Waktu memang tidak terasa begitu cepatnya, baru kemarin rasanya kamu masuk sekolah SMA, eh sekarang udah lulus kuliah.

Dulu muka kamu masih terlihat imut dan lucu sekarang terlihat lebih dewasa, wajah kita terlihat mencapai titik puncak ganteng dan cantiknya.

Umur 22 memang umur bisa dibilang umur tengah-tengah, secara sudah selesai sekolah selama bertahun-tahun, bertahun-tahun itu pula kita habiskan waktu untuk belajar di ruang kelas, sekarang sudah bebas dan lebih banyak melihat dunia luar.

Jadi masa-masa ini merupakan masa peralihan yang penting bagi kamu, untuk itu perlu kamu tahu 5 hal yang musti kamu lakukan di saat masa-masa peralihan ini.

1Karakter “Anak” Telah Usai

kanalpost.com

Memang tidak bisa dipungkiri, sekolah merupakan tanggung jawab orang tua kamu, namun setelah sekolah selesai, maka karakter “anak” yang sifatnya nodong ortu telah usai pula, sudah habis masa aktifnya.

Untuk itu sudah tidak patut kamu di usia itu kita masih nodong orang tua, kamu harus mandiri, mental “anak” harus segera dibuang jauh-jauh, masa kamu sudah berubah dan sudah selayaknya kebutuhan kamu, ya kamu sendiri yang mencukupi.

2Mulai Mengenal Dunia Sesungguhnya

gatrapratamaarta.wordpress.com

Inilah dunia yang sesungguhnya guys, jika kamu selama 22 tahun hanya tahu dunia sekolah, duani belajar di kelas dan dunia kerjakan tugas, tentu dunia ini sudah sangat jauh berbeda.

Kamu bukan lagi anak sekolah yang mudah nyontek, mudah melupakan sedih dengan belajar, mudah jajan dengan minta uang ke ortu. Ini merupakan dunia nyata yang selama ini kita tertidur dari mimpi-mimpi indah bersama pacar di dalam sekolah.

Dunia ini sudah penuh dengan keseriusan, penuh dengan sifat yang bermacam-macam warna, penuh dengan prasangka dan tentunya politik yang kadang bikin kita tertawa.

Untuk itu hal yang pertama kamu siapkan adalah mental kamu, karena mental itu adalah modal utama untuk menghadapi semua yang ada di dunia nyata.

Konsep idealisme kamu masa sekolah sudah tidak bisa diterapkan dalam kehidupan nyata ini, idealisme kamu hanya kamu saja yang bisa menggunakan, so, jangan kaget ketika banyak sesuatu yang terjadi tidak sesuai harapan.

3Dunia Kerja Luas dan Beragam Bentuknya

news.okezone.com

Saat sekolah tentu kamu punya idealisme tinggi, pengen kerja disini, pengen kerja di tempat yang bergengsi, pengen segera punya mobil sendiri dan sebagainya.

Kamu dulu pun juga pasti berfikir, pekerjaan yang baik, yang nyaman dan terpandang adalah jadi PNS, pegawai BUMN, jadi pilot, pegawai Bank dan sebagainya.

Itu memang tidak salah karena yang kamu tahu saat sekolah ya pekerjaan semacam itu, tapi setelah mencapai masa ini, kamu harus tahu bahwa dunia kerja itu sangat luas, tidak melulu pekerjaan itu.

Jika kamu tidak bisa bekerja di tempat impian kamu, ketahuilah, semua pekerjaan asalkan halal dan menghasilkan itu baik bagi kamu dan mungkin Tuhan memang memberi jalan rizki di jalan yang lain yang beda dari impian kamu.

Selain itu kamu juga harus mulai membangun prinsip kerja, ketahanan, mental dan sosial dalam bekerja dimanapun kamu berada.

Jika kamu bekerja dalam suatu lembaga negara dan kamu tidak punya ketahanan dan mental yang kuat, kamu bisa saja terjerumus dalam hal yang bahaya.

Begitu pula dengan sosial, jika tidak bisa bersosial, maka jangan kaget ketika kamu jadi bahan prasangka teman-teman kerja.

4Mulai Serius dengan Pasangan

femalist.com

Di umur 22  saat kamu punya pasangan tentu bukan lagi saatnya mainan dengan pasangan, sudah habis masa pacaran, mainan dan ngambekan. Ini adalah saatnya kamu serius menjalani hubungan.

Jika pasangan kamu laki-laki tentu pasangan kamu harus ambil keputusan dan ketegasan, halalkan atau selesaikan hubungan? Kalau halalkan berarti siap menikahi, kalau selesaikan berarti memang dari awal tidak siap menikahi

5Menabung Adalah Keniscayaan

mimbarhadits.wordpress.com

Yup, hal yang terakhir yang harus kamu tahu dan kamu lakukan adalah saatnya menabung dengan serius, maksudnya, kalau dulu di masa sekolah menabung untuk beli baju, untuk beli handphone, untuk jalan-jalan, sekarang sudah beda.

Sekarang kamu harus menabung untuk masa depan kamu, hidup kamu bersama pasangan, mungkin juga untuk membahagiakan kedua orang tua, membangun rumah untuk mereka, umroh, haji dan sebagainya.

Karena dengan menabung ini hidup kamu juga akan terencana dengan baik, kebutuhan akan lancar dan kamu akan menapaki menjadi manusia yang mandiri.

Itulah 5 hal yang harus kamu tahu dan kamu lakukan saat usia peralihan ini, masa ini masa yang penting bagi kamu, jadi kurangi malas dan terlalu banyak santai, mulailah berfikir serius demi masa depan dan kebahagiaan kamu.

Semoga bermanfaat