Dua hal yang kamu tahu tentang Yamaha mungkin bahwa perusahaan ini adalah salah satu raja pasar motor dan alat musik di Indonesia. Well, itu hanyalah hal kecil tentang perusahaan ini.

Nah, beberapa hal spesifik dan unik berikut tentang perusahaan ini mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya. Karena perusahaan ini jauh lebih besar daripada yang kamu ketahui saat ini.

1Mason & Hamlin Reed Organ

upload.wikimedia.org

Pendiri Yamaha, Torakusu Yamaha adalah anak seorang samurai yang sangat tertarik dengan astronomi, mekanika, dan perpustakaan. Saat berumur 20 tahun, ia mempelajari teknik reparasi jam di Nagasaki oleh seorang insinyur asal Inggris.

Ia membangun perusahaan pertamanya, sebuah perusahaan pembuat jam. Meskipun tidak lama perusahaan ini bangkrut karena ketiadaan dana pendukung. Ia juga pernah bekerja sebagai ahli reparasi alat medis di Osaka.

jepang-ku.com
jepang-ku.com

Keterampilan yang didapatnya dari Western Medicine di Nagasaki ini membawanya ke Hamamatsu, di sana ia mereparasi alat-alat bedah medis. Disinilah pertama kali Yamaha berkenalan dengan alat musik.

Sebuah sekolah di Hamamatsu memintanya untuk memperbaiki sebuah reed organ buatan Mason & Hamlin asal Amerika Serika. Dua tahun kemudian, berdirilah Yamaha Organ Manufacturing Company.

Perusahaan pertama di Jepang yang memproduksi alat musik barat atau alat musik yang berasal dari luar Jepang.

2Nama Perusahaan Yamaha Diganti

periodpaper.com

Ternyata nama Yamaha tidak menjadi nama ‘selamanya’ yang resmi dari dulu hingga saat ini. Pada tahun 1897, Yamaha sendiri mengubah nama perusahaannya menjadi Nippon Gakki Company, Limited yang berarti Japan musical instruments.

Tidak ditemukan catatan yang jelas mengenai kapan nama perusahaan kembali berubah menjadi Yamaha Corporation seperti yang dikenal luas hingga saat ini.

3Kebakaran dan Gempa Bumi

gettyimages.nl

Barangkali inilah tahun-tahun terberat yang dialami perusahaan Nippon Gakki. Setelah Yamaha wafat pada 8 Agustus 1916, pada tahun 1922 pabrik Nippon Gakki di Nakazawa dan Hamamatsu kebakaran.

gettyimages.com
gettyimages.com

Tahun berikutnya, gempa bumi besar meleburkan kantor di Tokyo dan merusak banyak pabrik. Sebelum dapat bangkit dari berbagai bencana, kumpulan pekerja menyerang perusahaan karena ketidaksepakatan negosiasi keuangan.

4Zero Fighter Kamikaze

precisemodeling.com

Saat perang dunia kedua, beberapa pabrik Nippon Gakki memproduksi baling-baling, tangki bahan bakar, dan beberapa bagian sayap untuk pesawat Zero Fighters.

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Pesawat legendaris rancangan Jiro Horikoshi yang sebenarnya secara resmi dibuat atas nama Mitsubishi dengan brand A6M Zero. Inilah pesawat tercepat pada saat itu yang berhasil membumihanguskan Pearl Harbour dengan strategi kamikaze yang mengerikan.

5Yamaha Boats

yamahajetboaters.com

Perusahaan ini melalukan pengembagan dan penelitian dalam penggunaan fiberglass reinforced plastics (FRP). Hasilnya adalah perusahaan ini telah memproduksi yacth (kapal pesiar mewah), kapal patroli dan bayak peralatan kelautan sejak tahun 1960.

6Robot Pembalap

engadget.com

Jepang memang negara yang penuh dengan ide, inovasi dan realisasi ‘gila’. Sampai-sampai banyak hal yang ‘kurang penting’ pun tetap dibuat oleh orang Jepang. Tetapi, hal-hal spesifik dari ciptaan Jepang itulah yang selalu membuat kita berdecak kagum.

Lihat saja karya yang baru saja dirilis Oktober 2015 kemarin. Perusahaan ini menciptakan robot yang dapat mengendarai motor. Tentu saja ia dapat mengendarai motor dalam kecepatan tinggi.

sportrider.com
sportrider.com

Bahkan dalam video promosinya, robot yang diberinama Motobot Version 1 ini menantang Valentino Rossi untuk adu balap. Nah, tentu saja tujuan Yamaha menciptakaan Motobot bukan hanya untuk menandingi Valentino Rossi.

Yamaha mengatakan bahwa Motobot dapat digunakan sebagai kolektor data atau tes pada sebuah motor buatan terbaru. Sehingga data-data tersebut dapat dikembangkan menjadi kesimpulan untuk menciptakan motor yang lebih aman bagi pengendara.

SHARE