Pernah kah kamu menyetir mobil atau motor, lalu menemui jalan buntu? Kira-kira dalam posisi seperti itu, apa yang akan kamu lakukan?

Tetap memandang pada jalanan buntu, atau melihat ke sekeliling untuk mencari jalan yang lain. Kalau pun tidak ada jalan lain, bukankah kamu akan memutar arah?

Dari analogi di atas, berarti kebuntuan pun memiliki jalan keluar. Begitupula dengan masalah yang kita hadapi dalam kehidupan ini. Terkadang masalah-masalah yang menumpuk itu membuat kita seperti terkurung dalam sebuah penjara berdinding tinggi.

Dalam posisi seperti di atas, kita seolah-olah berhadapan dengan jalan buntu. Padahal, jika merenung sejenak dan memberi ruang kepada otak kita untuk berpikir jernih, maka jalan keluar itu selalu ada.

flickr.com
flickr.com

Untuk membantu diri kita keluar dari kebuntuan, yuk kita lihat beberapa hal yang yang bisa kita lakukan berikut ini!

1Jalan Keluar Itu Ada, Maka Carilah!

miduntramp.deviantart.com

Sesuatu, baik itu berbentuk benda atau pun solusi dari permasalahan, akan kita temukan jika kita mencarinya. Jika kita berdiam diri saja, maka kita selalu berpikir bahwa tidak ada jalan untuk menemukannya.

Padahal, jika kita berusaha mencari, maka kita akan menemukannya. Begitupula dengan masalah hidup. Jika setiap ada masalah kita mengurung diri di dalam kamar, maka yang akan kita temukan hanyalah kepengapan ruangan.

Tapi akan berbeda jika kita membuka pintu dan jendela lalu melihat keluar. Kamu pasti akan menemukan udara segar, serta melihat bahwa jalan masih terbentang luas untuk kamu lalui. Jadi kalau ada masalah, keluarlah untuk mencarinya.

Mungkin kamu bisa mendapatkan solusinya saat bertemu teman atau bertemu dengan hal lainnya.

2Selalu Berpikir Positif

personalityatikanofianti.wordpress.com

Sesungguhnya, mencari jalan keluar itu tidak semudah seperti yang dituliskan di atas. Namun, yakinlah bahwa solusi itu memang selalu ada untuk setiap permasalahan.

Jika saat ini kamu belum menemukan jalan keluar, maka tetaplah berpikir positif. Dengan pikiran yang positif, otak kita lebih bisa memilah, mana solusi permasalahan yang terbaik.

Dan mampu menghindari sebuah solusi yang akan memunculkan permasalahan di kemudian hari.

3Pupuklah Harapan

desispectryani.blogspot.com

Jika kamu sedang banyak masalah dan merasa sangat buntu. Maka salah satu cara untuk tetap bersemangat adalah dengan memupuk harapan.

Harapan bisa kita pupuk dengan menciptakan tujuan-tujuan baru, tentunya dengan menyelesaikan permasalahan sebelumnya.

Jika kamu melakukan hal lain dan meninggalkan permasalahan sebelumnya, maka itu namanya lari dari masalah. Jadi, sebelum kamu menciptakan target-target baru, selesaikanlah urusan sebelumnya.

4Percaya Diri

nanotok.blogspot.com

Setiap kita menemukan masalah atau diuji dengan ujian tertentu, maka langkah yang perlu kita lakukan adalah menerima permasalahan tersebut sebagai ladang tempaan supaya kita semakin kuat.

Ketika kita bisa menerima permasalahan yang ada, maka tingkat kepercayaan kita terhadap diri pun semakin meningkat. Jika kita semakin percaya diri, maka permasalahan serumit apapun dapat dengan mudah kita atasi.

Bayangkan jika bertemu dengan masalah atau kendala, kita langsung pesimis terhadap diri, maka energi kita pun akan melemah, permasalahan kecil menjadi besar dan permasalahan besar menjadi monster mengerikan yang membuat kita lari tunggang-langgang.

5Tetaplah Optimis

infondok.blogspot.com

Satu kunci untuk keluar dari jalan buntu adalah optimis. Yakin kalau setiap duka akan berlalu, kalau setiap badai pasti akan ada ujungnya. Jangan pernah terjebak dalam keputusasaan.

Karena, sekalinya kita putus asa, maka langkah-langkah sebelumnya pun mustahil untuk kita lakukan.