Alam Indonesia memang tak diragukan lagi keindahannya. Tanahnya yang subur membuat negara Indonesia mendapat jukukan ‘tanah surga’.

Betapa tidak, beraneka tanaman dapat tumbuh subur di negara ini. Negara yang berikilim tropis ini juga dikenal sebagai negara maritim.

Tentu kita tahu, bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang di kelilingi lautan. Indonesia sungguh kaya akan sumber daya alamnhya.

Lihatlah gunung, sawah, hutan, lautan, danau, dan beraneka tumubuhan serta banyak obyek wisata alam lainnya. Keindahan alam Indonesia juga sudah banyak dikenal sampai mancanegara. Membanggakan bukan?

Salah satu tempat wisata alam yang membuat kita berdecak kagum adalah wisata air terjun. Indonesia terdiri dari banyak pulau dan tentu memiliki kekayaan alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Dapat dipastikan banyak air terjun yang indah tersebar di sana. Kali ini kita akan membahas beberapa air terjun di Pulau Jawa yang membuatmu berteriak “wow…amazing!’.

1Air Terjun Cikaso Sukabumi

picture.triptrus.com

Bagi kamu yang telah lama tinggal di daerah Jawa Barat, tepatnya di Sukabumi, pasti tak asing dengan air terjun Cikaso. Di daratan orang Sunda istilah “air terjun” lebih dikenal dengan kata “Curug”.

Yup, ‘Curug Cikaso’ begitulah istilah yang dikenal. Curug ini memiliki panorama yang tak dapat di lukiskan dengan kata-kata.

Posisi air terjun ini terhalang oleh lembah sehingga diperlukan perjuangan ekstra untuk mencapainya. Curug Cikaso terletak sekitar 110 km dari pusat kota Sukabumi. Tepatnya berada di Cibitung, Kecamatan Surade Sukabumi.

Akan tetapi, perjuanganmu akan terbayar lunas setelah kamu sampai di curug Cikaso. Kamu dapat melihat indahnya air terjun yang memiliki lebar 100 meter ini.

Kamu juga dapat menyaksikan tiga titik air terjun yang berdampingan dengan indah. Selain itu, air kolam curug Cikaso juga sangat indah, yakni berwarna kebiru-biruan yang semakin apik jika dilihat di pagi hari.

2“Little Niagara”, Air Terjun Malela di Kaki Gunung Sanggabuana

assets.kompasiana.com

Ada lagi di Jawa Barat, air terjun Malela atau lebih dikenal dengan Curug Malela. Air terjun ini terletak di Bandung Barat.

Air terjun ini memiliki sumber yang berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng, yaitu gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey.

Pesonanya yang indah membuat air terjun ini mendapat julukan ‘Air Terjun Niagara Mini”. Jika kamu melihat dari kejauhan Curug Malela akan tampak seperti kilauan benang-benang sutra yang halus dan bersinar.

Selain itu di pinggir bagian kanannya terdapat tebing yang cukup tinggi dan terlihat eksoktik berwarna putih. Kilauan warna putih tersebut mengarah ke bawah air terjun. Sungguh indah bukan?

3“Kolam Alami”, Leuwi Hejo di Kampung Wangun Cileungsi

bogor.net

Curug Leuwi Hejo lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Curug Bengkok. Dikenal dengan Curug Bengkok karena air terjun ini memiliki bentuk air terjun yang tidak lurus.

Curug Leuwi Hejo berada di kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Bagi kamu yang ingin berenang di kolam alami, Curug Bengkok adalah salah satu pilihan yang tepat bagimu untuk dikunjungi.

Curug Leuwi Hejo merupakan air terjun mini yang airnya ditampung oleh kolam kecil. Air kolamnya berwarna hijau dan sangat jernih. Kamu dapat merasakan sensasi kesejukan di daerah ini.

4Grojogan Sewu di Tawangmangu

www.laksanahotel.com

Kali ini kita akan berkunjung ke Jawa Tengah. Di sana terdapat air terjun Grojogan Sewu. Dalam bahasa Jawa ‘Grojogan Sewu’ artinya “Air Terjun Seribu”. Air terjun ini memang memiliki banyak aliran .

Lokasi Grojogan Sewu di Tawangmangu, Karanganyar. Yakni suatu kawasan sebelah barat lereng gunung Lawu dengah ketinggian 1.350 meter.

Wisata ini dapat kamu jadikan pilihan untuk berlibur bersama keluarga. Di sana akan di suguhkan oleh pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

5Pantai Jogan, Perpaduan Air Terjun dan Laut di Selatan Yogyakarta

www.tourwisatajogja.com

Adalah sebuah keindahan yang luar biasa dan langka yang akan kamu temui di Yogyakarta. Apakah itu? Yup, sebuah air terjun yang terletak di bibir laut dan tersembunyi di balik perbukitan karst, Gunung Kidul di selatan Yogyakarta.

Tepatnya di Pantai Jogan, di sana kamu akan menemukan indahnya perpaduan eksotik air terjun dan laut. Kamu bisa berkunjung kesana dan rasakan sensasi luar biasa yang tak tergambarkan dengan kata-kata.

6Air Terjun Sri Gethuk Jogja

wisataku.net

Memang tak ada habisnya mengupas tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Kamu dapat mengunjungi air terjun Sri Gethuk yang terletak di Dusun Menggoran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Berada di tepi Sungai Oyo, kamu akan dimanjakan oleh suasana sejuk yang membuatmu rileks dan indahnya panorama air terjun yang mengalir di antara bebatuan.

7Air Terjun Nglirip di Tuban, Jawa Timur

i.ytimg.com

Yup, kali ini kita berganti ke Jawa Timur. Kamu dapat mengunjunggi air terjun Nglirip yang terletak di Dusun Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Tuban.

Panorama disana sangat menawan. Kamu akan merasakan sensi derasnya aliran air terjun yang jernih ini.

Selain itu di balik air terjun terdapat goa yang cukup besar. Menarik bukan? Tak ada salahnya kamu memasukkan air terjun ini ke daftar liburan bersama keluarga.

8Coban Sewu, Lumajang

yogimahatma.files.wordpress.com

Air terjun Coban Sewu terletak di aliran sungai Glidih yang menjadi perbatasan Kecamataan Ampelgading Malang dan Kecamatan Pronojiwo Lumajang.

Tahukah kamu, air terjun ini terkenal hingga di kalangan wisatawan asing. Kamu harus melewati perjalanan yang ekstrem untuk sampai ke lokasi air terjun.

Namun, semua itu akan terbayar, setelah kamu sampai di sana akan disambut oleh segarnya udara di sekitar Coban Sewu dan panorama yang membuatmu berdecak kagum.

9“Air Terjun Abadi”, Madakaripura

www.bromotravelindo.com

Terdapat air terjun yang sangat mengagumkan di Jawa Timur, tepatnya di dekat Gunung Bromo yaitu Madakaripura.

Kamu akan dimanjakan oleh pemandangan yang sangat menawan, air terjun yang jatuh dari dari ketinggian seperti tirai-tiari yang dilindungi tebing-tebing yang kokoh perkasa.

Curahan airnya yang tak pernah berhenti mengalir membuat air terjun ini dijuluki dengan “air terjun abadi”.

Nah, itulah beberapa air terjun di Pulau Jawa yang akan membuatmu terkagum-kagum. Siapkan dirimu untuk mengunjungi beberapa air terjun di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here