Pernahkah mendengar seni stitching girls? Sebuah seni menyulam asal Negeri Sakura. Seperti dilansir dari boredpanda, Navid Baraty membuat sulaman berbentuk sistem tata surya.

Seni stitching girls pernah diaplikasikan di Kota Banda Aceh pasca tsunami. Instrukturnya adalah warga asal Negeri Sakura. Seni ini dinilai mampu menyatukan perbedaan dua negara.

Adapun alat-alat yang digunakan untuk menyulam yaitu, jarum, kain, benang, dan pola khusus. Pola ini langsung dihadirkan dari Jepang. Untuk bisa mahir membuat sulaman ala Jepang tersebut, butuh ketekunan, kesabaran, dan kejelian ekstra.

Meskipun sederhana, siapa sangka ternyata hasil sulaman stitching girls dibandrol dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Betapa tingginya apresiasi orang Jepang terhadap seni stitching girlsi sehingga menghargainya sedemikian tinggi.

Namun, tidak heran, karena adanya permainan motif dalam sulaman inilah yang menjadi kekhasan tersendiri.

Seni stitching girls menggunakan teknik tusuk silang yang membentuk huruf X. Dalam dunia kristik, dikenal dengan istilah half stitch. Caranya tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu membuat setengah tusukan dari huruf X.

Silangan bisa ke arah kanan atau kiri. Sebaiknya, pilih salah satu arah saja agar hasilnya sempurna dan rapi. Silangan setengah dimaksudkan untuk memunculkan kesan lembut. Nah, kamu pasti bisa membayangkan, jika silangannya malah berantakan.

Navid Baraty sendiri membuat sulaman ini dalam waktu 3-4 minggu. Ia menyulam sistem tata surya yang meliputi planet-planet. Tata surya merupakan kota di luar angkasa. Susunan tata surya lebih luas berjuta kali lipat dibandingkan tata ruang sebuah benua di planet bumi.

Tapi, dalam sulamannya, Navid hanya menyulam 5 buah planet saja, yaitu mars, bumi, Jupiter, Neptunus, dan Pluto.

Seperti apa cantiknya sulaman Navid Baraty? Yuk, intip foto-fotonya!

1Planet Mars

boredpanda.com

Sulaman pertama berbentuk planet mars. Dengan dominasi warna merah menyala, membuat planet ini mirip seperti aslinya. Seperti yang kamu tahu, bahwasanya Planet Mars merupakan planet terkecil di susunan tata surya bagian dalam.

Jaraknya 1,5 AU dari matahari. Beberapa waktu lalu, sejumlah ilmuwan menemukan adanya titik kehidupan di Planet Mars.

Namun, penemuan tersebut masih bersifat dugaan. Belum ada bukti yang menguatkan. Pasalnya, atmosfer di Mars sangat tipis dan minim oksigen.

2Planet Jupiter

boredpanda.com

Target karya sulaman berikutnya adalah Planet Jupiter. Warnanya didominasi putih dan coklat muda. Kedua warna ini saling berselang sebagaimana warna sebenarnya.

Planet Jupiter adalah planet terbesar di alam semesta. Ukurannya 318 massa bumi dan 2,5 kali massa seluruh planet di tata surya ini.

Jupiter dikelilingi cincin yang terdiri dari berbagai gas. Komposisi atmosfer planet ini memiliki kesamaan dengan Planet Saturnus yang juga punya cincin melingkar.

3Planet Neptunus

boredpanda.com

Sulaman Planet Neptunus ini mirip dengan Planet Bumi. Goresan warna biru laut seakan menggambarkan bahwa Planet Neptunus punya kehidupan.

Namun, agaknya biru Planet Neptunus melambangkan namanya yang berarti dewa laut (Romawi). Planet Neptunus merupakan planet terjauh kedelapan dari matahari dan besarnya 17 kali dari besar bumi.

4Pluto

boredpanda.com

Inilah planet terjauh dari matahari yang belum pernah terjangkau oleh badan antariksa. Saking jauhnya, ketika disulam pun warnanya kecokelatan. Tidak terlalu cantik tapi unik lah ya.

Merupakan jenis planet katai yang berada di sabuk kuiper dan objek trans neptunus. Meskipun planet katai, ukurannya adalah yang terbesar. Massa Pluto termasuk terbesar kedua di tata surya, lho.

5Planet Bumi

boredpanda.com

Tibalah waktunya menyulam planet tempat tinggal para manusia. Dilihat dari sulamannya, tentu saja berkesan membiru indah. Meskipun dalam susunan tata surya, Bumi terlihat paling kecil, tapi di sinilah letak nafas kehidupan.

6Hasil Sulaman Sempurna

boredpanda.com

Sekarang, semua sulaman sudah jadi. Cantik dan rapi bukan?

Kalau disejajarkan seperti ini, terbukti bahwa tata surya memang memiliki sejuta keindahan tiada tara. Dan karya seni sulaman stitching girls patut diberi penghargaan setinggi-tingginya.