Apakah kamu tahu alat yang digunakan untuk menangkap sinyal dan mengumpulkan data dari satelit serta pesawat antariksa? Jika kamu belum tahu, maka kamu perlu mengenalnya, namanya adalah teleskop radio.

Mungkin saat pertama kali mendengar nama alat ini kamu pasti akan heran, karena kan yang kita tau teleskop itu adalah alat optik. Alat optik yang biasa digunakan untuk melihat benda-benda tertentu menggunakan gelombang elektromagnetik serta menangkap cahaya.

Tapi teleskop radio berbeda dengan teleskop optik yang menggunakan lensa. Kalau teleskop radio menggunakan parabola untuk menangkap gelombang elektromagnetik berupa sinyal radio. Tapi, ada juga kok yang hanya menggunakan bentangan kawat.

Teleskop radio ini sangat berfungsi sekali dibidang astronomi, telekomunikasi, dan teknologi lainnya. Oleh karena itu, hal inilah yang menyebabkan negara Cina membuat teleskop radio terbesar di dunia.

Kira-kira seperti apa ya bentuk teleskop radionya? Yuk, kita lihat bersama melalui gambar-gambar berikut ini.

1Gambar Pertama

dailymail.co.uk

Pemerintah Cina membutuhkan waktu sekitar 5 tahun untuk membuat teleskop radio ini. Saat ini teleskop radio ini sedang dalam proses pengerjaan. Kenapa disebut teleskop radio terbesar di dunia?

Disebut sebagai teleskop radio terbesar di dunia, karena teleskop ini dibuat dengan diameter sebesar 500 meter. Wow, luas sekali ya! Yang pasti untuk pembuatan teleskop radio ini membutuhkan lahan yang sangat luas.

2Gambar Kedua

dailymail.co.uk

Ini adalah gambaran kerangka-kerangka yang digunakan untuk membangun teleskop radio ini. Wah, kira-kira berapa ya dana yang digunakan untuk membuat teleskop radio ini?

Berdasarkan berita yang beredar, proyek pembangunan teleskop radio ini bisa mencapai 124 juta Euro. Banyak sekali ya dana yang dibutuhkan.

3Gambar Ketiga

dailymail.co.uk

Dengan melihat teleskop radio ini dari udara, maka kita akan semakin kebayang betapa lebar dan luasnya alat ini. Bahkan saking luasnya, kita membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk berjalan mengelilinginya.

Berarti petugas yang nantinya akan mengontrol alat ini pasti akan sehat-sehat ya? Kan mereka nantinya bakal banyak jalan kaki. Tapi nggak juga sih, nanti kan ada kendaraan yang digunakan untuk berkeliling.

4Gambar Keempat

dailymail.co.uk

Inilah gambaran pemasangan instalasi dari teleskop radio raksasa ini. Selain membutuhkan bahan dan biaya yang tidak sedikit, proses pembuatannya pun membutuhkan tenaga kerja yang banyak pula. Untung penduduk Cina jumlahnya banyak ya.

5Gambar Kelima

dailymail.co.uk

Sebelum proses pembuatan dan pemasangan instalasi, bahan-bahan yang akan digunakan dilakukan proses pengujian terlebih dahulu. Proses pengujian ini tentunya dilakukan oleh para ahli dibidangnya.

Gawat kan kalau semisal tidak dilakukan pengujian? Bisa-bisa teleskop radio yang sudah jadi tidak bisa beroperasi. Oleh karena itu proses pengecekan wajib dilakukan.

6Gambar Keenam

dailymail.co.uk

Agar teleskop radio ini dapat berfungsi, maka teleskop ini membutuhkan panel-panel yang nantinya akan dirangkai menjadi satu dan inilah nantinya yang berfungsi menangkap sinyal radio.

7Gambar Ketujuh

dailymail.co.uk

Untuk merangkainya menjadi rangkaian-rangkaian utuh, kira-kira membutuhkan sekitar 4500 triangular panel dengan panjang sisinya sebesar 11 meter.

Tentunya, untuk membuat teleskop radio ini butuh waktu yang lama ya. Dan butuh keuletan dan kerja keras semua pihak.

8Gambar Keenam

dailymail.co.uk

Berdasarkan informasi, untuk merangkai panel-panelnya saja, teleskop radio ini membutuhkan waktu sampai bulan Juni tahun 2016 dan akan sempurna selesai di bulan September 2016.

Semoga pengerjaan teleskop radio ini berjalan lancar ya, sehingga dunia bisa merasakan hasil dari kecanggihan teknologi ini.

9[td_smart_list_end]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here