abiummi.com

Anak Malas Membaca? Orang Tua Harus Lakukan 4 Hal Ini

Posted on

Ketika para orang tua menemukan fakta bahwa anaknya malas membaca, maka segera perbaiki dengan cara yang baik dan benar.

Jangan sampai cara orang tua justru memaksa dan membuat anak stres, lalu semakin enggan berdekatan dengan buku karena dianggap seram.

Jadi, apa yang sebaiknya para orang tua lakukan ketika anak sulit membaca atau menulis? Berikut adalah 4 hal yang sebaiknya dilakukan;

Jangan Hukum karena Ketidakmampuannya

x-weibo.net
x-weibo.net

Orang tua mungkin akan kecewa karena anak sulit membaca dan menulis. Lalu menghukumnya dengan harapan anak akan berusaha sekeras mungkin agar dapat membaca dan menulis.

Namun, ternyata orang tua belum mengetahui bahwa anaknya memiliki gejala semacam disleksia, misalnya.

Selalu pantau dan berkonsultasilah dengan guru wali kelas agar para orang tua mengetahui perkembangan anak yang sebenarnya.

Jangan Berhenti Memotivasi

blog.tokopedia.com
blog.tokopedia.com

Jangan mengubah perasaan meski anak sulit membaca dan menulis. Jika seluruh dunia menertawakan ketidakampuannya, lalu kemana ia harus berlindung selain pada orang tua?

Jangan berharap terlalu banyak pada anak. Ungkapkan segala sesuatunya dengan tidak menunjukkan kekecewaan maupun kemarahan ketika ia gagal memahami sesuatu.

Selalu dorong anak untuk melampaui keterbatasannya dan tak pernah berhenti mencoba.

Sabar Ajarkan Hal Dasar

muslimahcorner.com
muslimahcorner.com

Ajarkan dasar-dasar belajar membaca melalui beberapa metode yang membuatnya tertarik dan mengingat apa yang diajarkan.

Misalnya, orang tua dapat menggunakan alat peraga berwarna-warni untuk mengajarkan huruf-huruf dasar dan kata-kata sederhana yang dapat dibuat dengan mengkombinasikan huruf-huruf tersebut.

Jika anak lebih bisa mengingat melalui metode bermain sambil belajar, gunakan terus metode itu untuk mengajarkan kombinasi huruf yang lebih rumit.

Mencari Bantuan

ltiq.alshifacharity.com
ltiq.alshifacharity.com

Jika orang tua sudah merasa tak mampu menangani anak yang sulit membaca atau menulis sendirian, maka segera meminta bantuan dari kalangan profesional, misalnya guru wali kelas atau seseorang yang ahli dalam memperbaiki kemampuan membaca anak-anak.

Meski anak terdiagnosa disleksia, ia masih dapat bersekolah di sekolah reguler dengan catatan ia mau berusaha mengatasi kekurangannya.

Akan lebih baik lagi jika orang tua mampu mendeteksi anak sulit membaca atau menulis sejak usia pra sekolah.

Kondisi anak yang sulit belajar dan menulis mungkin akan membuat para orang tua harus berupaya lebih keras, karena harus selalu mendampingi dan memotivasinya.

Namun, yakinlah bahwa Ayah dan Ibu pun telah ikut belajar melalui diri anak-anak mengenai cara melampaui keterbatasan yang dimiliki.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *