuhi berbagai macam tanaman sampai-sampai Indonesia juga dikenal sebagai ‘tanah surga’.

Ternyata Indonesia tidak hanya mememiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Negara ini juga memiliki beragam jenis hewan.

Bahkan tahu kah kamu bahwa beberapa jenis hewan yang ada di Indonesia di antaranya tercatat sebagai satwa endemik yang tidak bisa ditemukan di negara lain.

Hewan langka apa sajakah itu? Berikut beberapa hewan langka yang hanya ada di Indonesia.

Komodo

1 komodo
kids.nationalgeographic.com

Siapa yang tidak mengetahui satwa yang satu ini? Yup, komodo merupaka satwa endemik yang hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Kadal terbesar di dunia ini memiliki panjang tubuh yang mencapai 3 meter dan berat 70 kilogram. Komodo memiliki ciri-ciri yakni lidahnya penjang dan bercabang seperti ular.

Kemudian warna kulitnya abu-abu gelap dan merah bata unutk jenis jantan, sedangkan jenis betina memiliki warna hijau seperti buah zaitun.

Jalak Bali

1 Burung-Jalak-Bali
www.griyawisata.com

 

Dari kalangan burung, Jalak Bali merupakan salah satu jenis burung langka yang hanya bisa ditemukan di Pulau Bali bagian barat.

Ia juga  biasa disebut dengan Curik Bali. Burung ini memiliki bulu berwarna putih di seluruh tubuhnya kecuali di ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam.

Sedangkan bagian pipinya berwarna biru cerah dan kakinya berwarna kelabu.

Cendrawasih Botak

1 cendrawasih
www.youtube.com

Selain Jarak Bali terdapat juga jenis burung langka yakni Cendrawasih Botak. Hewan ini hanya bisa ditemukan di Pulau Waigeo, Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia.

Burung Cendrawasih sangat unik dan menawan. Bagaimana tidak, ia memiliki bulu yang berwarna merah dan hitam yang sangat indah.

Serta pada ekornya terdapat dua bulu panjang yang melingkar sehingga membuat burung ini terlihat sangat mempesona.

Warna biru muda yang terletak di bagian kepalanya dan warna kuning di tengkuknya serta kakinya berwarna biru semakin menambah daya tarik bagi siapapun yang melihatnya.

Burung Bidadari  Halmahera

1 bid
indolengkapindonesia.blogspot.com

Inilah jenis burung yang masih dari keluarga Cendrawasih, ia dijuluki juga sebagai ‘Si Genit dari Maluku Utara”, ia adalah Burung Bidadari Halmahera.

Burung ini hanya bisa ditemukan di Pulau Halmahera dan Bacan, Maluku Utara. Burung Bidadari Halmahera betina memiliki bulu yang sangat menawan dengan dikombinasi warna cokelat, hijau, dan zaitun.

Sedangkan Burung Bidadari Halmahera jantan memiliki mahkota yang berwarna ungu pucat mengkilap dan berwarna hijau zamrud pada dada.

Kura-kura Leher Ular Rote

1 kura
kindsofturtle.blogspot.com

Kura-kura ini memiliki bentuk yang sangat unik, ia memiliki leher yang panjang hampir mirip dengan ular. Kura-kura Leher Ular Rote ini hanya ditemukan di lahan basah air di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Hewan ini termasuk hewan yang sangat langka sehingga telah ditetapkan sebagai hewan yang terancam punah oleh IUCN.

Kucing Merah Kalimantan (Pardofelis Badia)

1 kucing
www.kaskus.co.id

Kucing Merah ini merupakan spesies kucing endemik di Pulau Kalimantan. Kucing Merah Kalimantan memang unik dan memiliki ciri khas tertentu.

Ia memiliki garis merah kecokelat muda di bagian kening dan pipinya. Bulu tubuhnya berwarna cokelat kemerahan dengan warna lebih pucat pada perutnya daripada bagian punggung.

Yang menarik, pada bagian ekornya dihiasai garis putih dengan bintik hitam pada ujungnya.

Masih banyak lagi hewan khas yang hanya ada di Indonesia. Menajubkan bukan? Ternyata hewan-hewan tersebut hanya ada di Indonesia. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan kita.